Cara Mengatasi Kotak Pencarian di Taskbar Tidak Bisa di Ketik

Bismillah,

Sahabat baiq, Jika kotak pencarian di taskbar tidak bisa diketik, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda coba:

1. Restart Komputer - Kadang-kadang, masalah sederhana seperti ini dapat diatasi dengan me-restart komputer.

2. Periksa Layanan Windows Search - Pastikan layanan Windows Search sedang berjalan dengan benar. Untuk memeriksanya, ketik "Services" di kotak pencarian Start, klik kanan pada "Windows Search" dan pilih "Properties". Pastikan bahwa status layanan tersebut diatur ke "Running" dan startup type diatur ke "Automatic".

3. Nonaktifkan Cortana - Jika Anda menggunakan Windows 10, cobalah untuk menonaktifkan Cortana. Untuk melakukannya, buka "Settings" > "Cortana" dan matikan "Hey Cortana" dan "Keyboard shortcut".

4. Hapus Cache - Cache yang rusak dapat menjadi penyebab masalah ini. Untuk menghapus cache, buka "Services" dan cari "Windows Search". Klik kanan dan pilih "Stop". Lalu, buka folder "C:\Windows\System32\config\TxR" dan hapus semua file di dalamnya. Kembali ke "Services" dan mulai ulang layanan "Windows Search".

5. Buat Akun Pengguna Baru - Jika semua upaya di atas tidak berhasil, coba buat akun pengguna baru dan lihat apakah masalahnya teratasi di akun baru tersebut. Jika masalahnya hilang, maka masalah tersebut mungkin terkait dengan profil pengguna Anda dan Anda mungkin perlu membuat profil baru atau mengatur ulang profil Anda.

Dan satu lagi nih...

Jika kotak pencarian di Windows 10 tidak bisa diketik, berikut adalah beberapa solusi yang dapat Anda coba:

1. Restart Windows Explorer: 

Coba untuk merestart windows explorer dengan cara tekan tombol CTRL+SHIFT+ESC pada keyboard. Setelah jendela Task Manager terbuka, cari Windows Explorer di tab Processes dan klik kanan pada Windows Explorer, kemudian pilih Restart.


2. Jalankan Perintah SFC:

SFC (System File Checker) adalah utilitas sistem Windows yang dapat memeriksa dan memperbaiki file sistem yang rusak atau hilang. Anda dapat menjalankan perintah SFC dengan cara membuka Command Prompt sebagai Administrator, kemudian ketikkan "sfc /scannow" dan tekan enter. Tunggu sampai proses selesai dan restart PC Anda.

3. Matikan layanan Cortana:

Cortana adalah asisten digital bawaan di Windows 10 dan dapat mempengaruhi kotak pencarian. Untuk mematikan layanan Cortana, buka Task Manager, cari "Cortana" di tab Processes, klik kanan dan pilih "End task". Setelah itu, tekan tombol Windows + R pada keyboard, ketik "regedit" dan tekan Enter. Navigasi ke "HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\Windows Search", buat nilai DWORD 32-bit baru dengan nama "AllowCortana" dan beri nilainya 0.

4. Reset Cortana:

Jika mematikan layanan Cortana tidak berhasil, coba untuk me-reset Cortana dengan cara membuka Powershell sebagai Administrator, lalu ketikkan perintah "Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}" dan tekan enter. Tunggu sampai proses selesai dan restart PC Anda.

5. Scan untuk virus atau malware:

Jika masalah masih terjadi, Anda dapat menjalankan scan untuk virus atau malware dengan program antivirus terbaru.

6. Reinstall Windows:

Jika semua metode di atas tidak berhasil, mungkin perlu mempertimbangkan untuk menginstal ulang sistem operasi Windows. Pastikan untuk membuat cadangan data Anda sebelum melakukan ini.

Jika masalah ini terus berlanjut, disarankan untuk menghubungi dukungan teknis Microsoft atau ahli komputer terkait.

Demikian ulasan tentang cara mengatasi kotak pencarian di windows 10 yang tidak bisa di ketik. Terimakasih audah berkunjung.

Cara Mengatasi Kotak Pencarian di Taskbar Tidak Bisa di Ketik Cara Mengatasi Kotak Pencarian di Taskbar Tidak Bisa di Ketik Reviewed by My Profile on 12:47 PM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.