Download Perangkat Pembelajaran IPA SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013

Bismillah

Sahabat baiq yang berbahagia. Selain mengajar, seorang guru dituntut harus pandai membuat program pembelajaran dalam bentuk administrasi mengajar atau perangkat mengajar. Administrasi mengajar merupakan salah satu acuan bagi seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran nantinya. Memang kadang bagi sebagian guru atau sebagian besar bahkan, membuat administrasi mengajar/perangkat pembelajaran merupakan salah satu beban tahunan yang kadangkala sangat berat untuk dikerjakan. Hal ini bisa jadi disebabkan karena memang tuntutan administrasi bagi seorang guru sangat luar biasa. Namun apa hendak dikata itulah pilihan profesi. Jadi, suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, hal tersebut tetap harus dikerjakan dengan sukacita, sukaria, bahagia, dan bergembira, sebagai salah satu wujud dari seorang guru profesional.


OK, tidak usah berlama-lama lagi, jika anda seorang guru IPA SMP/MTs kelas 7 yang sedang melakukan pencarian Perangkat Pembelajaran IPA SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2 kurikulum 2013, maka proses pencarian anda bisa dihentikan pada blog ini.
Berikut ini adalah cuplikan RPP IPA SMP/MTs Kelas 7 Semester 1, sebagai gambaran perangkat pembelajaran yang akan anda download.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMP ...........................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam 
Kleas/Semester : VII/1
Topik : Objek IPA dan Pengamatannya 
Sub Topik : Objek IPA dan Pengamatan
Pertemuan : Ke 1
Alokasi waktu : 3 x 40 menit (1 kali tatap muka)

A. KOMPETENSI INTI 
  • KI 1 :Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  • KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  • KI 3 : Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  • KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji  dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR
  • 1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimia, kehidupan dan ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengalaman ajaran agama yang dianut.
  • 2.1 Mewujudkan prilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi.
  • 2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 
  • 2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam memilih penggunaan alat dan bahan untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan
  • 2.4 Mewujudkan penghargaan ke[ada oranglain dalam aktivitas sehari-harisebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percoaan.
  • 3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, mahluk hidup, dan lingkungan fisik sekiar sabagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan standar (baku) dalam pengukuran.
  • 4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, mahluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.
C. INDIKATOR
  • Menunjukkan ketekunan, tanggungjawab, saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
  • Memiliki rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok, dan melakukan praktikum pengukuran besaran pokok
  • Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA
  • Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA
  • Menyajikan hasil pengamatan, inferensi dan mengkomunikasikan hasil
  • Terampil dalam melakukan suatu kegiatan dalam proses belajar mengajar
  • Menjelaskan 3 komponen keterampilan proses meliputi : pengamatan, inferensi dan komunikasi
Dan untuk mendapatkan Perangkat Pembelajaran IPA SMP/MTs Kelas 7 kurikulum 2013 secara lebih lengkapnya, silahkan bisa di download melalui link di bawah ini:
  1. Download Silabus Semester 1 [ DISINI ]
  2. Download Silabus Semester 2 [ DISINI ]
  3. Download RPP Semester 1 [ DISINI ]
  4. Download RPP Semester 2 [ DISINI ]
  5. Download Aanalisis Keterkaitan SKL, KI & KD [ DISINI ]
  6. Download KI dan KD [ DISINI ]
  7. Download Program Tahunan [ DISINI ]
  8. Download Program semester  [ DISINI ]
Demikian postingan kali ini, yaitu tentang Perangkat Pembelajaran IPA SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013. Terimakasih sudah berkunjung, dan semoga bermanfaat.

_____________________________________________________________
Baca juga :
_____________________________________________________________



Download Perangkat Pembelajaran IPA SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Download Perangkat Pembelajaran IPA SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Reviewed by My Profile on 7:24 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.