Download Bahan Ajar Mata Diklat PPL SMK Kelas XI Kurikulum 2013

Bismillah....

Sahabat baiq yang berbahagia. Kali ini saya kembali akan berbagi tentang Bahan Ajar khususnya untuk jenjang SMK kelas XI Jurusal RPL. Bahan ajar yang saya posting kali ini adalah Bahan Ajar Mata Diklat Pemodelan Perangkat Lunak (PPL) SMK Kelas XI Kurikulum 2013. Semoga bahan ajar ini, bisa membantu memudahkan dalam memahami materi PPL dalam proses pembelajaran terkait materi tentang konsep pemodelan dan juga tentang UML.
Pemodelan System

Baiklah, berikut ini merupakan ulasan dari isi modul yang bisa anda download melalui link yang telah di sediakan di bawah. Selamat Belajar!

A. Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan
  • Peserta dapat memahami pemodelan perangkat lunak yang berorientasi objek
B. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan
  1. Menjelaskan konsep pemodelan berorientasi objek
  2. Menyebutkan kebutuhan sistem berorientasi objek
  3. Menjelaskan alur kerja sistem berorientasi objek
  4. Membuat model sistem berorientasi objek menggunakan perangkat lunak UML
C. Pokok-pokok materi
  1. Konsep pemodelan berorientasi objek
  2. Kebutuhan Sistem berorientasi objek
  3. Alur Kerja sistem berorientasi objek
  4. Pembuatan model menggunakan software UML starUML
Ulasan Materi Mata Diklat PPL:
Definisi model sendiri mempunyai Pengertian yang beragam sesuai dengan dunianya mulai dari pengertian sehari-hari (everyday sense) sampai technical sense. Contoh dari everyday sense, adalah artis merupakan (foto) model yang mendapat peran untuk memamerkan model-model pakaian karya disainer terkenal. Model matematik hanya salah satu jenis dari model dalam lingkup technical sense. Dalam banyak aplikasi engineering, model didefinisikan sebagai representasi dari sistem yang disederhanakan. Representasi ini pun juga bermacam-macam mulai dari yang bersifat physical, pictorial, verbal, schematic dan symbolic dimana:
  1. Physical yaitu dengan membuat scaleddown version dari sistem yang dipelajari (model pesawat, model kereta api),
  2. Pictorial, yaitu representasi dengan gambar untuk menggambarkan kontur permukaan bumi seperti peta topografi dan bola dunia.
  3. Verbal, yaitu representasi suatu sistem ke dalam kalimat verbal yang mengambarkan ukuran, bentuk dan karakteristik.
  4. Schematic, yaitu representasi dalam bentuk skema figurative misalnya model rangkaian listrik, model Atom Bohr dan lain-lain
  5. Symbolic, yaitu representasi ke dalam simbol-simbol matematik dimana variable hasil karakterisasi proses atau sistem ke dalam variable formulasi menggunakan simbol-simbol matematik.
Jadi Pemodelan merupakan suatu proses dalam representasi abstrak suatu model. Proses pemodelan menampilkan deskripsi suatu proses dari beberapa perspektif tertentu. Proses pemodelan perangkat lunak merupakan aktifitas yang saling terkait (koheren) untuk menspesifikasikan, merancang, implementasi dan pengujian sistem perangkat lunak. (www.ilmukomputer.com, Pemodelan Data, 2005).
Untuk mendapatkan file selengkapnya, silahkan bisa diunduh melalui tampilan Preview berikut ini:


Atau untuk mengunduh filenya boleh juga klik DISINI.

Demikian ulasan Bahan Ajar mata diklat PPL kelas XI Kurikulum 2013 yang membahas materi tentang Konsep-konsep Pemodelan System. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Download Bahan Ajar Mata Diklat PPL SMK Kelas XI Kurikulum 2013 Download Bahan Ajar Mata Diklat PPL SMK Kelas XI Kurikulum 2013 Reviewed by My Profile on 6:38 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.