Download Perangkat Mengajar Informatika SMP/MTs dan SMA/MA/SMK Kurikulum 2013

Bismillah...

Sahabat baiq yang berbahagia. Mau posting apa ya? Pertanyaan tersebut seringkali muncul belakangan ini. Seperti kehabisan bahan postingan.😊 Namun kemudian, saya teringat beberapa waktu lalu di group WA ada kiriman tentang perangkat mengajar mata pelajaran Informatika dari teman-teman group yang baik hati. Akhirnya, untuk menebarkan manfaat yang seluas luasnya dari kiriman perangkat mengajar Informatika ini, saya putuskan bahwa kali ini saya akan berbagi tentang perangkat mengajar Informatika sebagai pengganti mata pelajaran TIK pada kurikulum 2013 yang pada tahun 2019 ini mulai diterapkan di beberapa sekolah model. Semoga para pembuat perangkat ini mendapatkan balasan pahala dan mengikhlaskan saya untuk bantu menyebar luaskan perangkat mengajar mata pelajaran Informatika jenjang SMP dan SMA ini. 👌

Baca juga:

Baiklah, tidak perlu berpanjang kalam lagi, mari kita langsung saja intip ulasan isi dari contoh RPP Mapel TIK SMA yang nanti bisa anda download disini.

A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 dan KI 2
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 
KI 3 
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1. Mengenal lebih dalam integrasi antar aplikasi office (pengolah kata, angka, presentasi).

  • 1) menjelaskan cara melakukan object linking and embeding
  • 2) menyusun daftar isi menggunakan table of content
  • 3) menyusun daftar referensi menggunakan table of reference

4.1.1. Membuat laporan yang membutuhkan integrasi objek berupa teks, data dalam bentuk angka maupun visualisasi chart/grafik, gambar/foto.

  • 1) menyusun laporan / proposal dengan integrasi berbagai objek didalamnya
  • 2) membuat undangan menggunakan mailmerge
  • 3) mempraktikkan icon dan menu object linking dan embeding serta track changes 

4.1.2. Memakai fitur lanjut aplikasi office

  • 1) mempraktikkan Filter dan Data Validation
  • 2) mempraktikkan macro dan script untuk tugas yang berulang

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan Computational Thinking dan STEMA Informatika serta menggunakan model Fliped Classroom, Blended Learning dan Project Based Learning (PjBL) peserta didik dapat:
Menjelaskan cara melakukan object linking and embeding, menyusun daftar isi menggunakan table of content dan menyusun daftar referensi menggunakan table of reference, serta membuat laporan karya tulis ilmiah dengan integrasi berbagai objek didalamnya, membuat undangan menggunakan mailmerge dan mempraktikkan Filter dan Data Validation serta mempraktikkan macro dan script untuk tugas yang berulang, sehingga peserta didik dapat membangun kesadaran akan kebesaran Tuhan YME, menumbuhkan prilaku disiplin, jujur, aktif, kreatif responsip, santun, bertanggungjawab, dan kerjasama.

D. Materi Pembelajaran
Standar Level :
  • Object linking and embeding
  • Table of Content,
  • Table of Reference
  • Mailmerge
  • Track Changes
Low Level :
  • Tipografi, indentasi,tabulas, grafik, gambar, tabel, bullet and numbering, page numbering, page break, footnote, shapes, text box serta wordart.
  • Mail Merge dan Track Changes
  • Filter dan Data Validation, 
High Level :
  • Macro dan Script
Dan untuk selengkapnya, silahkan anda bisa mengunduh perangkat pembelajaran Informatika K13 untuk jenjang SMP dan SMA melalui link yang sudah di sediakan di bawah ini:

Jenjang SMP
  • Download KI dan KD [DISINI]
  • Download Silabus [DISINI]
  • Perangkat Pembelajaranan Informatika Selengkapnya 👉 DISINI
Jenjang SMA
Demikian postingan saya kali ini, yaitu tentang Perangkat Pembelajaran Informatika SMP dan SMA Kurikulum 2013. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Download Perangkat Mengajar Informatika SMP/MTs dan SMA/MA/SMK Kurikulum 2013 Download Perangkat Mengajar Informatika SMP/MTs dan SMA/MA/SMK Kurikulum 2013 Reviewed by My Profile on 7:42 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.