Cara Mengatasi Status Offline Pada Dashboard Aplikasi UNBK/CBT

Bismillah

Sahabat baiq yang berbahagia. Sudah beberapa tahun kebelakang, Indonesia melaksanakan hajat besar yaitu Ujian Nasional dengan menggunakan komputer atau lebih dikenal dengan istilah UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) atau UNCBT (Ujian Nasional Computer Based Test). Pada setiap pelaksanaannya, sekolah harus benar-benar mempersiapkan diri baik dari segi sarana, maupun dari segi sumber daya manusianya. Kenapa demikian? Karena UNBK ini merupakan sebuh hajat nasional yang selain berhubungan dengan para peserta didik, juga tentunya mempertaruhkan keberhasilan sebuah lembaga negara yaitu Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam memajukan kualitas pendidikan di Indonesia.
Melihat hal tersebut, maka sarana penunjang UNBK harus dapat dipastikan benar-benar tersedia dengan layak di setiap sekolah penyelenggara UNBK, serta para sumber daya manusianya (Proktor dan Teknisi) yang berkompeten juga tersedia di setiap satuan pendidikan penyelenggara UNBK.
Baiklah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi materi yang berhubungan dengan kendala teknis dalam pelaksanaan UNBK terutama saat para proktor mempersiapkan server UNBK. Materi  yang akan saya ulas kali ini adalah tentang cara mengatasi status offline pada dashboard aplikasi UNBK/CBT

Ada beberapa hal yang harus di pahami, ketika seorang proktor mendapati server UNBK/CBT  berstatus OFFLINE. Jangan langsung panik, apalagi buru-buru menghubungi HELPDESK, yang notabene sangat sibuk sekali. Apa saja yang menyebabkan status server UNBK/CBT OFFLINE
1. Server pusat sedang di tutup 
Jika ini yang terjadi, biasanya bukan hanya server UNBK sekolah kita yang berstatus OFFLINE, namun juga sekolah-sekolah lain. Jika tidak percaya silahkan hubungi beberapa rekan proktor sekolah tetangga. Jika IYA, maka server aman, tidak terjadi apa-apa. 
Penanganannya:
Cukup menunggu sampai waktu pembukaan server pusat.
2. Waktu GMT yang tidak sesuai dengan waktu local
Coba cek settingan waktu (tanggal dan jam) yang ada dikomputer server kita, sudah sesuai belum dengan waktu local (tanggal dan jam). Jika belum, maka:
Penanganannya:
Cek kembali waktu GMT setempat, pastikan sudah +7 +8 +9. (bisa di atur bagian region and language yang ada di control panel pada komputer server)
3. VM tidak mendapatkan IP 192.168.0.200
Salah satu penyebabnya adalah settingan koneksi internet yang keserver bermasalah. Komputer Host  bisa mengakses internet, sementara pada VM tidak terkoneksi internet. 
Penanganannya:
Jika server mendapatkan akses internet dari router, tidak dari switch atau modem langsung, maka pastikan settingan IP addressnya tidak satu segmen dengan VM. Jika VM 192.168.0.200 maka IP router dirubah menjadi misalkan 192.168.50.1
4. Penulisan ID Server salah 
Proktor harus benar-benar teliti. Pastikan ID server yang di dapat dari web, sama persis dengan yang diinputkan ke server UNBK.
Penanganannya:
Input ulang ID Server yang benar, yang sesuai dengan ID server yang ada di web UNBK, serta pastikan tidak ada SPASI di awal dan akhir ID server.

Demikian ulasan tentang cara menangani status offline pada dashbord aplikasi unbk/cbt. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.
Cara Mengatasi Status Offline Pada Dashboard Aplikasi UNBK/CBT Cara Mengatasi Status Offline Pada Dashboard Aplikasi UNBK/CBT Reviewed by My Profile on 7:08 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.