Cara Mengatasi Error cannot create the machine with UUID Pada Aplikasi UNBK/CBT

Bismillah

Sahabat baiq yang berbahagia. Dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), tentunya tidak terlepas dari berbagai kendala teknis yang dihadapi oleh para proktor. Untuk itu sebenarnya pihak puspendik yang dalam hal ini sebagai penyelesanggara UNBK, sudah menyediakan Manual Booknya, baik tentang panduan setting server, client, dan juga panduan penanganan troubleshooting, pokoknya sudah sangat lengkap. Semua hal yang berhubungan dengan UNBK, mulai dari kendala-kendala teknis yang ada pada server maupun yang terjadi pada komputer client. Terlebih pada komputer server di dalam manual book dijelaskan dengan sangat rinci mulai dari awal pensetingan server sampai kepada troubleshooting yang muncul dan cara menanganinya, semuanya sudah di sediakan. Hanya saja memang kendalanya adalah kembali kepada budaya membaca yang masih rendah. Maka kadang para proktor selalu menggunakan cara instan entah itu bertanya ke proktor lain, atau langsung bertanya kepada helpdesk, meskipun kadang helpdesk selalu kembali menyarankan untuk membaca manual booknya.
Baiklah, kali ini saya akan membahas salah satu kendala teknis yang sering muncul pada saat mensetting komputer server ketika kita akan membuat sebuah Virutual Mesin (VM) baru. Kendala tersebut adalah munculnya pesan error dengan bertuliskan “cannot create the machine with UUID. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
Bagi para proktor pemula, kemunculan pesan error seperti ini kadang kala dianggap sebagai malapetaka, apa lagi pada saat pelatihan proktor datang terlambat, dan atau tidak disampaikan oleh pematerinya. Maka tanpa berpikir panjang, pasti langsung menghubungi proktor senior atau langsung menghubungi  helpdesk. Padahal solusinya sudah dijelaskan di dalam manual book. Disitulah pentingnya membaca....baca....dan baca.... 😊
Ok, kali ini saya akan menjelaskan cara menangani masalah error “cannot create the machine with UUID” tersebut, khususon untuk para proktor yang jarang baca manual book (seperti saya).
_________
Cara 1
Berdasarkan penjelasan yang terdapat pada manual book, maka solusinya adalah Klik OK, lalu proktor merubah menghapus Virtual yang sebelumnya dan membuat Virtual baru. Dalam hal ini berarti di dalam Virtual Box kita sudah ada Virtual Mesinnya, maka jika mau praktis tinggal hapus saja, lalu buat baru.
_________
Cara 2
Jika Virtual Mesin (VM) yang sudah ada di dalam Virtual Box tidak ingin dihapus karena terkait dengan VM sekolah lain, maka solusianya adalah bisa dengan cara merubahnya melalui CMD. Langkah-langkah sederhananya seperti berikut ini:
1. Klik OK pada tampilan error seperti gambar diatas, kemudian Klik Cancel, JANGAN CREATE.
2. Masuk Ke Command Promt (CMD), Jalankan sebagai Run Administrator.
3. Setelah Tampil CMD muncul, maka :
  • Ketikkan pada CMD ⇒ cd C:\Program Files\Oracle\VirtualBox   (Tekan Enter)
  • Kemudian ketik ⇒ VBOXMANAGE.exe internalcommands sethduuid  (disini kasi spasi)
  • Kemudian cari lokasi penyimpanan vhd yang akan di gunakan, lalu di drag ke cmd simpan setelah tulisan sethuuid.
  • Setelah itu tekan enter, jika muncul tulisan UUID changed to : (tandanya anda sudah berhasil)
    - Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:

4. Jika sudah selesai, maka anda tinggal mencoba kembali membuat VM baru dengan menggunakan vhd yang tadi akan digunakan.
Demikian cara-cara untuk mengatasi error “cannot create the machine with UUID”. Semoga postingan kali ini , sedikit banyak membantu menangani kendala teknis yang dihadapi dalam pelaksanaan UNBK. Terimakasih sudah berkunjung, dan semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Error cannot create the machine with UUID Pada Aplikasi UNBK/CBT Cara Mengatasi Error cannot create the machine with UUID Pada Aplikasi UNBK/CBT Reviewed by My Profile on 7:53 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.