Bismillah...
Sahabat baiq semua, apa kabarnya? Semoga semakin semangat meraih ilmu.
Kali ini saya akan berbagi tentang fungsi yang ada pada Aplikasi pengolah angka (Ms. Excel), yaitu Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP. Meskipun materi ini bukan materi baru, namun bagi sahabat baiq yang baru mengenal aplikasi office tentu ini bisa sedikit membantu memahami tentang fungsi dari VLOOKUP dan HLOOKUP yang ada pada Microsoft Office Excel.
Sebelum lebih jauh kita mempelajari tentang fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP pada Microsoft Office Excel, ada baiknya kita cari tahu dulu apa itu Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP?
Fungsi VLOOKUP adalah salah satu fungsi dalam Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mencari data dari sebuah tabel yang berbentuk Vertikal (kepala tabel berada diatas) berdasarkan sel kunci tententu.
Rumus umum fungsi VLOOKUP:
=VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;range_lookup)
Atau jika kita sederhanakan maka menjadi:
=VLOOKUP(X,TABEL,C)
Keterangan:
Lookup_value (X) = sel kunci
Table_array (TABLE) = tabel referensi yang akan disorot
Col_index_num (C) = urutan kolom yang sedang di cari berdasarkan tabel referensi
Sedangkan fungsi HLOOKUP adalah salah satu fungsi dalam Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mecari dat dari sebuah tabel yang berbentuk Horizontal (kepala tabel berada di samping sebelah kiri) berdasarkan sel kunci tertentu.
Rumus umum fungsi HLOOKUP:
=HLOOKUP(lookup_value;table_array;row_index_num;range_lookup)
Atau jika kita sederhanakan maka menjadi:
=HLOOKUP(X,TABEL,R)
Keterangan:
Lookup_value (X) = sel kunci
Table_array (TABLE) = tabel referensi yang akan disorot
Col_index_num (R) = urutan kolom yang sedang di cari berdasarkan tabel referensi
Contoh Penggunaan Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP
Buatlah tabel pada Microsoft Excel, seperti tampilan gambar di bawah ini:
Berdasarkan tabel di atas, kita akan mengisi Kolom Nama Pesawat, Tujuan dan Harga Tiket. Sebelum kita isi, mari kita perhatikan terlebih dahulu tabel utama (bagian atas) dan 2 tabel referensi (tabel kecil di bawahnya).
Berdasarkan tabel-tabel tersebut, maka untuk mengisi Kolom Nama Pesawat dan Kolom Tujuan, maka kita gunakan FUNGSI VLOOKUP, hal ini dikarenakan Nama Pesawat dan Tujuan berada pada tabel referensi berbentuk VERTIKAL (datanya diketik ke bawah). Sedangkan untuk mengisi kolom Harga Tiket, kita gunakan FUNGSI HLOOKUP, hal ini dikarenakan Harga Tiket berada pada tabel referensi berbentuk HORIZONTAL (datanya diketik kesamping)
Agar lebih jelas lagi, saya akan uraikan cara pengisian masing-masing kolom baik Nama Pesawat, Tujuan dan Harga Tiket berikut ini:
Cara Mengisi Kolom NAMA PESAWAT
Perhatikan gambar di atas!
Simpan Cell Pointer pada cell E4 (Kolom Nama Pesawat). Kemudian ketik rumusnya seperti di bawah ini:
=VLOOKUP(D4;$B$15:$D$18;2)
Kemudian tekan ENTER
Jika hasilnya sudah muncul, untuk cell yang berada di bawahnya tinggal di copy saja.
Penjelasan :
• D4 = sorot pada kolom Kode Pesawat yaitu cell D4 (PO1)
• $B$15:$D$18 = hasil sorot tabel referensi yang dimulai dari cell B15 (Kode Pesawat P01) sampai cell D18 (Tujuan Medan), hasil sorotnya B15:D18, kemudian tekan tombol F4 untuk memunculkan tanda dolar ($) (hal ini dilakukan agar data bisa dicopy)
• 2 = posisi kolom NAMA PESAWAT pada tabel referensi dihitung dari sebelah kiri
Cara Mengisi Kolom TUJUAN
Perhatikan gambar di atas!
Simpan Cell Pointer pada cell F4 (Kolom Tujuan). Kemudian ketik rumusnya seperti di bawah ini:
=VLOOKUP(D4;$B$15:$D$18;3)
Kemudian tekan ENTER
Jika hasilnya sudah muncul, untuk cell yang berada di bawahnya tinggal di copy saja.
Penjelasan :
• D4 = sorot pada kolom Kode Pesawat yaitu cell D4 (PO1)
• $B$15:$D$18 = hasil sorot tabel referensi yang dimulai dari cell B115 (Kode Pesawat P01) sampai cell D18 (Tujuan Medan), hasil sorotnya B15:D18, kemudian tekan tombol F4 untuk memunculkan tanda dolar ($) (hal ini dilakukan agar data bisa dicopy)
• 3 = posisi kolom TUJUAN pada tabel referensi dihitung dari sebelah kiri
Cara Mengisi Kolom HARGA TIKET
Perhatikan gambar di atas!
Simpan Cell Pointer pada cell G4 (Kolom Harga Tiket). Kemudian ketik rumusnya seperti di bawah ini:
=HLOOKUP(D4;$G$15:$J$16;2)
Kemudian tekan ENTER
Jika hasilnya sudah muncul, untuk cell yang berada di bawahnya tinggal di copy saja.
Penjelasan :
• D4 = sorot pada kolom Kode Pesawat yaitu cell D4 (PO1)
• $G$15:$J$16 = hasil sorot tabel referensi yang dimulai dari cell G15 (Kode Pesawat P01) sampai cell J16 (Harga Tiket 300000), hasil sorotnya G15:J16, kemudian tekan tombol F4 untuk memunculkan tanda dolar ($) (hal ini dilakukan agar data bisa dicopy)
• 2 = posisi baris HARGA TIKET pada tabel referensi dihitung dari atas
Baca juga : Fungsi Text Pada Ms. Excel
Baca juga : Cara Menampilkan Video pada Ms. Powerpoint
Demikian ulasan tentang cara menggunakan Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP pada Microsoft Office Excel. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.
Cara Menggunakan Fungsi Vlookup dan Hlookup pada Ms. Excel
Reviewed by My Profile
on
11:33 PM
Rating:
No comments:
Note: Only a member of this blog may post a comment.