Rangkuman Materi Informatika Kelas VII SMP/MTs Pertemuan 1 Hardware Komputer

Bismillah

Bagaimana kabar sahabat baiq semua? semoga sehat selalu. Sudah lama kita tak jumpa, karena saya lagi mager buat postingan. hehehe...maaf yaa.

Baiklah, langsung saja ke maksud postingan kali ini. Pada postingan kali ini, saya akan coba berbagi tentang materi informatika Kelas VII SMP/MTs. Materi ini juga bisa di download dan dijadikan sebagai bahan ajar bagi peserta didik di sekolah maupun di rumah. 

Baca juga:

KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengenal pemfungsian perangkat keras dan sistem operasi, serta aplikasi

MATERI POKOK
Perangkat keras komputer, bagian dan fungsi-fungsinya Sistem operasi dan fungsi-fungsinya


Berikut ini adalah Perangkat Keras Komputer yang berfungsi sebagai Perangkat Masukan dan Pemrosesan pada Komputer, yaitu:

1. KEYBOARD

Keyboard adalah sebuah perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk input data yang berupa huruf, angka dan simbol. Atau definisi lainnya keyboard yaitu suatu perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol yang dimana tombol tersebut fungsinya berbeda tergantung pada penekanannya yang bisa menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya.

Jenis-jenis Keyboard:
  1. Keyboard QWERTY
  2. Keyboard Dvorak
  3. Keyboard Alphabetic
  4. Keyboard Klockenberg
  5. Keyboard Numeric
Tombol-tombol pada keyboard:
1. Main Typing Keypad
Keyboard adalah sebuah papan ketik yang berisi huruf A sampai Z, tanda baca dan angka 1-0 yang dipakai untuk memberikan perintah teks ke dalam sistem komputer seperti ketika menulis pada Microsoft Office atau pada program lain. Main typing disebut juga dengan tombol utama.
2. Directional Keys
Empat tombol ini ditandai dengan karakter anak panah yang mengarah pada keempat sisi. Tombol ini berfungsi untuk menggeser kursor dan layar ke arah yang diinginkan.
3. Numeric/ Directional Keypad
Merupakan tombol yang berisi angka dan tombol pemindah kursor yang biasanya terletak pada sisi kanan main typing board. Tombol ini hanya akan berfungsi jika tombol fungsi Numeric key dinyalakan. Tombol ini akan memudahkan seseorang dalam mengetik dan memasukkan angka ke dalam sistem.
4. Function Keys
Tombol-tombol ini berada diatas tombol main typing keypad dan dapat dikenali dari tanda F1 hingga F12. Tombol-tombol ini berfungsi untuk mengatur beberapa perintah seperti menyimpan dokumen, memunculkan menu help saat mengetik di Microsoft word dan lain sebagainya.
5. Special Keys
Tombol ini ada dibagian atas tombol directional keys dan terdiri dari tombol Home, Delete, Page up, Page Down, Insert, Print screen, pause break dan End.
6. Modifier Keys
Yang termasuk dalam golongan keypad ini adalah tombol Ctrl, Alt dan Shift. Sesuai dengan namanya, ketiga tombol ini akan merubah atau memodifikasi fungsi suatu tombol lain dalam keypad dan bisa ditekan bersamaan tombol lain tersebut untuk memunculkan suatu perintah.
7. Status light (Lock Keys)
Adalah indikator cahaya yang menandakan bahwa suatu tombol sedang digunakan untuk mengatur suatu fungsi misalnya tombol Caps lock yang memungkinkan data diketik dengan huruf kapital dan numeric lock yang digunakan untuk mengaktifkan tombol numeric key.
8. Windows keys
Biasanya pada keyboard pada komputer windows memiliki tombol yang bergambar logo Microsoft windows itu sendiri. Tombol ini berfungsi untuk memunculkan menu pada jendela windows pada komputer.

2. MOUSE

Mouse adalah salah satu hardware komputer yang menerima input-an berupa gerakan, tekanan tombol (click), dan penggulungan (scroll) yang dapat digunakan untuk memilih teks, ikon, file, dan folder. Mouse dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai “tetikus”. Dikatakan demikian karena memang bentuk device ini menyerupai tikus yang kecil meruncing di depan dan menggembung besar di bagian belakang

Jenis-jenis Mouse
  1. Menurut Cara Koneksi ke Komputer
  2. Bus Mouse
  3. Serial Mouse
  4. PS/2 Mouse
  5. USB Mouse
  6. Wireless Mouse
Menurut Metode Pendeteksian Mouse
1. Mechanical mouse
Mouse jenis ini mempunyai bola di bagian bawahnya
2. Optomechanical mouse
Optomechanical mouse secara prinsip sama dengan mechanical mouse. Hanya saja pada mouse tipe ini, selain terdapat bola, di dalamnya juga terdapat sinar yang merepresentasikan posisi koordinat pointer.
3. Optical mouse
Mouse jenis ini tidak menggunakan sistem mekanik sama sekali. Sebagai gantinya, tipe ini menggunakan sinar laser untuk mendeteksi pergerakan mouse

Fungsi Mouse
  1. Untuk mengeksekusi suatu program
  2. Untuk memilih objek
  3. Melakukan drag (Klik tahan geser)
  4. Mendapatkan informasi melalui hover mouse
  5. Melakukan operasi scroll
untuk selengkapnya silahkan bisa di baca dan atau di download melalui tautan berikut ini: 


Untuk mendapat file selengkapnya silahkan unduh melalui link di bawah ini:
  1. Unduh file pdf DISINI
  2. Unduh file power point (pptx) DISINI
Demikian ulasan tentang rangkuman materi Informatikan SMP/MTs Kelas VII ini semoga bisa menjadi salah satu alternatif bahan ajar dalam proses pembelajaran. Terimakasih dan semoga bermanfaat.
Berikut link video pembelajarannya silahkan disimak: 

Baca Juga:

Rangkuman Materi Informatika Kelas VII SMP/MTs Pertemuan 1 Hardware Komputer Rangkuman Materi Informatika Kelas VII SMP/MTs Pertemuan 1 Hardware Komputer Reviewed by My Profile on 9:34 PM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.