Rangkuman Materi Informatika SMP/MTs Kelas 7 BAB 3 Pemrograman Visual (Part 1)

Bismillah...

Sahabat baiq yang berbahagia, meski sekarang masih dalam kondisi pandemi covid-19, semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan semangat selalu. Pada postingan kali ini, kembali saya akan berbagi materi Informatika untuk jenjang SMP/MTs Kelas 7 tepatnya materi BAB 3 yaitu tentang Pemrograman Visual

Adapun yang akan di bahas di dalamnya antara lain :

  1. Definisi-definisi;
  2. Konsep Dasar Pemrograman;
  3. Fungsi Bahasa Pemrograman;
  4. Tingkat Bahasa Pemrograman; dan
  5. Contoh-contoh Bahasa Pemrograman

A. Definisi-definisi

Berikut ini beberapa definisi yang terkait dengan pemrograman visual, antara lain:
  1. Program adalah serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer.
  2. Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer.
  3. Bahasa Pemrograman (programming language) adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu.
  4. Pemrograman Visual adalah suatu metode pembuatan program dengan cara membuat gambar atau objek-objek yang dibutuhkan dengan cara menunjuk, mengklik, lalu mengkoneksikan antara objek yang satu dengan yang lainnya.

B. Konsep Dasar Pemrograman

Untuk memahami tentang konsep dasar pemrograman, silahkan lihat gambar berikut ini:

Adapun penjelasan berdasarkan gambar di atas yaitu:
  1. Originating yaitu pengumpulan data yang biasanya berupa pencatatan data sebelum proses input.
  2. Distribution adalah proses menyebarkan informasi kepada pihak-pihak tertentu.
  3. Storage adalah tahapan yang merekam hasil pengolahan data, dan nantinya digunakan untuk proses input selanjutnya.

C. Fungsi Bahasa Pemrograman

Berikut ini adalah fungsi dari bahasa pemrograman, yaitu:
  1. Media komunikasi antara pengembang dengan komputer atau mesin  Bahasa pemrograman memiliki tugas untuk menghubungkan pengguna dengan mesin komputer karena dia bisa menerjemahkan perintah yang dimengerti oleh komputer.
  2. Media dalam mengembangkan suatu sistem  Melalui bahasa pemrograman maka kita dapat membuat dan mengembangkan berbagai sistem, program atau aplikasi komputer sesuai dengan keperluan dan kebutuhan. 

D. Tingkat Bahasa Pemrograman

Adapun tingkatan dari bahasa pemrograman ada bebera level, yaitu:
  1. Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (Low-Level) ⇨ berisi instruksi-instruksi yang ditujukan kepada komputer dengan menggunakan kode-kode biner.
  2. Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah (Medium-Level) ⇨ Instruksi yang diberikan berupa kode mnemonic, seperti ADD, SUB, DIV, STOLOD, JMP dan lainnya. 
  3. Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (High-Level) ⇨ Berisi instruksi-instruksi dengan menggunakan bahasa alamiah yang dimengerti oleh manusia seperti bahasa Inggris atau Matematika.

E. Contoh Bahasa Pemrograman

1. Bahasa Pemrograman JavaScript
Dilansir dari wikipedia JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman populer di internet. JavaScript dapat bekerja disebagian besar browser populer yaitu : Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera dan lainnya. Kode-kode JavaScript dapat disisipkan di dalam halaman web menggunakan tag script. Umur bahasa pemrograman ini sebetulnya sudah 20 tahunan. Dan dalam kurun waktu tersebut kini JavaScript menjadi bahasa pemrograman yang paling populer di dunia. Hampir semua website ataupun blog yang modern sekarang ini sudah menggunakan JavaScript. Karena dengan menggunakan Javascript website bisa menjadi interaktif dan dinamis. 
Pengembang JavaScript  : Brendan Eich
Contoh Script JavaScript  :
<script>
document.getElementById("demo").innerHTML = "Hello JavaScript!";
</script>

2.  Bahasa Pemrograman Java
Bahasa pemrograman Java yaitu salah satu contoh bahasa pemrograman yang bisa dijalankan diberbagai komputer (PC/laptop) termasuk Handphone/ Smartphone. Sebelum Javascript menduduki peringkat pertama sebagai bahasa pemrograman paling populer Java sudah lebih dulu berada pada posisi tersebut. Mengapa demikian? karena kebanyakan aplikasi android yang kita gunakan setiap hari dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Java. Java sendiri mengadopsi banyak kode-kode (sintak) dari bahasa C dan C++. Slogan java yang terkenal yaitu “Tulis sekali, jalankan dimanapun”. Slogan itu sesuai dengan fungsi dari java yang memungkinkan aplikasi bisa berjalan di beberapa Sistem Operasi (Operating System ) yang berbeda. 
Pengembang Java  : James Gosling 
Contoh Script Java :
// Outputs "Hello, world!" and then exits
public class HelloWorld {
   public static void main(String args[]) {
       System.out.println("Hello, world!");
   }
}

3. Bahasa Pemrograman Python
Phyton merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling mudah dipelajari saat ini dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Python sendiri ternyata sudah banyak digunakan oleh para developer untuk membuat berbagai macam program aplikasi, diantaranya : Website, Internet of Things (IoT), Aplikasi Hacking, Aplikasi Command Line Interpreter, Apbile Mobile, Aplikasi Desktop,  dan lain sebagainya. Struktur sintak Python sangat rapi dan cepat dipahami. Makanya bahasa pemrograman ini sangat cocok dipelajari untuk pemula yang baru ingin belajar menulis kode-kode program (coding). 
Pengembang Python  : Guido van Rossum 
Contoh Script Python :
print "Hello World!"
print "Hello Again"
print "I like typing this."
print "This is fun."
print 'Yay! Printing.'
print "I'd much rather you 'not'."
print 'I "said" do not touch this.

4. Bahasa Pemrograman C#
Menurut wikipedia C# yaitu bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka NET Framework. C# dibaca sebagai C Sharp. Tanda pagar (#) yang dipakai bukanlah merupakan tanda kres. Bahasa C# telah dipengaruhi oleh banyak aspek atau fitur yang terdapat pada bahasa pemrograman lain seperti : Delphi, Visual Basic, Java dan banyak lagi lainnya tentunya dengan berbagai penyederhanaan.
Pengembang Python  : Microsoft 
Contoh Script Python :
namespace test
{
  class Clscontoh
    {
      string  pesan =" halo apa kabar";       // data
      static void Main(string[] args)         // method
       {
       Console.WriteLine(pesan);
       }
   }     //penutup class
}        // penutup namespace scope

5. Bahasa Pemrograman PHP
Contoh bahasa pemrograman berikutnya yaitu PHP.
PHP atau Hypertext Preprocessor merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dari sisi server. Bahasa pemrograman ini disisipkan ke dalam HTML. PHP sendiri banyak dipakai untuk membuat / mengembangkan situs web yang dinamis. CMS (content management system) pun bisa dibuat menggunakan bahasa pemrograman Php. WordPress, blogger, open cart dan yang lainnya terdapat kode-kode program PHP di dalamnya. Di Indonesia sendiri komunitas/ grup PHP Indonesia di facebook adalah grup yang paling aktif menurut saya dibandingkan grup pemrograman yang lainnya.
Pengembang Php : Rasmuss Lerdorf
Contoh Script Php :
<?php
    echo "Halo dunia";
?>

Untuk selengkapnya silahkan bisa melihat dan atau mendownload tautan berikut ini:

Lihat juga:


Demikian ulasan materi pelajaran Informatika SMP/MTs Kelas 7 tentang Pemrograman Visual Part 1, terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat. 

Baca Juga:


Rangkuman Materi Informatika SMP/MTs Kelas 7 BAB 3 Pemrograman Visual (Part 1) Rangkuman Materi Informatika SMP/MTs Kelas 7 BAB 3 Pemrograman Visual (Part 1) Reviewed by My Profile on 6:03 PM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.