Rangkuman Materi Informatika SMP/MTs Kelas 7 BAB 3 Pemrograman Visual (Part-2)

 Bismillah...

Sahabat baiq yang berbahagia, meski sekarang masih dalam kondisi pandemi covid-19, semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan semangat selalu. Postingan kali ini merupakan materi Informatika lanjutan dari postingan sebelumnya yaitu tentang Pemrograman Visual Part-1  untuk jenjang SMP/MTs Kelas 7 materi BAB 3. Untuk selengkapnya mari kita baca dengan seksama materi Pemrograman Visual Part-2 pada Buku Informatika SMP/MTs Kelas 7 BAB 3 selengkapnya berikut ini.

Baca juga:

Baca juga:

Ringkasan Materi

1. Mengenal Pemrograman Visual Basic

Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM).

Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat.

Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda. Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tetapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan. Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005 menunjukkan bahwa 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, JavaScript, C#, dan Java.

2. Object Oriented Programming

a) Pengertian OOP

OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh Pesawat, Pesawat adalah sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, dll. Pesawat sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.

b) Konsep OOP

Konsep Object Orientied Programming terdiri dari 4, yaitu:

  • Abstrak Class
  • Encapsulation
  • Inheritance
  • Polymorphism
Baca Juga :
Untuk pembahasan selengkapnya silahkan bisa anda baca dan unduh melalui tampilan di bawah ini:






Rangkuman Materi Informatika SMP/MTs Kelas 7 BAB 3 Pemrograman Visual (Part-2) Rangkuman Materi Informatika SMP/MTs Kelas 7 BAB 3 Pemrograman Visual (Part-2) Reviewed by My Profile on 5:55 PM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.