Rangkuman Materi Informatika SMP/MTs Kelas 7 tentang User Interface

Bismillah

Bagaimana kabar sahabat baiq semua? semoga sehat selalu. Sudah lama kita tak jumpa, karena saya lagi mager buat postingan. hehehe...maaf yaa.

Postingan kali ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya tentang Rangkuman Materi Informatika atau Bahan Ajar Informatika. Jika anda belum membaca atau belum memahami materi sebelumnya pada BAB 1 ini, silahkan bisa di buka kembali di: part-1 DISINI, part-2 DISINI, dan part-3 DISINI.

Baiklah, langsung saja ke maksud postingan kali ini. Pada postingan kali ini, saya akan coba lanjutan berbagi tentang materi informatika Kelas VII SMP/MTs yaitu tentang Interaksi komputer dengan pengguuna dalam interface yang termasuk kedalam perangkat keluaran dan penyimpanan pada komputer. Materi ini juga bisa di download dan dijadikan sebagai bahan ajar bagi peserta didik baik di sekolah maupun di rumah. 

Baca juga:

RINGKASAN MATERI

1. Pengertian

User Interface merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user). Antarmuka pengguna berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan

2. Jenis-jenis Antar Muka
a. Command Line Interface (CLI)
CLI adalah antarmuka pada sistem operasi yang menggunakan baris perintah atau text. Dalam berinteraksi dengan sistem operasi pengguna hanya dapat menggunakan keyboard dengan cara mengetikan perintah (Command) tertentu.
Contoh Command Line Interface (CLI)
Contoh sistem operasi berbasis CLI adalah DOS/Command Prompt, Linux berbasis Teks, Cisco IOS (Internetwork Operating System), Mikrotik, dll.
Kelebihan CLI:
  1. Performa lebih tinggi
  2. Lebih efisien dalam penggunaan
  3. Hanya membutukan spesifikasi hardware yang rendah
Kekurangan CLI:
  1. Kurang menarik dan membosankan bagi pengguna awam
  2. Harus mengingat baris dan perintah
b. Graphical User Interface (GUI)
GUI adalah antarmuka pada sistem operasi yang menggunakan tampilan grafis, dapat dikendalikan menggunakan beberapa macam alat input, seperti mouse, keyboard, touchscreen, dll. Pada antarmuka GUI terdapat jendela, menu, tombol, icon, dll yang didesain supaya pengguna lebih mudah, nyaman, dll (user friendly) dalam berinteraksi dengan sistem operasi atau aplikasi.
Contoh sistem operasi berbasis GUI
Windows, Macintosh, Ubuntu, RedHat, Android, dsb.
Kelebihan GUI:
  1. Desain menarik dan user friendly
  2. Tidak Menbosankan
  3. Tidak perlu mengingat baris dan perintah
Kekurangan GUI:
  1. Kebutuhan spesifikasi hardware lebih besar
  2. Performa lebih berat
Untuk pembahasan selengkapnya, silahkan bisa dilihat dan atau di download melalui tautan link pada tampilan di bawah ini: 


Untuk mendapatkan file selengkapnya, anda juga bisa mengunduhnya melalui tautan di bawah ini:
  1. Unduh file pdf DISINI
  2. Unduh file pptx DISINI
Demikian ulasan tentang rangkuman materi Informatikan SMP/MTs Kelas 7 ini semoga bisa menjadi salah satu alternatif bahan ajar dalam proses pembelajaran. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Berikut link video pembelajarannya silahkan disimak: 




Rangkuman Materi Informatika SMP/MTs Kelas 7 tentang User Interface Rangkuman Materi Informatika SMP/MTs Kelas 7 tentang User Interface Reviewed by My Profile on 6:16 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.