Rangkuman Materi Informatika SMP/MTs Kelas 7 Pertemuan 2

Bismillah

Bagaimana kabar sahabat baiq semua? semoga sehat selalu. Sudah lama kita tak jumpa, karena saya lagi mager buat postingan. hehehe...maaf yaa.

Postingan kali ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya tentang Rangkuman Materi Informatika atau Bahan Ajar Informatika. Jika anda belum membaca atau belum memahami materinya silahkan bisa di buka DISINI.

Baiklah, langsung saja ke maksud postingan kali ini. Pada postingan kali ini, saya akan coba lanjutan berbagi tentang materi informatika Kelas VII SMP/MTs yaitu tentang Hardware yang termasuk kedalam perangkat keluaran dan penyimpanan pada komputer. Materi ini juga bisa di download dan dijadikan sebagai bahan ajar bagi peserta didik baik di sekolah maupun di rumah. 

Baca juga:

KOMPETENSI DASAR

3.1 Mengenal pemfungsian perangkat keras dan sistem operasi, serta aplikasi

MATERI POKOK
Perangkat keras komputer, bagian dan fungsi-fungsinya Sistem operasi dan fungsi-fungsinya

RINGKASAN MATERI
PERANGKAT KELUARAN PADA KOMPUTER (OUTPUT DEVICE)

1. PRINTER
Printer adalah peranti yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, diatas kertas. Definisi printer lainnya adalah alat yang dapat menampilkan teks atau gambar yang semula berasal dari software digital menjadi berupa bentuk yang dicetak di kertas.

2. MONITOR
Monitor adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat output data secara grafis pada sebuah CPU, monitor juga kerap disebut sebagai layar tampilan komputer

3. SPEAKER
Speaker adalah perangkat keras output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemrosesan oleh CPU berupa audio/suara. Speaker juga bisa di sebut alat bantu untuk keluaran suara yang dihasilkan oleh perangkat musik seperti MP3 Player, DVD Player dan lain sebagainya.

4. PROYEKTOR
Proyektor adalah alat untuk membantu menampilkan gambar, video maupun data-data lainnya dari komputer atau laptop ke sebuah layar (bisa juga ke permukaan datar seperti tembok).

Untuk selengkapnya terkait dengan perangkat simpanan (storage device) silahkan bisa di lihat dan di download melalui tautan berikut ini:


Untuk mendapatkan file selengkapnya, anda juga bisa mengunduhnya melalui tautan di bawah ini:
  1. Unduh file pdf DISINI
  2. Unduh file pptx DISINI
Demikian ulasan tentang rangkuman materi Informatikan SMP/MTs Kelas 7 ini semoga bisa menjadi salah satu alternatif bahan ajar dalam proses pembelajaran. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Berikut link video pembelajarannya silahkan disimak: 



Baca Juga:




Rangkuman Materi Informatika SMP/MTs Kelas 7 Pertemuan 2 Rangkuman Materi Informatika SMP/MTs Kelas 7 Pertemuan 2 Reviewed by My Profile on 7:49 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.