Rangkuman Materi Informatika SMP/MTs BAB 2 (Part-1)Tentang Analisis Data Dengan Excel

  Bismillah

Bagaimana kabar sahabat baiq semua? semoga sehat selalu. Sudah lama kita tak jumpa, karena saya lagi mager buat postingan. hehehe...maaf yaa.

Postingan kali ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya tentang Rangkuman Materi Informatika atau Bahan Ajar Informatika BAB 2 Tentang Analisis Data dengan Excel. Jika anda belum membaca atau belum memahami materi BAB 1 silahkan bisa di buka materi BAB 1 nya DISINI.

Baiklah, langsung saja ke maksud postingan kali ini. Pada postingan kali ini, saya akan coba lanjutan berbagi tentang materi informatika Kelas VII SMP/MTs yaitu tentang Analisis Data dengan Excel, mulai dari definisi, bagian-bagian Ms. Excel sampai pada rumus fungsi yang ada di dalamnya. Materi ini juga bisa di download dan dijadikan sebagai bahan ajar bagi peserta didik baik di sekolah maupun di rumah. 

RANGKUMAN MATERI

1. Definisi Data

Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.

2. Contoh Tampilan Data

3. Type Data
a) Data Angka
Data angka/value/numerik yaitu data pada sel excel yang karakter penyusunan utamanya berupa nilai angka 0-9. Ciri utama tipe data angka adalah dapat digunakan dalam operasi perhitungan aritmatika (penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian).
Jenisnya antara lain:
  • Bilangan Bulat (Integer)
  • Bilangan Desimal (Decimal)
  • Bilangan Pecahan (Fraction)
  • dst.
Untuk pembahasan selengkapnya, silahkan bisa dilihat dan atau di download melalui tautan link pada tampilan di bawah ini:


Untuk mendapatkan file selengkapnya, anda juga bisa mengunduhnya melalui tautan di bawah ini:
  1. Unduh file pdf DISINI
  2. Unduh file pptx DISINI
Demikian ulasan tentang rangkuman materi Informatikan SMP/MTs Kelas 7 ini semoga bisa menjadi salah satu alternatif bahan ajar dalam proses pembelajaran. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Rangkuman Materi Informatika SMP/MTs BAB 2 (Part-1)Tentang Analisis Data Dengan Excel Rangkuman Materi Informatika SMP/MTs BAB 2 (Part-1)Tentang Analisis Data Dengan Excel Reviewed by My Profile on 11:20 PM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.