Lima Contoh Soal Cerita tentang Rasio dan Pembahasannya untuk Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah lima contoh soal tentang rasio atau perbandingan materi matematika kelas 7 pada kurikulum merdeka. Selamat belajar.... 

Soal 1:

Pada sebuah taman bermain, terdapat 24 anak laki-laki dan 36 anak perempuan. Tentukan rasio antara jumlah anak laki-laki dan jumlah anak perempuan di taman bermain tersebut.

Pembahasan 1:

Untuk menentukan rasio antara jumlah anak laki-laki dan anak perempuan, kita perlu membagi jumlah anak laki-laki dengan jumlah anak perempuan:

Rasio = (Anak laki-laki) / (Anak perempuan) = 24 / 36

Kita dapat menyederhanakan rasio ini dengan membagi kedua angka dengan faktor persekutuan terbesar (FPB), yaitu 12. Hasilnya adalah:

Rasio = 2 / 3

Jadi, rasio jumlah anak laki-laki terhadap jumlah anak perempuan adalah 2:3.

Soal 2:

Dalam sebuah kelas, terdapat 15 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Hitung rasio antara jumlah siswa laki-laki dan jumlah siswa perempuan dalam kelas tersebut.

Pembahasan 2:

Untuk menentukan rasio jumlah siswa laki-laki dan perempuan dalam kelas, kita perlu membagi jumlah siswa laki-laki dengan jumlah siswa perempuan:

Rasio = (Siswa laki-laki) / (Siswa perempuan) = 20 / 15

Kita dapat menyederhanakan rasio ini dengan membagi kedua angka dengan faktor persekutuan terbesar (FPB), yaitu 5. Hasilnya adalah:

Rasio = 4 / 3

Jadi, rasio jumlah siswa laki-laki terhadap jumlah siswa perempuan dalam kelas tersebut adalah 4:3.

Soal 3:

Dalam sebuah toko, terdapat 24 buah apel dan 48 buah jeruk. Tentukan rasio antara jumlah apel dan jumlah jeruk di toko tersebut.

Pembahasan 3:

Untuk menentukan rasio antara jumlah apel dan jumlah jeruk di toko, kita perlu membagi jumlah apel dengan jumlah jeruk:

Rasio = (Jumlah apel) / (Jumlah jeruk) = 24 / 48

Kita dapat menyederhanakan rasio ini dengan membagi kedua angka dengan faktor persekutuan terbesar (FPB), yaitu 24. Hasilnya adalah:

Rasio = 1 / 2

Jadi, rasio jumlah apel terhadap jumlah jeruk di toko adalah 1:2.

Soal 4:

Dalam sebuah sekolah, terdapat 60 siswa laki-laki dan 90 siswa perempuan. Tentukan rasio antara jumlah siswa laki-laki dan jumlah siswa perempuan di sekolah tersebut.

Pembahasan 4:

Untuk menentukan rasio jumlah siswa laki-laki dan perempuan di sekolah, kita perlu membagi jumlah siswa laki-laki dengan jumlah siswa perempuan:

Rasio = (Siswa laki-laki) / (Siswa perempuan) = 60 / 90

Kita dapat menyederhanakan rasio ini dengan membagi kedua angka dengan faktor persekutuan terbesar (FPB), yaitu 30. Hasilnya adalah:

Rasio = 2 / 3

Jadi, rasio jumlah siswa laki-laki terhadap jumlah siswa perempuan di sekolah adalah 2:3.

Soal 5:

Dalam sebuah tim sepak bola, terdapat 18 pemain pria dan 12 pemain wanita. Hitung rasio antara jumlah pemain pria dan jumlah pemain wanita dalam tim sepak bola tersebut.

Pembahasan 5:

Untuk menentukan rasio jumlah pemain pria dan pemain wanita dalam tim sepak bola, kita perlu membagi jumlah pemain pria dengan jumlah pemain wanita:

Rasio = (Pemain pria) / (Pemain wanita) = 18 / 12

Kita dapat menyederhanakan rasio ini dengan membagi kedua angka dengan faktor persekutuan terbesar (FPB), yaitu 6. Hasilnya adalah:

Rasio = 3 / 2

Jadi, rasio jumlah pemain pria terhadap jumlah pemain wanita dalam tim sepak bola adalah 3:2.

Baca juga :

Demikianlah lima contoh soal tentang rasio atau perbandingan materi kelas 7 kurikulum merdeka. Terimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat.



Lima Contoh Soal Cerita tentang Rasio dan Pembahasannya untuk Kelas 7 Kurikulum Merdeka Lima Contoh Soal Cerita tentang Rasio dan Pembahasannya untuk Kelas 7 Kurikulum Merdeka Reviewed by My Profile on 2:17 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.