Download Soal TIK Kelas 9

Bismillah....

Kurikulum 2013 masih mengisahkan banyak cerita, salah satu kisah yang masih sangat memilukan adalah hilangnya Pelajaran TIK di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan KKPI di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Hal ini tentu saja menjadi hal yang sangat menyedihkan bagi guru TIK dan juga KKPI di seluruh Indonesia. Kenapa TIK dan KKPI dihilangkan? Tentu pertanyaan ini bukan ranah saya untuk menjawabnya. Karena saya bukan bagian dari pemerintah yang merumuskan kurikulum 2013. Yang pasti beberapa jurus penenang yang disampaikan pemerintah untuk menghilangkan kegalauan di hati para guru TIK dan KKPI dirasa belum dapat bereaksi dengan baik. Meskipun pemerintah sudah sekuat kemampuan menyampaikan bahwa TIK dan KKPI tidak dihilangkan hanya saja terintegrasi dengan semua mata pelajaran yang ada disekolah tersebut. Ok baiklah, sementara kami pahami seperti itu.
SOAL TIK KELAS 9

Namun dalam pelaksanaan dan penerapannya dilapangan hal ini masih sangat membingungkan, dikarenakan proses implementasinya harus seperti apa dan bagaimana, masih belum tergambarkan dan tersampaikan informasinya dengan jelas ke semua guru TIK dan KKPI, terutama saya. Ditambah lagi masih ada beberapa sekolah yang masih menerapkan Kurikulum 2006 atau KTSP. Guru-guru TIK yang sudah PNS mulai gerah, guru-guru TIK yang sudah tersertifikasi mulai resah, terlebih guru-guru honor yang notabene hanya mengajar TIK mulai pasrah. Kenapa demikian? Bagi guru TIK PNS mereka bingung mesti hijrah mengajar matapelajaran apa, sementara hanya bisa menungu kebijakan pemerintah untuk mereka akan diapakan selanjutnya. Bagi guru yang sudah tersertifikasi ini mulai sangat meresahkan, kenapa? Karena kemungkinan sertifikasi mereka tidak bisa cair. Karena mereka mengajar pelajaran yang nantinya tidak linear dengan pendidikan mereka. Dan bagi guru-guru honor yang belum tersertifikasi ini musibah dan mereka hanya bisa pasrah. Sambil berdoa mereka menunggu keajaiban-keajaiban dari kebijakan pemerintah yang mungkin bisa mengembalikan pelajaran TIK dan KKPI seperti sediakala.
Sudah lah....
Sambil menunggu kebijakan pemerintah yang bisa mengembalikan pelajaran TIK dan KKPI ke habitatnya. Karena di sekolah yang saya ajar, tahun ini adalah tahun terakhir TIK ada, maka saya akan berbagi soal TIK kelas IX GRATIS kepada rekan-rekan guru TIK semua, untuk beberapa tahun kedepan mungkin masih ada beberapa sekolah yang masih menggunakan Kurikulum 2006 (KTSP).
Soal ini saya buat dengan menggunakan aplikasi powerpoint dan juga Wondershare (Flash). Untuk soal powerpoint  dibuat dalam bentuk isian siangkat, menggunakan timer, setiap soal berdurasi 1 menit, ulangan ini bisa dilakukan dengan menggunakan infocus. Sedangkan untuk soal Flash saya buat dalam bentuk pilihan ganda 25 soal, lebih efektif jika ulangannya dengan menggunakan jaringan zero client untuk memudahkan proses ulangan dan juga pengawasan. 

Untuk contoh soal dalam bentuk Powerpoint, saya lampirkan dalam bentuk pps dan ppt yang dapat didownload dengan GRATIS. Silahkan boleh dikembangkan dan diganti baik nama sekolah maupun bentuk soalnya sesuai dengan kebutuhan.

Silahkan download pada link di bawah ini....


Selamat bekerja untuk semua guru-guru TIK, semoga amal ibadah kita diterima disisi-NYA. 
Terimakasih sudah berkunjung, jika ada kebaikan dan atau juga ada kekurangan dalam blog ini silahkan bisa memberikan kesan dan pesan yang membangun, agar kami bisa lebih baik lagi.  



Download Soal TIK Kelas 9 Download Soal TIK Kelas 9 Reviewed by My Profile on 7:49 PM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.