Tips Belajar Mengetik dengan 10 Jari


Bismillah...

Kemampuan dasar yang harus kita miliki ketika kita bekerja dengan komputer adalah mengetik. Kemampuan mengetik yang baik akan mempermudah proses bekerja kita dengan komputer. Oleh karena itu, kita harus mau dan mampu menguasai tuts (tombol-tombol) pada keyboard secara utuh, bukan dengan dihapal, tapi dengan cara membiasakan diri sesering mungkin praktik mengetik. Kenapa harus demikian? Hal ini agar ketika kita mengetik, jari-jemari kita sudah terbiasa dan tahu dengan sendirinya harus kemana dia bergerak ketika akan menekan sebuah huruf yang kita lafalkan baik dalam hati ataupun lisan. Sehingga pandangan kita tidak lagi terfokus melihat tombol-tombol keyboard, akan tetapi melihat hasil ketikan kita pada layar monitor. Ibarat kata, jari-jemari kita sudah memiliki mata, jadi dia tahun kemana dia harus bergerak. Harus di coba....


Emang bisa? 

Kenapa tidak bisa?

Trus gimana caranya?

Baca : Teknik Mengetik 10 Jari

Ok sabar.... disini saya akan berikan beberapa Tips untuk bisa mengetik dengan sepuluh jari. Tips ini berdasarkan pengalaman pribadi saya sekitar 10 tahun yang lalu. Ketika itu saya masih mengetik dengan 11 jari (jari telunjuk kiri dan telunjuk kanan), sampai satu ketika saya berpikir, jari yang lain kerjanya ngapain ya....? 

Baiklah, berikut ini beberapa Tips yang bisa dicoba untuk dikuti, agar kemampuan mengetik kita bisa hijrah dan tidak lagi berada pada jaman jahiliyah. hehehe....

1. Niat
Segala amal tergantung pada niatnya. Hal ini sangat penting, jika kita tidak memiliki tekad yang kuat dalam hati kita untuk bisa memiliki kemampuan mengetik dengan sepuluh jari, yakin pasti tak akan pernah bisa. Tapi jika memiliki keyakinan yang kuat dengan tekad yang bulat, Insya Allah semangat untuk bisa dengan terus mencoba dan pantang menyerah akan terus membara, hingga tanpa disadari ternyata kita sudah bisa.

2. Siapkan Keyboard yang nyaman untuk ditekan
Jari-jemari yang belum terbiasa untuk mengetik dengan sepuluh jari, akan terasa kaku sekali ketika digerakkan. Maka untuk menghindari keputus asaan sejak dini, cari keyboard yang bisa digunakan senyaman mungkin, yaitu keyboard dengan tuts (tombol-tombolnya) tidak keras ketika di tekan oleh jari jemari.

3. Posisi dibuat senyaman mungkin
Posisi duduk, posisi tubuh dan posisi tangan harus senyaman mungkin. Hal ini untuk menghindari kesemutan, kram dan lain sebaginya, yang bisa menghambat proses belajar. Sesekali boleh melenturkan otot-otot jari tangan dengan cara menggerakkan jari-jemari seperti meremas-remas.

4. Mengulangi ketikkan
Belajar yang baik adalah belajar yang dilakukan secara berulang-ulang. Awali dengan memposisikan tangan sesuai teknik posisi mengetik 10 jari yang benar. Boleh di awali dengan menekan huruf ASDF JKL; (sesuai posisi jari) setelah itu, bayangkan sebuah kata (misalkan kata : dan, apa, yang, atau, selamat), lalu ketikkan kata tersebut sesuai posisi jari-jemari, ulangi sampai kita tidak lagi melihat keyboard (lakukan hingga 2 atau 3 baris per kata), jika sudah, boleh ganti dengan kata yang lain.

5. Abaikan kesalahan dalam ketikan
Jangan gatal untuk menghapus huruf yang salah, biarkan saja, lanjutkan mengetik kata-kata yang sedang kita ketikkan.

6. Jangan mudah jenuh
Hal yang dapat menghambat proses belajar mengetik sepuluh jari adalah ada perasaan jenuh, maka boleh sambil mendengarkan musik atau apapun agar kita tidak jenuh.

7. Hindari putus asa
Belajar itu butuh waktu, tak ada hal yang sempurna diraih dengan cara instan. Maka disinilah kita butuh yang namanya kesabaran. Apa yang harus dilakukan? Jangan putus asa, ulangi sampai bisa.

8. Luangkan waktu, agar istiqomah
Sehari bisa dicoba sekitar 15 – 30 menit, tidak usah lama-lama, karena jari-jemari kita akan terasa pegal. Maka luangkan waktu setiap harinya untuk bisa mengulangi belajar praktik mengetik.

9. Dengan bantuan aplikasi
Berlatih mengetik 10 jari bisa juga dengan menggunakan bantuan aplikasi. Namun ada baiknya, ini dilakukan jika jari-jemari kita sudah benar-benar terbiasa dan mengenal posisi huruf dengan benar. 

Untuk mendapatkan aplikasinya bisa di unduh disini 

atau jika ingin belajar mengetik secara online bisa disini

Demikian postingan kali ini, yaitu tentang tips belajar mengetik dengan 10 jari, terimakasih, semoga bermanfaat.

Tips Belajar Mengetik dengan 10 Jari Tips Belajar Mengetik dengan 10 Jari Reviewed by My Profile on 7:55 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.