Kisi-kisi Soal Ujian PPG Guru Kelas SD Tahun 2018

Bismillah...

Sahabat baiq yang berbahagia. Bagi anda yang sedang mencari Kisi-Kisi Soal Ujian Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk mata pelajaran Guru Kelas SD tahun 2018, semoga artikel ini bisa membantu anda. Selamat membaca!
Kompetensi Inti
  1. Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.
  2. Mampu menggunakan matematisasi horizontal dan vertikal untuk menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam dunia nyata.
  3. Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
  5. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  6. Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar.
  7. Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari.
  8. Menganalisis hukum-hukum IPA yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Mapel/Keahlian
  1. Menerapkan konsep relasi dan fungsi linear dalam pemecahan masalah
  2. Melatih konsep sistem persamaan linear dalam pemecahan masalah
  3. Membedakan konsep sistem persamaan linear dalam pemecahan masalah
  4. Menggunakan konsep persamaan/pertidaksamaan kuadrat dalam pemecahan masalah
  5. Menerapkan Konsep sudut secara kontektual
  6. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan Sifat-sifat bangun datar
  7. Menentukan bayangan titik-titik terhadap transformasi geometri sederhana (translasi, refleksi,rotasi, dilatasi)
  8. Menganalisis masalah yang berkaitan dengan
  9. Pengukuran panjang, luas, keliling, volume, suhu, berat, kecepatan, dan debit
  10. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan statistika
  11. Memecahkan matematisasi horizontal untuk menyelesaikan masalah matematika sosial dalam dunia nyata.
  12. Menggunakan matematisasi vertikal untuk menyelesaikan masalah dalam dunia nyata.
  13. Menguji pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika
  14. Menguji pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi kecepatan
  15. Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa.
  16. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  17. Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
  18. Mendeskripsikan jenis-jenis sastra Indonesia
  19. Mendeskripsikan latar waktu yang terkandung di dalam cerita menentukan karakter tokohnya berdasarkan sajian tampilan drama
  20. Mendeskripsikan jenis-jenis sastra Indonesia
  21. Mendeskripsikan latar waktu yang terkandung di dalam cerita menentukan karakter tokohnya berdasarkan sajian tampilan drama
  22. Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar. Menganalisis prinsip-prinsip HAM.
  23. Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia
  24. Mengetahui gejala alam baik secara langsung maupun tidak langsung.
  25. Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari.
  26. Menerapkan ilmu pengetahuan alam dengan cara ikut melestarikan lingkungan alam.
  27. Menerapkan ilmu pengetahuan alam dengan cara ikut menjaga, lingkungan alam sekitar.
  28. Melakukan observasi beberapa gejala alam abiotik.
  29. Melakukan observasi beberapa gejala alam abiotik atau biotik.
  30. Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum IPA dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari.
  31. Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS.
  32. Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS.
Indikator Esensial
  1. Menganalisis konsep aljabar dalam pemecahan masalah
  2. Menerapkan konsep aljabar dalam pemecahan masalah
  3. Menerapkan persamaam linear dalam pemecahan masalah
  4. Menerapkan konsep persamaan kuadrat dalam pemecahan masalah
  5. Menerapkan konsep sudut dalam kehidupan sehari-hari
  6. Memecahkan masalah geometri dan pengukuran
  7. Menerapkan masalah geometri dan pengukuran
  8. Menerapkan masalah pengukuran luas permukaan dalam kehidupan sehari-hari
  9. Menerapkan masalah yang berkaitan dengan statistika
  10. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan matematika sosial
  11. Menggunakan logika/penalaran untuk menyelesaikan masalah sehari-hari
  12. Menggunakan bilangan untuk memecahkan masalah sehari-hari
  13. Menyelesaikan masalah pengukuran kecepatan
  14. Mengemukakan hakikat pemerolehan bahasa melalui ilustrasi kasus
  15. Menentukan penggunaan huruf kapital yang benar dalam kalimat 
  16. Menerapkan penggunaan tanda baca yang benar melalui sajian kalimat
  17. Menjelaskan menyimak sebagai sebuah keterampilan berbahasa
  18. Menerapkan teknik pembelajaran menyimak melalui ilustrasi
  19. Mendefinisikasikan keterampilan membaca di kelas tinggi dan rendah
  20. Membedakan jenis-jenis membaca melalui sebuah kasus
  21. Menjelaskan perbedaan menulis permulaan dan lanjutan
  22. Mengaplikasikan keterampilan menulis permulaan dan menulis lanjutan melalui ilustrasi
  23. Memparafrasekan puisi menjadi prosa
  24. Mengisi puisi yang rumpang
  25. Mendeskripsikan latar waktu yang terkandung di dalam cerita
  26. Mendeskripsikan kalimat kritikan secara santun yang terdapat di dalam cerita
  27. Menganalisis apa yang disimak
  28. Menguasai teknik menyimak
  29. Menganalisis prinsip-prinsip HAM dalam pelaksanaan demokrasi.
  30. Menganalisis prinsip-prinsip HAM dalm dunia pendidikan.
  31. Menganalisis penegakan hukum di Indonesia dalam bidang pertahanan dan keamanan.
  32. Penerapan penegakan hukum di Indonesia
  33. Menganalisis asas-asas kewarganegaraan yang dianut di Indonesia.
  34. Menerapkan asas-asas kewarganegaraan yang dianut di Indonesia
  35. Memberikan pengertian tentang nilai dalam konteks pendidikan kewarganegaraan.
  36. Menunjukkan sifat positif dalam menghargai kebudayaan nasional
  37. Membangun nilai-nilai kewarganegaraan Indonesia
  38. Menganalisis moral warga negara melalui pendidikan kewarganegaraan yang berlandaskan UUD 1945
  39. Menelaah beberapa gejala alam biotik.
  40. Merancang penelitian tentang gejala alam biotik
  41. Meningkatkan perawatan/ pemeliharaan lingkungan alam sekitar
  42. Melakukan observasi beberapa gejala alam biotik
  43. Menyusun laporan hasil observasi beberapa gejala alam biotik.
  44. Menilai hasil observasi beberapa gejala alam biotik.
  45. Menganalisis beberapa gejala alam abiotik.
  46. Merancang penelitian tentang gejala alam abiotik atau biotik.
  47. Melakukan observasi tentang gejala alam abiotik.
  48. Hukum IPA yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari
  49. Menelaah beberapa gejala alam abiotik atau biotik
  50. Menerapkan IPA dengan cara menjaga kesehatan tubuh
  51. Hukum IPA dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari
  52. Menganalisis masalah-masalah sosial dan permasalahan dalam IPS
  53. Menegaskan fokus utama kajian pembelajaran IPS di SD
  54. Mengidentifikasi karakteristik pembelajaran IPS
  55. Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah Indonesia bagi siswa
  56. Menemukan makna Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari
  57. Mengaplikasikan materi, struktur, dan konsep keilmuan dalam masyarakat

Demikianlah ulasan tentang kisi-kisi soal ujian PPG mata pelajaran Guru Kelas SD Tahun 2018. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Kisi-kisi Soal Ujian PPG Guru Kelas SD Tahun 2018 Kisi-kisi Soal Ujian PPG Guru Kelas SD Tahun 2018 Reviewed by My Profile on 7:08 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.