Rangkuman Materi Computational Thinking atau Berpikir Komputasi SMP/MTs Kelas 7 Semester 2

Bismillah.....

Sahabat baiq yang berbahagia, semoga kita semua selalu dalam kondisi terbaik dan sehat wal'afiat selalu. Jangan lupa di masa pandemi ini, kita senantiasa berdoa memohon perlindungan kepada Allah SWT agar terhindar dari wabah covid-19 yang sedang merajalela di bumi ini, dan juga jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan sebagai salah satu bentuk ikhtiar kita.

Bagi Anda yang belum mempelajari materi pertemuan sebelumnya di semester kedua ini, silakan bisa klik DISINI untuk mendapatkan materinya. Dan bagi Anda yang belum mendapatkan materi Semester 1 silakan bisa mengklik DISINI untuk mendapatkan materinya.

Baiklah, pada kali ini kembali saya akan berbagi tentang Rangkuman Materi Computational Thinking atau Berpikir Komputasi untuk Peserta Didik SMP/MTs Kelas 7 di semester ke-2. Semoga catatan sederhana ini bisa memberikan sedikit manfaat dan kebaikan untuk banyak orang, Aamiin. Semangat dan selamat belajar!

Berpikir Komputasi

INFORMATIKA SMP/MTs KELAS 7

KD. 3.5

Computanional Thinking untuk menyelesaikan persoalan komputasi yang mengandung struktur data lebih kompleks dan berpola

RANGKUMAN

BERPIKIR KOMPUTASI (COMPUTATIONAL THINKING)

1. DEFINISI

Berpikir komputasi (Computational Thinking) adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika). 

Definisi lain, Berpikir komputasi adalah kemampuan berpikir untuk menyelesaikan suatu permasalahan secra menyeluruh, logis, dan teratur. 

Atau Berpikir komputasi adalah teknik pemecahan masalah yang sangat luas wilayah penerapannya, bukan hanya untuk menyelesaikan masalah seputar ilmu komputer saja, melainkan juga untuk menyelesaikan berbagai masalah di dalam kehidupan sehari-hari.

Cara mengimplementasikan Computational Thinking adalah dengan memahami masalah, mengumpulkan semua data, lalu mulai mencari solusi sesuai dengan masalah.

2. ASAL MULA BERPIKIR KOMPUTASI

Awalnya istilah Computational Thinking atau Berpikir/Pemikiran Komputasi digaungkan oleh Seymour Papert (1980) dalam bukunya yang berjudul “Mindstorm”. Ketika itu Papert berfokus pada dua aspek komputasi: pertama, bagaimana menggunakan komputasi untuk menciptakan pengetahuan baru, dan kedua, bagaimana menggunakan komputer untuk meningkatkan pemikiran dan perubahan pola akses ke pengetahuan. Berikutnya J. M. Wing membawa pendekatan yang dimodifikasi dan perhatian baru pada pemikiran komputasi atau Computational Thinking.

S. Papert menghubungkan pemikiran komputasi dan pedagogi digital dengan pendekatan modern dalam pendidikan yang diprakarsai oleh Jean Piaget. J. Piaget adalah seorang psikolog perkembangan paling dikenal karena memelopori teori belajar yang dikenal sebagai konstruktivisme; secara singkat, katanya bahwa peserta didik membangun pengetahuan baru dalam pikiran mereka, dari interaksi pengalaman mereka dengan pengetahuan sebelumnya. S. Papert mengembangkan teori konstruktivisme, menambahkan gagasan bahwa pembelajaran ditingkatkan ketika pelajar terlibat dalam “membangun produk yang bermakna." 

Jeannette M. Wing menganggap pemikiran komputasi sebagai keterampilan dasar untuk kemampuan analitis semua orang sama dengan kecakapan dengan membaca, menulis, dan berhitung. Makalah Wing disambut oleh masyarakat di semua tingkatan, terutama di jenjang pendidikan (SD-SMA), yang sangat bertanggung jawab dan berpengaruh dalam pengembangan kecakapan dan karakter peserta didik. Tulisan J. M. Wing ini dimuat di Jurnal Communication ACM pada Tahun 2006.

Pada Tahun 2012, kurikulum nasional Inggris mulai memperkenalkan ilmu komputer atau Computer Science (CS) kepada semua siswa. Di Singapura, sebagai bagian dari inisiatif “Smart Nation”, telah memberi label pengembangan CT sebagai “kemampuan nasional”. Bahkan negara-negara lain, dari Finlandia hingga Korea Selatan, Cina hingga Australia dan Selandia Baru, telah meluncurkan upaya skala besar untuk memperkenalkan CT di sekolah-sekolah, sebagai bagian dari kurikulum CS baru atau diintegrasikan ke dalam mata pelajaran yang ada. Di Amerika Serikat, mantan Presiden Barack Obama meminta semua siswa (SD sampai SMA) untuk dilengkapi dengan keterampilan CT sebagai bagian dari inisiatif “Computer Science for All” pada tahun 2016.

3. BAGAIMANA BERPIKIR KOMPUTASI

Berpikir komputasi tidak berarti kita berpikir seperti komputer melainkan berpikir tentang komputasi dimana sesorang dituntut untuk memfromulasikan masalah dalam bentuk masalah komputasi dan menyusun solusi komputasi yang baik atau menjelaskan mengapa tidak ditemukan solusi yang sesuai. Computational Thinking melatih otak untuk terbiasa berpikir secara logis, terstruktur dan kreatif.

a. Berpikir Memecahkan Masalah Kompleks

Complex problem solving adalah metode untuk memperjelas suatu masalah yang sangat kompleks dalam kehidupan nyata. Atau dengan kata lain complex problem solving adalah kemampuan seseorang untuk mengidentifikasi masalah yang kompleks, serta mengerti dan memahami tentang informasi yang berkaitan.

Langkah-langkah problem solving 

  1. mendefinisikan masalah;
  2. mengumpulkan data;
  3. mengidentifikasikan penyebab masalah yang paling mungkin;
  4. lalu mengidentifikasikan yang menjadi akar permasalahan tersebut;
  5. terakhir adalah mengajukan dan mengimplementasikan solusinya.

2. Berpikir Sistem

Cara berpikir sistem adalah salah satu pendekatan yang diperlukan agar manusia dapat memandang persoalan-persoalan dunia ini dengan lebih menyeluruh dan dengan demikian pengambilan keputusan dan pilihan aksi dapat dibuat lebih terarah kepada sumber-sumber persoalan yang akan mengubah sistem secara efektif.
Beberapa nilai yang terkandung dalam cara berpikir sistem :
  1. Menghargai bagaimana model mental mempengaruhi cara pandang kita
  2. Mengubah perspektif untuk melihat leverage point baru
  3. Melihat pada kesalingtergantungan (interdependencies)
  4. Merasakan dan menghargai kepentingan jangka panjang dan lingkungan
  5. Memperkirakan yang biasanya tidak diperkirakan
  6. Berfokus pada struktur yang membangun dan menyebabkan perilaku sistem
  7. Menyadari bagian yang tersulit tanpa tendensi untuk menyelesaikannya dengan tergesa-gesa
  8. Mencari pengalaman
  9. Menggunakan bahasa pola dasar dan analogi untuk mengantisipasi perilaku dan kecenderungan untuk berubah.
Untuk selengkapnya silakan bisa di lihat dan di unduh melalui tampilan file PDF di bawah ini:


Untuk mendapatkan bahan ajar dalam bentuk POWERPOINT silahan klik DISINI.
Demikian ulasan tentang Rangkuman Materi Berpikir Komputasi (Computational Thinking) SMP/MTs Kelas 7 Semester 2. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.
Rangkuman Materi Computational Thinking atau Berpikir Komputasi SMP/MTs Kelas 7 Semester 2 Rangkuman Materi Computational Thinking atau Berpikir Komputasi SMP/MTs Kelas 7 Semester 2 Reviewed by My Profile on 5:53 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.