Download Kisi-Kisi USBN IPS SMP/MTs Kurikulum 2006/KTSP Tahun 2019 T.P. 2018/2019

Bismillah...

Sahabat baiq yang berbahagia. Musim belajar pada tahun pelajaran 2018/2019 akan segera berakhir. Bagi para peserta didik Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) kelas sembilan (IX) tentunya akan dihadapkan pada beberapa tahapan ujian yang harus di ikuti untuk menyelesaikan proses pembelajaran pada jenjang ini. Satu diantaranya adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau lebih dikenal dengan singkatan USBN. Dari tahun ketahun pemerintah tentunya selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas ujian, yang salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas soal yang diujikan pada pelaksanaan baik USBN maupun Ujian Nasional. Untuk itu, ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu kisi-kisi yang akan di ujikan, agar proses belajar yang kita lakukan dapat lebih efektif dan efisien.


Baiklah, kali ini kita akan mempelajari kisi-kisi USBN IPS SMP/MTs Kurikulum 2006/KTSP Tahun Pelajaran 2018/2019. Selamat belajar!

Level Kognitif
Lingkup Materi : Bentuk Muka Bumi Gejala Geosfer; Sosialisasi dan Perubahan Sosial; Sosial, Ekonomi, Budaya dan Politik Indonesia; Perekonomian Indonesia dan Kerja Sama Internasional
Pengetahuan dan Pemahaman
  1. Mengidentifikasi
  2. Menjelaskan
  3. Menyebutkan
  4. Mendeskripsikan
Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
  • keragaman bentuk muka bumi dengan aktivitas penduduk
  • proses pembentukan muka bumi
  •  gejala atmosfer dan gejala hidrosfer
  • peta, atlas dan globe
  • Asia Tenggara, negara berkembang, negara maju
  • benua dan samudera 
Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
  • penduduk
  • proses sosial
  • bentuk-bentuk interaksi sosial
  • perubahan sosial
  • penyimpangan sosial
  • lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan
Peserta didik mampu memahami:
  • kehidupan sosial, ekonomi, budaya masyarakat dan peninggalan-peninggalan praaksara, masa Hindu-Budha, masa Islam
  • masa kolonialisme, masa pergerakan nasional, persiapan proklamasi
  • kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang:
  • tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi
  • kegiatan ekonomi dan pelaku ekonomi
  • badan usaha, koperasi, dan pasar
  • gagasan kreatif
  • kelangkaan dan kebutuhan
  • tenaga kerja
  • sistem ekonomi dan pajak
  • permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
  • uang dan lembaga keuangan
  • perdagangan internasional
Aplikasi
  1. Mengklasifikasi
  2. Menghitung
  3. Menerapkan
  4. Menentukan
  5. Membedakan
  6. Menginterpretasikan
Peserta didik mampu menentukan:
  • keragaman bentuk muka bumi dengan aktivitas penduduk
  • proses pembentukan muka bumi
  • gejala atmosfer dan gejala hidrosfer
  • peta, atlas dan globe
  • Asia Tenggara, negara berkembang, negara maju
  • benua dan samudera
Peserta didik mampu menentukan penyelesaian permasalahan:
  • penduduk
  • proses sosial
  • bentuk-bentuk interaksi sosial
  • perubahan sosial
  • penyimpangan sosial
  • lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
  • kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik masa pra-aksara, Hindu-Budha, Islam, kolonialisme, liberalisme, masa pergerakan nasional, persiapan proklamasi sampai proklamasi
  • kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya pasca proklamasi kemerdekaan sampai reformasi 
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan:
  • tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi
  • kegiatan ekonomi dan pelaku ekonomi
  • badan usaha, koperasi, dan pasar
  • gagasan kreatif
  • kelangkaan dan kebutuhan
  • tenaga kerja
  • sistem ekonomi dan pajak
  • permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
  • uang dan lembaga keuangan
  • perdagangan internasional
Penalaran
  1. Menganalisis
  2. Memprediksi
  3. Membuktikan
  4. Membandingkan
  5. Menyimpulkan
  6. Mengevaluasi
Peserta didik mampu menganalisis tentang:
  • keragaman bentuk muka bumi dengan aktivitas penduduk
  • proses pembentukan muka bumi
  • gejala atmosfer dan gejala hidrosfer
  • peta, atlas dan globe
  • Asia Tenggara, negara berkembang, negara maju
  • benua dan samudera
Peserta didik mampu menganalisis tentang:
  • penduduk
  • proses sosial
  • bentuk-bentuk interaksi sosial
  • perubahan sosial
  • penyimpangan
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:
  • kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan politik masa praaksara, masa Hindu-Budha, Islam, kolonialisme, dan pergerakan nasional
  • kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya pasca proklamasi kemerdekaan sampai reformasi
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji tentang:
  • kegiatan ekonomi dan pelaku ekonomi
  • badan usaha, koperasi, dan pasar
  • gagasan kreatif
  • kelangkaan dan kebutuhan
  • tenaga kerja
  • sistem ekonomi dan pajak
  • permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
  • uang dan lembaga keuangan
  • perdagangan internasional
Untuk mendapatkan file kisi-kisi USBN IPS SMP/MTs K-2006/KTSP selengkapnya, silahkan bisa dilihat dan di unduh melalui tampilan berikut ini:



Atau bisa juga klik DISINI, dan untuk mendapatkan kisi-kisi USBN IPS K2013 bisa klik DISINI.
Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.
Download Kisi-Kisi USBN IPS SMP/MTs Kurikulum 2006/KTSP Tahun 2019 T.P. 2018/2019 Download Kisi-Kisi USBN IPS SMP/MTs Kurikulum 2006/KTSP Tahun 2019 T.P. 2018/2019 Reviewed by My Profile on 5:58 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.