Download Kisi-Kisi USBN IPS SMP/MTs Kurikulum 2013 T.P. 2018/2019

Bismillah...

Sahabat baiq yang berbahagia. Musim belajar pada tahun pelajaran 2018/2019 akan segera berakhir. Bagi para peserta didik Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) kelas sembilan (IX) tentunya akan dihadapkan pada beberapa tahapan ujian yang harus di ikuti untuk menyelesaikan proses pembelajaran pada jenjang ini. Satu diantaranya adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau lebih dikenal dengan singkatan USBN. Dari tahun ketahun pemerintah tentunya selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas ujian, yang salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas soal yang diujikan pada pelaksanaan baik USBN maupun Ujian Nasional. Untuk itu, ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu kisi-kisi yang akan di ujikan, agar proses belajar yang kita lakukan dapat lebih efektif dan efisien.


Baiklah, kali ini kita akan mempelajari kisi-kisi USBN IPS SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019. Selamat belajar!

Level Kognitif 
Lingkup Materi : Keruangan dan Konektivitas; Lembaga Sosial dan Dinamika Sosial; Perkembangan Sosial, Ekonomi, Budaya dan Politik Indonesia; Perekonomian Indonesia dan Internasional
Pengetahuan dan Pemahaman
  1. Mengidentifikasi
  2. Menjelaskan
  3. Menyebutkan
  4. Mendeskripsikan
  5. Menunjukkan
Peserta didik dapat mendeskripsikan tentang :
  • aspek keruangan
  • aspek konektivitas antarruang dan waktu
  • aspek regional: (letak Indonesia, geologis, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis)
  • aktivitas manusia, bentuk muka bumi, peta, iklim, Asia Tenggara, negara maju/berkembang)
  • penduduk
  • proses sosial
  • bentuk-bentuk interaksi sosial
  • perubahan sosial
  • penyimpangan sosial
  • keragaman sosial dan budaya
  • lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan
  • fungsi dan peran lembaga sosial
  • kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat dan peninggalan-peninggalan masyarakat pra-aksara, masa Hindu-Buddha, Islam, masa kolonialisme, masa pergerakan nasional, dan proklamasi
  • kehidupan sosial, ekonomi, politik, dan budaya setelah proklamasi kemerdekaan
  • kelangkaan, kebutuhan manusia, motif, prinsip dalam tindakan ekonomi
  • pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian
  • permintaan, penawaran, harga, dan pasar
  • IPTEK dalam kegiatan perekonomian
  • kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia
  • perdagangan antardaerah, antarpulau dan perdagangan internasional
  • ekonomi maritim dan agrikultur di Indonesia
  • redistribusi pendapatan Nasional
  • pengembangan ekonomi kreatif
  • pengembangan pusat-pusat keunggulan ekonomi
  • persaingan sebagai peluang untuk meraih keunggulan ekonomi
  • pasar bebas
Aplikasi
  1. Mengklasifikasi
  2. Menghitung
  3. Menyelesaikan
  4. Menerapkan
  5. Menentukan
  6. Membedakan
  7. Menginterpretasi
Peserta didik dapat menerapkan tentang:
  • aspek keruangan
  • konektivitas antar ruang dan waktu
  • aspek nasional (letak Indonesia, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis
  • aktivitas manusia, bentuk muka bumi, peta, iklim, Asia Tenggara, negara maju/berkembang).
Peserta didik dapat menerapkan tentang:
  • penduduk
  • proses sosial
  • bentuk-bentuk interaksi sosial
  • perubahan sosial
  • penyimpangan sosial
  • lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
  • kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik masa praaksara, Hindu-Buddha, Islam, masa kolonialisme, liberalisme, masa pergerakan nasional, dan proklamasi kemerdekaan Indonesia
  • kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan 
  • kelangkaan, kebutuhan manusia, motif, prinsip dalam tindakan ekonomi
  • pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian
  • permintaan, penawaran, harga, dan pasar
  • IPTEK dalam kegiatan perekonomian
  • kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia
  • perdagangan antardaerah, antarpulau dan perdagangan internasional
  • ekonomi maritim dan agrikultur di Indonesia
  • redistribusi pendapatan Nasional
  • pengembangan ekonomi kreatif
  • pengembangan pusat-pusat keunggulan ekonomi
  • persaingan sebagai peluang untuk meraih keunggulan ekonomi
  • pasar bebas
Penalaran
  1. Menganalisis
  2. Memprediksi
  3. Membuktikan
  4. Membandingkan
  5. Menyimpulkan
  6. Mengevaluasi
Peserta didik mampu mengkaji tentang:
  • aspek keruangan
  • aspek konektivitas antarruang waktu
  • aspek regional: (letak Indonesia, geologis, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis)
  • aktivitas manusia, bentuk muka bumi, peta, iklim, Asia Tenggara, negara maju/berkembang).
  • penduduk
  • proses sosial
  • bentuk-bentuk interaksi sosial
  • perubahan sosial
  • penyimpangan sosial
  • lingkungan hidup
  • pembangunan berkelanjutan
  • masa kolonialisme, dan liberalisme masa pergerakan nasional
  • persiapan proklamasi kemerdekaan Indonesia, kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan
  • pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian
  • permintaan, penawaran, harga, dan pasar
  • IPTEK dalam kegiatan perekonomian
  • kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia
  • perdagangan antardaerah, antarpulau dan perdagangan internasional
  • ekonomi maritim dan agrikultur di Indonesia
  • redistribusi pendapatan nasional
  • pengembangan ekonomi kreatif
  • pengembangan pusat-pusat keunggulan ekonomi
  • persaingan sebagai peluang untuk meraih keunggulan ekonomi
  • pasar bebas
Untuk mendapatkan Kisi-kisi USBN IPS SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun 2019 selengkapnya, silahkan bisa di lihat dan di download melalui tampilan preview berikut ini:


Demikian ulasan tentang Kisi-kisi USBN IPS SMP/MTs Kuriklum 2013 Tahun 2019, terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

BACA JUGA:





Download Kisi-Kisi USBN IPS SMP/MTs Kurikulum 2013 T.P. 2018/2019 Download Kisi-Kisi USBN IPS SMP/MTs Kurikulum 2013 T.P. 2018/2019 Reviewed by My Profile on 7:39 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.