Download Kisi-Kisi Ujian Nasional Matematika SMP/MTs T.P. 2018/2019

Bismillah..

Sahabat baiq yang berbahagia. Ujian Nasional sudah di depan mata, bagi para peserta didik Ujian Nasional atau yang lebih dikenal dengan istilah UN merupakan pintu gerbang terakhir yang harus di buka untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Meskipun dalam pelaksanaan Ujian Nasional beberapa tahun kebelakang sudah menggunakan komputer atau dikenal dengan istilah CBT atau UNBK, namun tentunya materi yang di ujikan pada prinsipnya sama saja yaitu mengacu kepada kurikulum yang berlaku di Indonesia.
Bagi para peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau pun Madrasah Tsanawiyah (MTs) kelas IX (Sembilan) jika anda sedang iseng-iseng mampir dan berada di blog ini, maka anda sedang beruntung, karena pada postingan kali ini, saya akan berbagi materi tentang Kisi-Kisi Ujian Nasional Matematika SMP/MTs Tahun Pelajaran 2018/2019.


Baiklah tidak akan berpanjang lebar saya memberikan pengantar, di bawah ini anda bisa mempelajari kisi-kisi yang akan di ujian pada Ujian Nasional Tahun 2019 ini. Selamat Belajar!

Level Kognitif
Lingkup Materi : Bilangan; Aljabar; Geometri dan Pengukuran; Statistika dan Peluang.
Pengetahuan dan Pemahaman
  1.  Mengidentifikasi
  2.  Mendeskripsikan
  3.  Membuat tabulasi
  4.  Menentukan
  5.  Menyebutkan
Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang:
  • operasi bilangan bulat
  • operasi bilangan pecahan
  • perbandingan
  • operasi bilangan berpangkat
  • bilangan bentuk akar
  • pola barisan bilangan
  • barisan dan deret
  • bentuk aljabar
  • persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
  • himpunan
  • relasi atau fungsi
  • persamaan garis lurus
  • sistem persamaan linier dua variabel
  • garis dan sudut
  • segitiga dan segiempat
  • teorema pythagoras
  • lingkaran
  • bangun ruang sisi datar
  • kesebangunan dan kekongruenan
  • bangun ruang sisi lengkung
  • menyajikan dan mendeskripsikan data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, atau lingkaran
  • ukuran pemusatan data
  • titik/ruang sampel dan peluang

Aplikasi
  1.  Mengkonstruksi
  2.  Menyelesaikan masalah
  3.  Menghitung
  4.  Menginterpretasi
  5.  Menerapkan
  6.  Membandingkan
  7.  Memodifikasi
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
  • operasi bilangan bulat
  • operasi bilangan pecahan
  • perbandingan
  • pola barisan bilangan
  • barisan dan deret
  • aritmatika sosial
  • bentuk aljabar
  • persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
  • himpunan
  • relasi atau fungsi
  • persamaan garis lurus
  • sistem persamaan linier dua variabel
  • segitiga dan segiempat
  • teorema Pythagoras
  • lingkaran
  • bangun ruang sisi datar
  • kesebangunan dan kekongruenan
  • bangun ruang sisi lengkung
  • penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, atau lingkaran
  • ukuran pemusatan data
  • titik/ruang sampel dan peluang 
Penalaran
  1.  Menganalisis
  2.  Mengevaluasi
  3.  Mensintesis/Mengkreasi
  4.  Menafsirkan
  5.  Menyimpulkan
  6.  Memprediksi 
Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:
  • bilangan bulat
  • bilangan pecahan
  • perbandingan
  • bentuk aljabar
  • persamaan linear satu variabel
  • segitiga dan segiempat
  • lingkaran
  • bangun ruang sisi datar
  • penyajian data dalam bentuk tabel, diagram
  • pola barisan bilangan
  • barisan dan deret
  • aritmatika sosial
  • himpunan
  • relasi atau fungsi
  • persamaan garis lurus
  • sistem persamaan linear dua variabel
  • kesebangunan dan kekongruenan
  • bangun ruang sisi lengkung
  • garis dan sudut batang, garis, atau lingkaran
  • pemusatan data
  • titik/ruang sampel dan peluang
Uji Coba Online Soal UN/UNBK Matematika
Klik MULAI

Untuk mendapatkan kisi-kisi Ujian Nasional Matematika SMP/MTs Tahun 2019 selengkapnya, silahkan bisa dilihat dan di download melalui tampilan preview berikut ini:


Download Kisi-Kisi Ujian Nasional Matematika SMP/MTs T.P. 2018/2019 Download Kisi-Kisi Ujian Nasional Matematika SMP/MTs T.P. 2018/2019 Reviewed by My Profile on 6:12 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.