Download Kisi-Kisi USBN Prakarya dan KWU (Rekayasa) SMP/MTs Kurikulum 2013 T.P 2018/2019

Bismillah...

Sahabat baiq yang berbahagia. Musim belajar pada tahun pelajaran 2018/2019 akan segera berakhir. Bagi para peserta didik Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) kelas sembilan (IX) tentunya akan dihadapkan pada beberapa tahapan ujian yang harus di ikuti untuk menyelesaikan proses pembelajaran pada jenjang ini. Satu diantaranya adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau lebih dikenal dengan singkatan USBN. Dari tahun ketahun pemerintah tentunya selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas ujian, yang salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas soal yang diujikan pada pelaksanaan baik USBN maupun Ujian Nasional. Untuk itu, ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu kisi-kisi yang akan di ujikan, agar proses belajar yang kita lakukan dapat lebih efektif dan efisien.


Baiklah, kali ini kita akan mempelajari kisi-kisi USBN Prakarya dan PKW (Rekayasa) SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019. Selamat belajar!

Kisi-Kisi USBN Prakarya & PKW (Kerajinan) bisa dodownload disini

A. TEORI
Level Kognitif 
Lingkup Materi :  Alat Penjernih Air Alami dan Buatan; Produk Penghasil Bunyi dan Gerak Bersumber Arus Listrik DC, Produk Rakitan Listrik, Instalasi Listrik; Teknologi Konstruksi
Pengetahuan dan Pemahaman
  1. Mengidentifikasi
  2. Mendeskripsikan
  3. Mengklasifikasi
  4. Menunjukkan
  5. Menjelaskan
  6. Menentukan
  7. Dan lain lain
Peserta didik mempunyai pengetahuan dan pemahaman tentang alat penjernihan air bahan alami dan buatan
 Jenis penjernih air dari bahan alam
  • Bahan dan alat penjernih air dengan bahan alam
  • Prosedur rekayasa yang digunakan sebagai produk sederhana dengan teknologi mekanik.
 Jenis penjernih air dari bahan buatan
  • Bahan dan alat penjernih air dengan bahan buatan
  • Prosedur rekayasa yang digunakan sebagai produk sederhana dengan teknologi mekanik
Peserta didik mempunyai pengetahuan dan pemahaman tentang produk penghasil bunyi dan gerak yang bersumber dari arus listrik searah ( DC) arus bolak balik ( AC):
 Produk penghasil bunyi bersumber arus listrik searah( DC):
  • Sumber listrik DC (searah)
  • Komponen elektronika aktif dan pasif
  • Bahan, material dan alat membuat produk rekayasa penghasil bunyi (Bel Listrik)
 Produk rekayasa penghasil gerak bersumber arus listrik searah (DC):
  • Bahan, material dan alat pembuatan produk rekayasa
  • Membuat perahu mainan dengan sumber arus listrik DC
 Prosedur konstruksi instalasi listrik rumah tinggal
  • Pembuatan papan instalasi listrik menggunakan stop kontak
Peserta didik mempunyai pengetahuan dan pemahaman tentang konsruksi bangunan:
 Bangunan tradisional
  • Bentuk, bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk membuat rumah tradisonal ( adat)
 Bangunan modern
  • Bentuk,bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk membuat rumah modern
  • Pembuatan papan instalasi listrik menggunakan sakelar di rumah tinggal dengan arus listrik arus bolak balik (AC) 24 Volt
Aplikasi
  1. Mengidentifikasi
  2. Mempraktikan
  3. Menentukan
  4. Membuat
  5. Dan lain-lain
Peserta didik mampu mengaplikasikan tentang alat penjernihan air bahan alami dan buatan
 Jenis penjernih air dari bahan alam
  • Bahan dan alat penjernih air dengan bahan alam
  • Prosedur rekayasa yang digunakan sebagai produk sederhana dengan teknologi mekanik.
 Jenis penjernih air dari bahan buatan
  • Bahan dan alat penjernih air dengan bahan buatan
  • Prosedur rekayasa yang digunakan sebagai produk sederhana dengan teknologi mekanik
Peserta didik mengaplikasikan tentang produk penghasil bunyi dan gerak yang bersumber dari arus listrik searah ( DC) arus bolak balik ( AC):
 Produk penghasil bunyi bersumber arus listrik searah( DC):
  • Sumber listrik DC (searah)
  • Komponen elektronika aktif dan pasif
  • Bahan, material dan alat membuat produk rekayasa penghasil bunyi (Bel Listrik)
 Produk rekayasa penghasil gerak bersumber arus listrik searah (DC):
  • Bahan, material dan alat pembuatan produk rekayasa
  • Membuat perahu mainan dengansumber arus listrik DC
 Prosedur konstruksi instalasi listrik rumah tinggal
  • Pembuatan papan instalasi listrik menggunakan stop kontak
  • Pembuatan papan instalasi listrik menggunakan sakelar di rumah tinggal dengan arus listrik arus bolak balik (AC) 24 Volt
Peserta didik mempunyai pengetahuan dan pemahaman tentang konsruksi bangunan:
 Bangunan tradisional
  • Bentuk, bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk membuat rumah tradisonal ( adat)
 Bangunan modern
  • Bentuk,bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk membuat rumah modern
Penalaran
  1. Menginterpretasikan
  2. Mengklarifikasi
  3. Mengekspresikan data
  4. Menunjukan bukti
  5. Menyelesaikan masalah
  6. Dan lain lain
Peserta didik mampu bernalar tentang alat penjernihan air bahan alami dan buatan
 Jenis penjernih air dari bahan alam
  • Bahan dan alat penjernih air dengan bahan buatan
  • Prosedur rekayasa yang digunakan sebagai produk sederhana dengan teknologi mekanik.
 Jenis penjernih air dari bahan buatan
  • Prosedur pembuatan alat penjernih air dengan bahan buatan
  • Bahan, material dan alat bantu yang digunakan sebagai mainan dengan teknologi mekanik
Peserta didik mampu bernalar tentang produk penghasil bunyi dan gerak yang bersumber dari arus listrik searah ( DC) arus bolak balik ( AC):
 Produk penghasil bunyi bersumber arus listrik searah( DC):
  • Sumber listrik DC (searah)
  • Komponen elektronika aktif dan pasif
  • Bahan, material dan alat membuat produk rekayasa penghasil bunyi (Bel Listrik)
 Produk rekayasa penghasil gerak bersumber arus listrik searah (DC):
  • Bahan, material dan alat pembuatan produk rekayasa
  • Membuat perahu mainan dengan sumber arus listrik DC
  • Prosedur konstruksi instalasi listrik rumah tinggal
  • Pembuatan papan instalasi listrik menggunakan stop kontak
  • Pembuatan papan instalasi listrik menggunakan sakelar di rumah tinggal dengan arus listrik arus bolak balik (AC) 24 Volt
Peserta didik mampu bernalar tentang konsruksi bangunan:
 Bangunan tradisional
  • Bentuk, bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk membuat rumah tradisonal ( adat)
 Bangunan modern
  • Bentuk,bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk membuat rumah modern
B. PRAKTIK
Level Psikomotor
Lingkup Materi : Alat Penjernih Air Alami dan Buatan; Produk Penghasil Bunyi dan Gerak; Bersumber Arus Listrik DC serta Produk Rakitan Listrik; Teknologi Konstruksi
Imitasi/ Meniru 
Peserta didik mampu meniru dalam membuat alat penjernihan air bahan alami dan buatan.
 Jenis penjernih air dari bahan alam, Meniru salah satu atau semuanya, dalam hal:
  • Bahan dan alat penjernih air dengan bahan alam
  • Prosedur rekayasa yang digunakan sebagai produk sederhana dengan teknologi mekanik.
 Jenis penjernih air dari bahan buatan
  • Bahan dan alat penjernih air dengan bahan buatan
  • Prosedur rekayasa yang digunakan sebagai produk sederhana dengan teknologi mekanik
Peserta mampu meniru dalam membuat produk penghasil bunyi dan gerak yang bersumber dari arus listrik searah ( DC),arus bolak balik ( AC):
Meniru dalam hal; bentuk cara kerja, prinsip kerja alat, dll.
 Produk penghasil bunyi bersumber arus listrik searah( DC):
  • Sumber listrik DC (searah)
  • Komponen elektronika aktif dan pasif
  • Bahan, material dan alat membuat produk rekayasa penghasil bunyi (Bel Listrik)
 Produk rekayasa penghasil gerak bersumber arus listrik searah (DC):
  • Bahan, material dan alat pembuatan produk rekayasa
  • Membuat perahu mainan dengan sumber arus listrik DC
 Prosedur konstruksi instalasi listrik rumah tinggal
  • Pembuatan papan instalasi listrik menggunakan stop kontak
  • Pembuatan papan instalasi listrik menggunakan sakelar di rumah tinggal dengan arus listrik arus bolak balik (AC) 24 Volt
Peserta didik mampu meniru dalam membuat konstruksi bangunan.
Meniru salah satu atau semuanya, dalam hal:
 Bangunan tradisional
  • Bentuk, bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk membuat rumah tradisonal (adat)
 Bangunan modern
  • Bentuk,bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk membuat rumah modern
Manipulasi
  1. mereparasi,
  2. memperbaiki
Peserta didik mampu memanipulasi dalam membuat alat penjernihan air bahan alami dan buatan
 Jenis penjernih air dari bahan alam
  • Bahan dan alat penjernih air dengan bahan alam
  • Prosedur rekayasa yang digunakan sebagai produk sederhana dengan teknologi mekanik.
 Jenis penjernih air dari bahan buatan
  • Bahan dan alat penjernih air dengan bahan buatan
  • Prosedur rekayasa yang digunakan sebagai produk sederhana dengan teknologi mekanik
Peserta didik mampu memanipulasi dalam membuat produk penghasil bunyi dan gerak yang bersumber dari arus listrik searah (DC) arus bolak balik ( AC):
 Produk penghasil bunyi bersumber arus listrik searah( DC):
  • Sumber listrik DC (searah)
  • Komponen elektronika aktif dan pasif
  • Bahan, material dan alat membuat produk rekayasa penghasil bunyi (BelListrik)
 Produk rekayasa penghasil gerak bersumber arus listrik searah (DC):
  • Bahan, material dan alat pembuatan produk rekayasa
  • Membuat perahu mainan dengan sumber arus listrik DC
 Prosedur konstruksi instalasi listrik rumah tinggal
  • Pembuatan papan instalasi listrik menggunakan stop kontak
  • Pembuatan papan instalasi listrik menggunakan sakelar di rumah tinggal dengan arus listrik arus bolak balik (AC) 24 Volt
Peserta didik mampu memanipulasi dalam membuat konstruksi bangunan:
 Bangunan tradisional
  • Bentuk, bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk membuat rumah tradisonal (adat)
 Bangunan modern
  • Bentuk, bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk membuat rumah modern Presisi
 memproduksi
 mengoperasikan
Peserta didik mampu membuat secara tepat tentang alat penjernihan air bahan alami dan buatan
 Jenis penjernih air dari bahan alam
Peserta didik mampu membuat secara tepat tentang produk penghasil bunyi dan gerak yang bersumber dari arus listrik searah (DC) arus bolak balik ( AC):
Peserta didik membuat secara tepat tentang konstruksi bangunan:
 Bangunan tradisional
  • Bahan dan alat penjernih air dengan bahan alam
  • Prosedur rekayasa yang digunakan sebagai produk sederhana dengan teknologi mekanik.
 Jenis penjernih air dari bahan buatan
  • Bahan dan alat penjernih air dengan bahan buatan
  • Prosedur rekayasa yang digunakan sebagai produk sederhana dengan teknologi mekanik
 Produk penghasil bunyi bersumber arus listrik searah( DC):
  • Sumber listrik DC (searah)
  • Komponen elektronika aktif dan pasif
  • Bahan, material dan alat membuat produk rekayasa penghasil bunyi (Bel Listrik)
 Produk rekayasa penghasil gerak bersumber arus listrik searah (DC):
  • Bahan, material dan alat pembuatan produk rekayasa
  • Membuat perahu mainan dengan sumber arus listrik DC
 Prosedur konstruksi instalasi listrik rumah tinggal
  • Pembuatan papan instalasi listrik menggunakan stop kontak
  • Pembuatan papan instalasi listrik menggunakan sakelar di rumah tinggal dengan arus listrik arus bolak balik (AC) 24 Volt
  • Bentuk, bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk membuat rumah tradisonal (adat)
 Bangunan modern
  • Bentuk,bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk membuat rumah modern
Untuk mendapatkan Kisi-kisi USBN Prayarya dan PKW (Rekayasa) SMP/MTs K-13 Tahun 2019 selengkapnya, silahkan bisa dilihat dan di downoad melalui tampilan preview berikut ini:



Demikian ulasan tentang Kisi-kisi USBN Prakarya dan PKW (Rekayasa) SMP/MTs K-13 Tahun Pelajaran 2018/2019. Terimakasihs udah berkunjung dan semoga bermanfaat.

BACA JUGA:

Download Kisi-Kisi USBN Prakarya dan KWU (Rekayasa) SMP/MTs Kurikulum 2013 T.P 2018/2019 Download Kisi-Kisi USBN Prakarya dan KWU (Rekayasa) SMP/MTs Kurikulum 2013 T.P 2018/2019 Reviewed by My Profile on 7:17 PM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.