Download Kisi-Kisi USBN Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013 T.P. 2018/2019

Bismillah...

Sahabat baiq yang berbahagia. Musim belajar pada tahun pelajaran 2018/2019 akan segera berakhir. Bagi para peserta didik Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) kelas sembilan (IX) tentunya akan dihadapkan pada beberapa tahapan ujian yang harus di ikuti untuk menyelesaikan proses pembelajaran pada jenjang ini. Satu diantaranya adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau lebih dikenal dengan singkatan USBN. Dari tahun ketahun pemerintah tentunya selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas ujian, yang salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas soal yang diujikan pada pelaksanaan baik USBN maupun Ujian Nasional. Untuk itu, ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu kisi-kisi yang akan di ujikan, agar proses belajar yang kita lakukan dapat lebih efektif dan efisien.


Baiklah, kali ini kita akan mempelajari kisi-kisi USBN SMP/MTs Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019. Selamat belajar!.

Level Kognitif 
Lingkup Materi : Membaca Teks Nonsastra, Membaca Teks Sastra, Menulis Teks Nonsastra, Menulis Teks Sastra, Ciri dan Struktur Teks, Kebahasaan dalam Teks
Pengetahuan dan Pemahaman
 Mengidentifikasi
 Menemukan
 Memaknai
Peserta didik dapat
  • menentukan isi tersurat teks nonsastra
  • menentukan makna kata/istilah pada teks nonsastra
  • menentukan isi tersurat dalam teks sastra
  • menentukan makna kata/ ungkapan pada teks sastra
  • melengkapi kata pada bagian teks nonsastra
  • melengkapi kata/ ungkapan pada bagian teks sastra
  • mengidentifikasi ciri umum berbagai teks (ciri judul, ciri struktur)
  • mengidentifikasi bagian struktur teks
  • mengidentifikasi kata dari teks yang dibaca (kata bersinonim, kata baku, kata khusus, kata emotif, kata berantonim)
  • mengidentifikasi kalimat pada teks (kalimat definisi, kalimat perincian, kalimat bermajas)
Aplikasi
 Menyimpulkan
 Mengurutkan
 Melengkapi
 Menyusun
 Mengklasifikasi
Peserta didik dapat
  • menentukan ide pokok
  • menyimpulkan inti bagian teks
  • menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra (tujuan penulis, sikap penulis, sasaran)
  • menyimpulkan isi tersirat dalam teks sastra (tema, sebab konflik, akibat konflik, amanat, latar, nilai)
  • menyimpulkan pertanyaan yang merupakan ringkasan peristiwa
  • membuat judul
  • melengkapi kalimat pada bagian teks nonsastra
  • melengkapi kerangka isi sesuai judul
  • melengkapi paragraf pada teks nonsastra
  • membuat judul
  • melengkapi kalimat/ majas pada bagian teks sastra
  • melengkapi bagian teks sastra
  • melengkapi kerangka isi sesuai tema karya sastra
  • mengisi judul
  • menentukan jenis teks berdasarkan strukturnya
  • merinci struktur teks yang dibaca
  • menyimpulkan persamaan/ perbedaan pola struktur teks
  • mengurutkan teks berdasarkan strukturnya
  • mengelompokkan kesalahan penggunaan kata/ kalimat/ejaan
  • mengurutkan peristiwa sesuai dengan teks sastra yang dibaca
  • mengubah kata kunci menjadi kalimat
  • mengubah diagram/grafik/ tabel menjadi paragraf
  • mengurutkan kerangka isi sesuai judul
  • mengurutkan kalimat-kalimat menjadi teks nonsastra
  • melengkapi kalimat/dialog pada teks sastra
  • melengkapi latar yang sesuai dengan konteks
  • melengkapi dialog yang sesuai dengan konteks
  • melengkapi narasi pengarang
  • mengklasifikasi teks berdasarkan ciri umumnya
  • memperbaiki struktur teks
Penalaran
 Membandingkan
 Mengevaluasi
 Merefleksi
 Menyunting
 Mengubah
 Memvariasikan
 Memetakan
 Mengembangkan
Peserta didik dapat
  • membandingkan isi teks nonsastra
  • memetakan isi teks (mengubah teks menjadi peta konsep yang sesuai isi)
  • menilai isi teks (ketepatan argumen, menilai keakuratan sumber)
  • menunjukkan bukti watak tokoh, latar, nilai dalam teks sastra
  • menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra yang dibaca
  • memvariasikan judul teks
  • memvariasikan bagian teks
  • mengubah teks nonsastra ke bentuk lain
  • membuat kerangka isi teks berdasarkan judul
  • menulis teks berdasarkan kerangka teks dan judul
  • memvariasikan sudut pandang, dialog, watak tokoh, akhir cerita
  • mengubah teks sastra ke bentuk teks lain
  • mengganti kalimat/kata bernilai sastra
  • menilai ketepatan bagian-bagian struktur teks sastra/nonsastra
  • menunjukkan alasan/ bukti kesalahan struktur teks
  • memberi alasan kesalahan penggunaan kata/ kalimat/ ejaan, dan tanda baca
  • memperbaiki kesalahan penggunaan kata/ kalimat/ ejaan, dan tanda baca
Teks yang digunakan:
  • Deskripsi, laporan hasil observasi, prosedur, eksposisi, eksplanasi, ulasan, laporan percobaan, diskusi, biografi, eksemplum, tantangan, surat pribadi dan dinas, berita, iklan, slogan, poster, persuasi, dan cerita inspiratif
  • Cerpen, fabel, puisi rakyat, puisi, dan drama
  • Deskripsi, laporan hasil observasi, prosedur, eksposisi, eksplanasi, ulasan, laporan percobaan, diskusi, biografi, eksemplum, tantangan, surat pribadi dan dinas, berita, iklan, slogan, poster, persuasi, dan cerita inspiratif
  • Cerpen, fabel, puisi rakyat, puisi, dan drama
  • Deskripsi, laporan hasil observasi, prosedur, eksposisi, eksplanasi, ulasan, laporan percobaan, diskusi, biografi, eksemplum, tantangan, surat pribadi dan dinas, berita, iklan, slogan, poster, persuasi, dan cerita inspiratif, cerpen, fabel, puisi rakyat, puisi, dan drama
  • Deskripsi, laporan hasil observasi, prosedur, eksposisi, eksplanasi, ulasan, laporan percobaan, diskusi, biografi, eksemplum, tantangan, surat pribadi dan dinas, berita, iklan, slogan, poster, persuasi, dan cerita inspiratif, cerpen, fabel, puisi rakyat, puisi, dan drama
Untuk Kisi-kisi USBN B. Indonesia SMP/MTs Tahun 2019 selengkapnya, silahkan bisa di lihat dan di download melalui tampilan preview berikut ini:






Download Kisi-Kisi USBN Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013 T.P. 2018/2019 Download Kisi-Kisi USBN Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013 T.P. 2018/2019 Reviewed by My Profile on 6:59 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.