Rangkuman Materi IPS SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 tentang PASAR

Bismillah

Rangkuman Materi IPS SMP/MTs Kelas 7 tentaang Pasar. Selamat dan semangat belajar selalu.

PASAR

Rangkuman Materi IPS Kelas 7 tentang PASAR


1. Pengertian Pasar

Pasar adalah tempat pertemuan antara pejual dan pembeli baik secara langsung maupun tidak

Syarat Pasar
  • Adanya Penjual
  • Adanya Pembeli
  • Tersedianya Barang yang diperjual belikan
  • Terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli.

2. Fungsi Pasar

a. Fungsi distribusi
Pasar sebagai tempat untuk menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen
b. Fungsi pembentukan harga
Pasar sebagai tempat terjadinya proses tawar menawar sehingga terbentuk harga
c. Fungsi Promosi
Pasar sebagai tempat untuk memperkenalkan hasil produksi kepada konsumen
d. Fungsi penyerapan tenaga kerja
Pasar menjadi tempat bagi orang untuk mencari pekerjaan

3. Jenis Pasar

a) Pasar Tradisional
Pasar Tradisional adalah sebuah tempat bertemunya penjual dan pembeli secara langsung yang melakukan sebuah transaksi jual-beli. Harga barang yang tergolong murah, bisa tawar-menawar, dan jenis barangnya bervariatif, membuat masih banyak masyarakat membeli kebutuhan sehari-harinya di pasar tradisional.
b) Pasar modern 
adalah salah satu jenis pasar yang mana produknya bisa dijual dengan harga pas, sehingga di dalamnya tidak akan ada kegiatan tawar menawar pada harga barang antara pihak penjual dan juga pihak pembeli.

Jenis Pasar Menurut  Wujud
1) Pasar Kongkret 
Pasar di mana barang yang diperjualbelikan benar-benar ada, penjual dan pembeli bertemu langsung.
Cirinya : Transaksi langsung, barang dapat dibawa saat itu juga, barang yang diperjualbelikan ada.
2) Pasar Abstrak
Pasar melalui interaksi media  secara tidak langsung antara penjual dan pembeli.
Cirinya : 
  1. Penjual dan pembeli berada di tempat yang berbeda
  2. Transaksi dilandasi oleh rasa saling percaya
  3. Barang yang diperjualbelikan tidak tersedia, hanya contoh saja
  4. Transaski dilakukan dalam partai besar
  5. Penyerahan barang ada tenggang waktu
Jenis Pasar Menurut Luas Jangkauan
1) Pasar Lokal
Pasar lokal adalah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu kota/daerah  tempat produk itu dihasilkan. Contoh pasar geplak di Bantul dan pasar jenang ayu di Klaten
2) Pasar Nasional
Pasar Nasional adalah suatu pasar sebagai pertemuan antara penjual dengan pembeli dari berbagai daerah atau wilayah dalam satu negara, contoh pasar nasional adalah pasar cengkih di Manado, pasar kakao di Makassar, pasar tembakau di Sumatra 
3) Pasar Internasional
Pasar internasional adalah pasar yang membeli dan menjual produk dari beberapa negara. Bisa juga dikatakan luas jangkauannya di seluruh dunia. Contoh pasar Wol di Sidney dan pasar kopi di Santos Brazil
4) Pasar Regional 
Pasar yang daerah pemasarannya meliputi beberapa negara kawasan tertentu seperti ASEAN adanya AFTA (ASEAN Free Trade Area)

Jenis Pasar Menurut Barang yang Diperjualbelikan
1) Pasar Barang Komsumsi
Pasar barang komsumsi adalah pasar yang menjual barang-barang yang dapat langsung dipakai untuk kebutuhan rumah tangga.
2) Pasar Barang Produksi
Pasar barang produksi adalah pasar yang memperjualbelikan faktor-faktor produksi. Dalam pasar ini diperjualbelikan sumber daya produksi. Misalnya, pasar mesin-mesin, pasar tenaga kerja, dan pasar uang.

Jenis Pasar Menurut Waktu Penyelenggaraan
1) Pasar Harian
Pasar harian adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan tiap hari. Pasar harian ini umumnya terdapat di kota-kota.
2) Pasar Mingguan
Pasar mingguan adalah pasar yang kegiatan jual belinya hanya satu kali dalam seminggu. Pasar mingguan ini terdapat di daerah-daerah pedesaan.
3) Pasar Bulanan
Pasar bulanan adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan setiap sebulan sekali.
4) Pasar Tahunan
Pasar tahunan adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan setiap setahun sekali. Contoh Pekan Raya Jakarta
5) Pasar Temporer
Pasar temporer adalah pasar yang diselenggarakan organisasi/instansi pada acara tertentu, atau diadakannya hanya sewaktu-waktu (tidak tetap)

Jenis Pasar Menurut Organisasi/Strukturnya
1) Pasar Persaingan Sempurna (Perfect  Competition Market)
Dalam pasar persaingan sempurna terdapat banyak penjual atau pembeli .Barang yang diprjualbelikan dalam pasar persaingan sempurna homogen (sejenis). Contoh: Pasar sayur mayur dan buah-buahan
2) Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Dalam pasar persaingan tidak sempurna, para penjual maupun pembeli mempunyai kebebasan dalam menentukan harga dan jumlah barang yang akan diperjualbelikan

Hamban-hambatan pada pasar monopoli :
  1. Penetapan harga serendah mungkin
  2. Adanya kepemilikan terhadap hak paten atau hak cipta dan hak ekslusif
  3. Pengawasan yang ketat terhadap agen pemasaran dan distributor
  4. Adanya skala ekonomis yang sangat besar
  5. Mempunyai sumberdaya yang unik
Penyebab timbulya monopoli:
  1. Ditetapkan oleh Pemerintah melalui undang-undang
  2. Penggabungan dari berbagai perusahaan
  3. Adanya hak cipta atau hak paten atas hasil karya seseorang yang diberikan kepada suatu perusahaan.
Pasar Duopoli
Yaitu pasar dimana penawaran suatu barang dikuasai oleh dua perusahaan 
Ciri-cirinya :
  1. Terdapat dua penjual dan banyak pembeli
  2. Harga ditentukan secara sepihak oleh kedua penjual baik dengan kesepakatan atau tidak
Pasar oligopoli 
Pasar di mana beberapa perusahaan menguasai penawaran satu jenis barang
Ciri-ciri pasar oligopoli
  1. Banyak pembeli di pasar
  2. Hanya ada beberapa penjual
  3. Produk yang dijual hanya bersifat homogen dan bisa juga berbeda namun memenuhi standar mutu
  4. Terdapat hambatan untuk memasuki pasar bagi perusahaan baru
  5. Adanya saling ketergantungan
  6. Penggunaan iklan sangat intensif
Pasar monopsoni 
adalah pasar yang dikuasai oleh seseorang pembeli untuk suatu jenis barang dan jasa
Pasar persaingan monopolistis
Dalam pasar ini terdapat banyak penjual dan pembeli. Penjual bisa melakukan monopoli karena keistimewaan produk masing-masing. Pembeli bebas menentukan pilihannya dalam berbelanja. Jadi, pasar ini ada unsur persaingan dan monopoli.
Pasar oligoponi dan oligopsoni 
Adapun Oligopsoni merupakan jenis pasar yang hanya ada beberapa pembeli.

Demikian Rangkuman Materi IPS SMP/MTs Kelass 7 K13 yang membahas tentang PASAR, terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.





Rangkuman Materi IPS SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 tentang PASAR Rangkuman Materi IPS SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 tentang PASAR Reviewed by My Profile on 6:32 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.