Download Kisi- Kisi PAS PAI SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013 Tahun 2018

Bismillah.

Sahabat baiq yang berbahagia. Sebentar lagi Penilaian Akhir Semester untuk adik-adik Sekolah menengah pertama maupun Madrasah Tsanawiyah akan segera di mulai. Untuk mempersiapkan Penilaian Akhir Semester (PAS) agar dapat meraih nilai dan prestasi yang lebih baik, maka ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu kisi-kisinya agar proses belajar yang dilakukan bisa lebih efektif dan efisien.


Berikut ini adalah kisi-kisi PAS untuk Mata Pelajaran PAI tingkat SMP/MTs kelas 7 semester ganjil Kurikulum 2013 T.P. 2018/2019.

INDIKATOR SOAL
  1. Disajikan Q.S. ar-Rahman /55: 33 peserta didik dapat menyimpulkan kandungan ayat, menjelaskan hukum bacaan kalimat yang digaris bawahi beserta alasannya dengan tepat.
  2. Disajikan Q.S. al-Mujadilah /58: 11, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum bacaan kalimat yang digaris bawahi dengan tepat.
  3. Disajikan potongan Q.S. al-Mujadilah: 33, peserta didik dapat mengartikan potongan ayat tersebut dengan tepat.
  4. Disajikan potongan Q.S. al-Mujadilah: 33, peserta didik dapat menyebutkan kandungan ayat tersebut dengan benar.
  5. Disajikan potongan Q.S. al-Mujadilah /58: 11, peserta didik dapat melengkapi potongann ayat tersebut dengan benar.
  6. Disajikan potongan Q.S. ar-Rahman /55: 33 peserta didik dapat mengartikan potongan ayat tersebut dengan benar.
  7. Disajikan potongan lafadz Q.S. al-Mujadilah /58: 11. Peserta didik dapat menyebutkan hukum bacaan pada potongan lafadz tersebut dengan benar.
  8. Disajikan potongan arti hadits kewajiban menuntut ilmu, peserta didik dapat menentukan bunyi hadits yang sesuai dengan potongan arti hadits tersebut dengan benar.
  9. Disajikan potongan Q.S. ar-Rahman /55: 33, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum bacaan kalimat yang digaris bawahi dengan tepat.
  10. Disajikan  tabel  tentang nama-nama dan arti asmaul husna,  peserta didik dapat menentukan pasangan asmaul husna dan artinya dengan tepat.
  11. Disajikan dalil yang mencerminkan keteladanan asmaul husna, Peserta didik dapat membuat contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan dari asmaulhusna dengan benar.
  12. Ditampilkan ilustrasi contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan dari asmaul husna, peserta didik dapat menyebutkan nama sifat asmaulhusna dari perilaku tersebut dengan benar.
  13. Disajikan bentuk-bentuk pengamalan dari keyakian terhadap asmaul husna, Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap asmaulhusna tersebut dengan tepat.
  14. Ditampilkan ilustrasi contoh fenomena alam sebagai bukti bahwa Allah SWT memiliki sifat asmaul husna, peserta didik dapat menyebutkan nama sifat asmaulhusna dari fenomena alam tersebut dengan benar.
  15. Ditampilkan ilustrasi contoh makna yang mencerminkan salah satu sifat dari asmaul husna, peserta didik dapat menyebutkan  sifat asmaulhusna dari makna tersebut dengan benar.
  16. Disajikan potongan ayat yang berkaitan dengan asmaul husna, peserta didik dapat menjelaskan arti dari potongan ayat tersebut dengan tepat.
  17. Disajikan beberapa perilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukan contoh prilaku jujur, amanah, atau istiqamah dengan benar.
  18. Disajikan kutipan ayat yang menjadi dasar dalam berperilaku jujur, amanah, atau istiqomah, peserta didik dapat menyebutkan dasar perilaku dari kutipan ayat tersebut dengan benar.
  19. Disajikan beberapa contoh hikmah dari perilaku (jujur & amanah) dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan hikmah dari perilaku tersebut dengan benar.
  20. Disajikan ilustrasi contoh perilaku terpuji (jujur, amanah atau istiqomah), peserta didik dapat menyebutkan perilaku terpuji dari ilustrasi tersebut dengan tepat.
  21. Disajikan beberapa contoh yang tidak termasuk perilaku jujur, amanah atau istiqomah, peserta didik dapat mengindentifikasi contoh yang tidak termasuk perilaku tersebut dengan tepat.
  22. Disajikan ayat Al Quran yang berkaitan dengan perilaku terpuji (jujur, amanah atau istiqomah), Peserta didik  mampu menyimpulkan isi kandungan ayat tersebut dengan benar.
  23. Disajikan beberapa pernyataan macam-macam bentuk amanah, peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk amanah tersebut dengan tepat.
  24. Disajikan beberapa pernyataan berkaitan dengan tatacara mandi wajib, peserta didik dapat mengelompokkan hal-hal yang disunnahkan dalam mandi wajib dengan benar.
  25. Disajikan contoh ilustrasi yang berkaitan dengan najis, peserta didik dapat menjelaskan tata cara membersihkan najis tersebut dengan benar.
  26. Disajikan contoh ilustrasi yang berkaitan dengan hadas, peserta didik dapat menjelaskan tata cara bersuci dari hadas tersebut dengan benar.
  27. Disajikan contoh ilustrasi peristiwa yang terjadi dari salah satu jenis hadas, peserta didik dapat menyebutkan jenis hadas dari ilustrasi tersebut dengan benar.
  28. Disajikan contoh ilustrasi peristiwa yang terjadi dari salah satu jenis najis, peserta didik dapat menyebutkan jenis najis dari ilustrasi tersebut dengan benar.
  29. Disajikan beberapa pernyataan berkaitan dengan hal-hal yang diperbolehkan bagi perempuan yang sedang haid, peserta didik dapat mengelompokkan hal-hal yang diperbolehkan tersebut dengan benar.
  30. Disajikan lafal niat bersuci dari hadas, peserta didik dapat menunjukkan niat menghilangkan hadas kecil dengan tepat.
  31. Disajikan lafal niat bersuci dari hadas, peserta didik dapat menyebutkan tata cara bersuci dari hadas tersebut dengan benar.
  32. Disajikan beberapa pernyataan syarat menjadi imam atau makmum, peserta didik dapat mengidentifikasi syarat menjadi imam atau makmum dengan tepat.
  33. Disajikan salah satu hadis yang mencerminkan salat berjamaah, peserta didik dapat menyebutkan syarat sah salat berjamaah dengan benar.
  34. Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan orang yang tepat menjadi imam salat dengan benar.
  35. Disajikan ilustrasi contoh makmum masbuk, peserta didik dapat menjelaskan hal yang harus dilakukan oleh makmum masbuk tersebut dengan benar.
  36. Disajikan hadis tentang salat berjamaah, peserta didik dapat menyebutkan pahala salat berjamaah dengan tepat.
  37. Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat mengelompokan hal-hal alasan diperbolehkan melakukan salat secara munfarid dengan benar.
  38. Disajikan contoh ilustrasi beberapa orang yang sedang melaksanakan salat berjamaah, peserta didik dapat menunjukan posisi masing-masing orang tersebut dengan tepat.
  39. Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan keutamaan salat berjamaah dengan benar.
  40. Disajikan deskripsi salah satu peristiwa yang dialami Rasulullah SAW ketika dakwah di Mekkah, peserta didik dapat menentukan strategi dakwah yang patut diteladani untuk masa sekarang dengan benar.
  41. Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan pernyataan yang bukan penyebab keberhasilan usaha dagang Nabi Muhammad saw dengan tepat.
  42. Disajikan QS. al-‘Alaq/96: 1-5, peserta didik dapat mengidentifikasi sebab turunya ayat tersebut dengan tepat.
  43. Disajikan peristiwa kelahiran Nabi Muhammad saw, peserta didik dapat menyebutkan salah satu kronologi masa kelahiran Nabi Muhammad saw dengan benar.
  44. Disajikan beberapa orang sahabat Nabi Muhammad saw, peserta didik dapat menyebutkan orang-orang yang termasuk As-Sabiqun al-Awwalun dengan benar.
  45. Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan sikap yang tidak dimiliki oleh Nabi Muhammad saw dengan benar.
Untuk mendapatkan kisi-kisi PAS PAI SMP Kelas 7 Semester 1 selengkapnya, silahkan bisa di lihat dan di download melalui tampilan preview berikut ini:



Anda juga bisa mengunduh kisi-kisi PAS PAI di SINI.


Download Kisi- Kisi PAS PAI SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013 Tahun 2018 Download Kisi- Kisi PAS PAI SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013 Tahun 2018 Reviewed by My Profile on 5:57 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.