Download Kisi-kisi PAS/UAS IPS MTs/SMP Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 TP. 2018/2019

Bismillah.

Sahabat baiq yang berbahagia. Sebentar lagi Penilaian Akhir Semester untuk adik-adik Sekolah menengah pertama maupun Madrasah Tsanawiyah akan segera di mulai. Untuk mempersiapkan Penilaian Akhir Semester (PAS) agar dapat meraih nilai dan prestasi yang lebih baik, maka ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu kisi-kisinya agar proses belajar yang dilakukan bisa lebih efektif dan efisien.


Berikut ini adalah kisi-kisi PAS untuk Mata Pelajaran IPS tingkat MTs/SMP kelas 8 semester ganjil Kurikulum 2013 T.P. 2018/2019.

Kompetensi Dasar
3.1  Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.
3.2  Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.

Kisi-Kisi Materi PAS IPS MTs/SMP Kelas 8 K-13
  • Negara-negara kawasan Asia Tenggara (ASEAN)
  • Kondisi geografis kawasan ASEAN.
  • Perkembangan ASEAN dan peran Indonesia.
  • Mobilitas Sosial
  • Pluralitas masyarakat Indonesia..
  • Konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial.
Indikator
  1. Peserta didik dapat mengidentifikasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang mempelopori berdirinya ASEAN.
  2. Peserta didik dapat mengidentifikasi negara anggota ASEAN yang tidak memiliki potensi sumber daya alam kemaritiman/laut.
  3. Disajikan sebuah tabel, peserta didik dapat mengidentifikasi negara-negara yang masuk ke dalam wilayah semenanjung Asia Tenggara.
  4. Disajikan sebuah peta Asia Tenggara, peserta didik dapat menunjukan negara di Asia Tenggara yang tidak pernah mengalami penjajahan oleh bangsa barat.
  5. Berdasarkan letak astronomis Asia Tenggara, peserta didik dapat mengidentifikasi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki iklim subtropis. 
  6. Peserta didik dapat menjelaskan latar belakang berdirinya organisasi regional di kawasan Asia Tenggara.
  7. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk kerja sama antar negara-negara di Asia Tenggara dalam bidang politik dan keamanan. (HOTS)
  8. Peserta didik dapat menyebutkan istilah kesepakatan pasar tunggal di kawasan ASEAN dalam rangka memperluas area perdagangan dan peningkatan kesejahteraan negara-negara anggota ASEAN.
  9. Disajikan sebuah peta, Peserta didik dapat menunjukan negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki kekayaan minyak bumi dan gas alam yang berlimpah dan memberikan sumbangan pendapatan terbesar bagi negaranya. 
  10. Peserta didik dapat mengidentifikasi negara anggota ASEAN yang memiliki garis pantai terpanjang di Asia Tenggara. 
  11. dst.
Untuk mendapatkan kisi-kisi PAS IPS MTs/SMP Kelas 8 Semester 1 selengkapnya, silahkan bisa di lihat dan di download melalui tampilan preview berikut ini:



Anda juga bisa mengunduh kisi-kisi IPS kelas 8 di SINI.



Download Kisi-kisi PAS/UAS IPS MTs/SMP Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 TP. 2018/2019 Download Kisi-kisi PAS/UAS IPS MTs/SMP Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 TP. 2018/2019 Reviewed by My Profile on 2:15 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.