Download Contoh Proposal PTK TIK SMP Kelas IX Materi Internet

Bismillah...
Sahabat baiq yang berbahagia. Pada postingan kali ini, saya akan mengulas dan berbagi tentang Contoh Proposal PTK TIK SMP Kelas IX (Sembilan) Materi Internet, yang mudah-mudahan bisa menjadi salah satu alternatif contoh PTK bagi bapak/ibu Guru yang mengajar mapel TIK.

PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS

JUDUL:
“UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PENGUASAAN MATERI INTERNET DENGAN METODE PRESENTASI KELOMPOK MENGGUNAKAN SLIDE POWER POINT PADA  SISWA KELAS IX.1 SEMESTER 1 TAHUN 2019/2020 SMPN 1 PARUNGPANJANG”

A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Pendidikan pada dasarnya suatu proses untuk membantu manusia dalam mengembangkan dirinya, sehingga mampu menghadapi segala perubahan dan permasalahan dengan sikap terbuka serta pendekatan-pendekatan yang kreatif tanpa harus kehilangan identitas dirinya. Sekolah merupakan bagian dari sistem pendidikan formal yang mempunyai aturan-aturan jelas atau lebih dikenal dengan Silabus Pembelajaran sebagai acuan proses pembelajaran dan guru sebagai fasilisator yang berperan dalam keberhasilan seorang siswa, sehingga guru harus tepat dalam memilih model, metode, dan media pembelajaran yang akan digunakan.
Pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) jenjang SMP kelas IX (Sembilan), materi yang diajarkan membahas tentang materi internet yang bersifat teoritis. Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada proses pembelajaran yang bersifat teori adalah peserta didik seringkali cepat merasa jenuh. Hal ini terjadi karena penyajian materi yang disampaikan masih dilakukan secara klasikal dan biasanya berbasis atau terpusat pada guru atau dikenal dengan istilah teacher center learning. Dampak yang terjadi dari hal tersebut adalah motivasi peserta didik untuk dapat menerima pelajaran jadi menurun sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik tidak sesuai dengan yang diharapkan. 
Di SMP Negeri 1 Parungpanjang, terdapat beberapa kendala sosial, psikologis dan teknis yang dialami oleh para peserta didik, diantaranya adalah:
1. Lingkungan masyarakat yang mempunyai ekonomi menengah ke bawah.
2. Kondisi psikologis peserta didik yang merasa takut untuk mencoba, dan merasa rendah diri.
3. Metode Pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih dilakukan secara konvensional 
4. Peserta didik merasa kesulitan menerima materi internet yang bersifat teoritis yang disampaikan secara konvensional.
Hal ini pula yang menyebabkan adanya ketidaktercapaian hasil belajar dengan jumlah pencapaian KKM kurang dari 75. Dengan latar belakang masalah di atas penulis berkeyakinan bahwa salah satu pendekatan pembelajaran yang diduga mampu mewujudkan situasi pembelajaran yang kondusif, aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan adalah pendekatan dengan metode presentasi audio/visual. Menurut Sudjana (1989) yang termasuk dalam komponen pembelajaran adalah “tujuan, bahan, metode dan alat serta penilaian“. Dengan menggunakan Media pembelajaran Presentasi Power Point, akan merangsang peserta didik untuk lebih mudah memahami materi pembelajaran.

2. Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah di atas maka dapat diidentifikasikan masalahnya sebagai berikut:
  1. a) Rendahnya motivasi belajar siswa
  2. b) Keberanian siswa untuk menyampaikan pendapat masih sangat rendah
  3. c) Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran masih sangat kurang
  4. d) Penyampaikan materi yang dilakukan masih bersifat klasikal, yang menyebabkan peserta didik mudah jenuh
  5. e) Rendahnya hasil belajar siswa, yang terlihat dari banyaknya peserta didik yang belum mencapai KKM saat dilakukan evaluasi ulangan harian pada mata pelajaran TIK Kelas IX.1.
3. Pembatasan Masalah
Dari uraian identifikasi masalah yang telah disebutkan, maka   masalah yang akan di teliti agar tidak melebar kepada masalah lain dan mengingat keterbatasan waktu, maka penelitian ini difokuskan pada upaya meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap penguasaan materi tentang definisi internet, dampak positif dan dampak negatif serta istilah-istilah dalam internet pada  siswa kelas IX.1 semester 1 tahun 2019/2020 SMPN 1 parungpanjang.

4. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, identifikasi masalah dan pembatasan masalah di atas, maka dapat dibuat rumusan masalah sebagai berikut:
Bagaimana meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran TIK kelas IX. 1 SMP Negeri 1 Parungpanjang?



Demikian ulasan tentang Contoh Laporan PTK TIK SMP Kelas 9 (Sembilan) materi Internet. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Baca Juga:


Download Contoh Proposal PTK TIK SMP Kelas IX Materi Internet Download Contoh Proposal PTK TIK SMP Kelas IX Materi Internet Reviewed by My Profile on 8:10 PM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.