Download Bahan Ajar Sistem Bilangan Biner dan Desimal

Bismillah....

Sahabat baiq yang berbahagia.
Untuk memudahkan proses pembelajaran di kelas, diperlukan sebuah bahan ajar yang dapat menunjang kegiatan tersebut. Oleh karena itu Guru harus dapat mempersiapkan bahan ajar yang dapat menunjang proses belajar dan mengajar di kelas sehingga peserta didik dapat dengan mudah mempelajari materi yang diajarkan.

Berikut ini adalah materi tentang Sistem Bilangan Biner dan Desimal yang dapat dipelajari, mudah-mudahan dapat membantu menguatkan materi yang dipelajari oleh peserta didik. Selain itu di bawah pembahasan ini juga saya sediakan link unduh Bahan Ajar Sistem Bilangan agar bahan ajar ini dapat di dipelajari dan atau di cetak kedalam media kertas. Selamat belajar!

BAHAN AJAR 
SISTEM BILANGAN

Tujuan Pembelajaran
Dengan selesainya mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan konsep bilangan decimal
2. Menjelaskan konsep bilangan biner
3. Menjelaskan konsep bilangan octal
4. Menjelaskan konsep bilangan hexa desimal
5. Mengkonversi bilangan decimal, biner, octal dan hexa desimal

A. DEFINISI
System bilangan (number system) adalah  suatu cara untuk mewakili besaran dari suatu item fisik. Sistem bilangan yang banyak dipergunakan oleh manusia adalah system biilangan desimal, yaitu sisitem bilangan yang menggunakan 10 macam symbol untuk mewakili suatu besaran. Sistem ini banyak digunakan karena manusia mempunyai sepuluh jari untuk dapat membantu perhitungan. Lain halnya dengan komputer, logika di komputer diwakili oleh bentuk elemen dua keadaan yaitu off (tidak ada arus) dan on (ada arus). Konsep inilah yang dipakai dalam sistem bilangan binary yang mempunyai dua macam nilai  untuk mewakili suatu besaran nilai. Selain system bilangan biner, komputer juga menggunakan system bilangan octal dan hexadesimal.

B. SISTEM BILANGAN PADA KOMPUTER
1. Sistem  Desimal (Dinari)
Pada sistem desimal ( lat. decum =10 ), seperti telah kita ketahui bersama bahwa sistem ini berbasis 10 dan mempunyai 10 simbol yaitu dari angka 0 hingga 9. Setiap tempat mempunyai nilai  kelipatan dari 10 0, 10 1, 10 2, dst . Penulisan bilangan terbagi dalam beberapa tempat dan banyaknya tempat tergantung dari besarnya bilangan. Setiap tempat mempunyai besaran tertentu yang harga masing-masing tempat secara urut  dimulai dari kanan  disebut satuan, ratusan, ribuan dll.
Contoh:
Sistem bilangan biner
















2. Sistem  Biner
Sistem  Biner ( lat. Dual ) atau “duo” yang berarti 2, banyak dipakai untuk sinyal elektronik  dan pemrosesan data. Kekhususan sistem biner untuk elektronik  yaitu bahwa sistem biner hanya mempunyai 2 simbol yang berbeda, sehingga pada sistem ini hanya dikenal  angka “ 0“ dan angka “1“. 
Contoh:
Setiap tempat pada bilangan biner mempunyai kelipatan 20, 21, 22, 23 dst. yang dihitung dari kanan kekiri. Selanjutnya kita juga dapat merubah bilangan desimal ke bilangan biner atau sebaliknya dari bilangan biner ke bilangan desimal.
Untuk melihat dan mengunduh bahan ajar sistem bilangan biner dan desimal ini, silahkan bisa di lihat dan di download melalui tampilan berikut ini:



Demikian ulasan tentang Bahan Ajar Sistem Bilangan SMK Kelas 10 K13. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Untuk mendapatkan filenya bisa juga download DISINI.

Baca Juga :
Download Bahan Ajar Sistem Bilangan Biner dan Desimal Download Bahan Ajar Sistem Bilangan Biner dan Desimal Reviewed by My Profile on 11:30 PM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.