Untuk Para Guru, Selamat Hari Jadimu

Setiap Tanggal 25 November merupakan hari yang sangat istimewa bagi seluruh guru di Indonesia.  Karena pada tanggal tersebut para guru di Indonesia khususnya, bersukacita merayakan  HUT PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) yang telah didirikan pada 74 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 25 November 1945.
Selamat Hari Guru
Tentunya ada banyak harapan yang ingin diwujudkan dihari ulang tahunnya yang sudah tak lagi muda ini. Diantara kesemrawutan birokrasi, administrasi dan bla...bla..bla lainnya, tentunya guru selalu menginginkan harapan yang lebih baik lagi dari hari kehari, dari minggu keminggu, dari bulan kebulan dan dari tahun ke tahun yang sudah dilaluinya.

Julukan guru tentunya bukan hanya untuk mereka yang setiap hari memiliki rutinitas ke sekolah, mengajar, mengurus administrasi, dan berseragam formal seperti bapak Umar Bakri. Sejatinya guru adalah mereka-mereka yang telah mengajarkan suatu kebaikan kepada kita, tentang apapun, meski hanya mengajarkan bagaimana cara makan dan minum yang baik atau bagaimana cara memberikan senyuman yang tulus. Dan yang terpenting kita mampu menjalankan ajarannya hingga kita menjadi lebih baik dari ajaran yang telah diberikan olehnya.

Tuntutan yang terbaik bagi seorang guru adalah, menuntut dirinya untuk bisa lebih baik dari hari kehari, dalam hal memberi, memberi ilmu, memberi pengajaran, memberi pendidikan, yang dimulai dari memberi keteladanan dari dirinya.
Yaaa.... memang tak ada guru yang sempurna, namun guru bisa menjadi lebih baik, melalui proses dari hari-hari yang telah dia lalui, mulai dari melihat “keunikan” masing-masing peserta didik, dan melihat kenyataan kehidupanya yang belum bisa lebih baik (#edisi_curat). Tentunya hal demikian yang akan meningkatkan ilmu SABAR dari seorang guru.


SELAMAT HARI GURU


Siapa guru favoritmu?
Tentunya setiap kita punya guru favorit, guru teladan, guru dambaan, guru idaman dalam hatinya. Dan kita selalu berupaya untuk mencontoh keteladanan yang bisa kita ambil darinya. Meskipun memfavoritkan seorang guru bisa dengan berbagai alasan. Yang pasti guru terbaik adalah guru yang TEGA, TEGA meluangkan waktu lebih banyak dikala dia butuh waktu istirahat, guru terbaik adalah yang PEMARAH, yang MARAH pada dirinya jika kebodohan murid-muridnya tak bisa ia gantikan dengan  kepandaian, dan guru terbaik adalah guru yang selalu SEDIH,  SEDIH jika dirinya belum bisa menjadi guru teladan untuk murid-muridnya.
Selamat Hari Guru, dan perlu kita ingat juga bahwa IBU adalah GURU PERTAMA kita, bahkan orang-orang yang sekarang berperan sebagai guru terlahir berkat jasanya, terimakasih IBU, terimakasih GURU. Selamat Hari Guru.... 

Untuk Para Guru, Selamat Hari Jadimu Untuk Para Guru, Selamat Hari Jadimu Reviewed by My Profile on 7:59 PM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.