Latihan Soal Himpunan dan Diagram Venn

Bismillah...

Belajar adalah salah satu cara mentransfer ilmu, dari seseorang, sesuatu atau dari apapun yang didalamnya ada ilmu-ilmu kebaikan untuk bisa kita dapatkan darinya. Belajar bisa dengan berbagai cara entah itu dengan cara membaca buku-buku yang mengandung banyak ilmu pelajaran, melihat orang mempragakan sesuatu yang bermanfaat dan mengandung ilmu yang bisa kita dapatkan, maupun mendengarkan orang-orang yang menyampaikan ilmunya sehingga wawasan dan pengetahuan kita bertambah. 
Belajar yang baik itu bukan dengan membaca buku sebanyak-banyaknya hingga kepala kita jadi pusing, namun sesering mungkin kita bisa mengulangi membaca buku-buku tersebut hingga benar-benar kita dapat memahaminya. Belajar yang baik bukan juga hanya melihat orang mempragakan sesuatu terkait proses pembelajaran, namun seberapa besar kemauan kita untuk mencoba  mempraktikkannya sendiri, sehingga kita dapat melakukannya sesuai dengan yang dicontohkan. Belajar yang baik itu bukan juga hanya dengan mendengarkan materi-materi pelajaran yang disampaikan, namun seberapa besar kreatifitas dan inisiatif kita untuk mau mencatat lalu mencoba mengulanginya kembali dengan intensitas waktu yang sesering mungkin. 
Kemampuan yang didapat dalam memahami sebuah materi pelajaran berbanding lurus dengan intensitas usaha kita untuk mengulang dan mempraktikkan ilmu-ilmu yang sudah didapatkan berulang kali. Belum bisa, coba lagi, belum bisa juga, coba lagi, masih belum bisa, coba lagi...terus dan terus.... sampai kapan.....hingga kebodohan itu benar-benar hilang.

Himpunan dan Diagram Venn

Belajar matematika tak bisa hanya dengan membaca buku-buku matematika yang dipenuhi dengan teori dan rumus-rumus saja, namun juga harus dengan cara berlatih soal-soal yang berkaitan dengan teori dan rumus-rumus yang di jelaskan dalam buku tersebut. Berlatih memahami soal tak cukup hanya dengan membaca soal-soal tersebut, tanpa kita juga kita harus berusaha mencoba mencari penyelesaian dari soal tersebut. Mencoba menyelesaikan soal-soal latihan dalam matematika, tak bisa hanya dengan memikiran dan memperkirakan, maka mencatat uraian pembahasan adalah salah satu cara terbaik. 
Jadi ketika kita bertemu dengan soal-soal matematika, ambil kertas, ambil pulpen, lalu coba catatkan uraian pembahasannya tahap demi tahap secara terperinci. Ketika kita sudah terbiasa dengan hal tersebut, maka suatu saat nanti dengan sendirinya kita sudah tak lagi butuh kertas dan pulpen untuk menyelesaikan soal-soal tersebut.

Baiklah, gak pake panjang dan lebar lagi, karena kita tidak sedang membahas tentang persegi panjang, berikut ini beberapa contoh soal matematika tentang materi himpunan dan diagram Venn yang bisa coba dipelajari dan dipahami. Soal tentang himpunan dan diagram Venn serta  pembahasannya ini, sengaja saya buat untuk membantu memudahkan memahami, berbagai macam jenis soal, sehingga ketika bertemu dengan type soal yang sama, maka kita sudah dapat menyelesaikannya dengan mudah. 
Soal-soal berikut terkait dengan materi Himpunan dan diagram venn, bagi yang belum sempat mempelajari materi himpunan dan diagram Venn, silahkan bisa dipelajari terlebih dahulu materinya disini:


Setelah benar-benar memahami materi tentang Himpunan dan Diagram Venn, mari kita coba pahami beberapa contoh soal tentang Himpunan dan Diagram Venn beserta dengan pembahasannya, untuk lebih menguatkan teori yang sudah dipelajari pada materi Pecahan.

1. Berikut yang merupakan himpunan adalah....
     a. Kumpulan music favorit
     b. Kumpulan buah-buahan segar
     c. Kumpulan bilangan-bilangan besar
     d. Kumpulan warna pelangi
Penjelasan:
Berdasarkan pengertiannya himpunan adalah kumpulan dari sesuatu/objek yang dapat didefinisikan dengan jelas. Artinya tidak mengandung arti yang bersifat relatif.
Dari pilihan di atas, music favorit, buah-buahan segar, bilangan-bilangan besar,  bersifat relatif, karena nilainya bisa berubah pada kondisi tertentu. Tapi untuk kumpulan warna pelangi sudah dapat dengan jelas dan dipastikan bahwa semua pasti sama dalam menjawab warna-warnanya.
Jawaban: D

2. Himpunan bilangan prima kurang dari 12 adalah....
    a. {1, 2, 3, 5, 7, 9, 11}
    b. {1, 2, 3, 5, 7, 11 } 
    c. {2, 3, 5, 7, 9, 11}
    d. {2, 3, 5, 7, 11}
Pembahasan:
Bilangan Prima {2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, .....}
Bilangan Prima yang kurang dari 12 adalah
{2, 3, 5, 7, 11} 
Jawaban: D

3. Diketahui:
     P = {bilangan asli}
     Q = {bilangan prima}
     R = {bilangan ganjil}
    Dari ketiga himpunan di atas yang menjadi himpunan semesta bagi {13, 15, 17, 19} adalah....
    a. P dan Q
    b. P dan R 
    c. Q dan R
    d. Q
Pembahasan:
Daftar anggota dari himpunan di atas adalah:
P = {1, 2, 3, ...., 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, ....}
Q = {2, 3, 5, ...., 11, 13, 17, 19, 23, ....}
R = {1, 3, 5, ......, 11, 13, 15, 17, 19, 21, .....}
Jika kita lihat daftar anggota dari himpunan P, Q dan R, di atas, maka yang bisa menjadi himpunan semesta untuk {13, 15, 17, 19} adalah himpunan P dan Q, karena ada dikeduanya.
Jawaban: B
4. Bila P ={huruf pembentuk kata “SENANG BELAJAR MATEMATIKA”. Maka n(P) adalah....
    a. 11
    b. 12
    c. 13
    d. 23
Pembahasan:
Untuk menjawab pertanyaan seperti ini, kita harus mendaftar huruf-huruf yang ada pada himpunan P, dengan catatan tidak boleh ada huruf yang berulang. Maka P={S, E, N, A, G, B, L, J, R, M, T, I, K}
Jadi jumlah anggota himpunan P atau n(P)=13.
Untuk lebih lengkapnya tentang soal Himpunan dan Diagram Venn beserta dengan pembahasannya bisa di download secara GRATIS pada link di bawah ini:

Demikian pembahasan soal Latihan Himpunan dan Diagram Venn beserta pembahasannya ini saya sampaikan, sekiranya dapat membantu memudahkan dalam proses belajar, saya sangat bersyukur.
Jika postingan ini bermanfaat ataupun dirasakan masih ada kekurangannya, silahkan bisa di sampaikan dalam kolom komentar untuk perbaikan pada postingan-postingan berikutnya.

Latihan Soal Himpunan dan Diagram Venn Latihan Soal Himpunan dan Diagram Venn Reviewed by My Profile on 6:20 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.