Bismillah....
Beberapa waktu yang lalu kita sudah mempelajari materi tentang Aljabar. Adapun Standar Kompetensi yang di bahas pada materi Aljabar kelas 7 semester satu ini adalah:
Kompetensi Dasar:
3.6 Menjelaskan bentuk Aljabar dan unusr-unsurnya menggunakan masalah kontekstual
3.7 Menjelaskan dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi pada bentuk aljabar
Dan indikator pencapaiannya antara lain:
1. Peserta didik dapat memahami pengertian bentuk aljabar
2. Peserta didik dapat memahami pengertian variabel, koefisien, dan konstanta
3. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan pada bentuk aljabar
4. Peserta didik dapat melakukan operasi pengurangan pada bentuk aljabar
5. Peserta didik dapat melakukan operasi perkalian pada bentuk aljabar
6. Peserta didik dapat melakukan operasi pembagian pada bentuk aljabar
7. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar
8. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi bentuk aljabar.
Bagi yang belum sempat mempelajari materi aljabar silahkan belajar dulu disini:
Baca dulu : Materi Aljabar
Jika sudah memahami tentang materi aljabar dari pembahasan yang sudah di sampaikan pada postingan sebelumnya, maka untuk memperdalam dan menguatkan materi yang telah dipelajari silahkan pelajari soal-soal tentang materi aljabar beserta pembahasannya.
Berikut ini beberapa contoh soalnya:
1. Ketika acara syukuran di rumahnya, Pak Roso membeli 5 kg Jeruk dan 3 kg Apel.
Bentuk aljabar yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah....
Bentuk aljabar yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah....
a. 5 + 3
b. 5x5 + 3x3
c. 5x + 3y
d. 8xy
Pembahasan:
Untuk dapat merubah pernyataan di atas menjadi bentuk aljabar, maka kita harus mengetahui koefisien dan variabel yang terdapat dalam pernyataan tersebut.
Jika kita amati, 5 dan 3 adalah koefisiennya, kemudian Jeruk dan Apel adalah variabelnya. Untuk memudahkan merubahnya kedalam bentuk aljabar maka Jeruk dan Apel kita simbolkan dengan variabel tertentu. Misalkan:
Jeruk = x, dan Apel = y
Maka bentuk aljabarnya akan menjadi 5x + 3y.
Jawaban: C
2. Koefisien suku ke-3 dari bentuk aljabar -3x3 + 12x2 – 5xy + 4x3, adalah...
a. 12
b. 5
c. -3
d. -5
Pembahasan:
Jika kita lihat bentuk aljabar di atas maka terdiri dari:
Suku = -3x3, 12x2, -5xy, dan 4x3 , ada 4 suku
Variabel = x dan y, ada 2 variabel
Koefisien = -3, 12, -5, 4, ada 4 koefisien
Suku ke-3 = -5xy, jadi koefisiennya -5.
Jawaban: D
3. Jumlah dari 10a4 + 12a3 – 8a2 – 8a – 7 dan -6a4 – 15a3 + 10a2 + 5a + 11 adalah....
a. 4a4 - 3a3 – 2a2 – 2a + 4
b. 4a4 + 3a3 – 2a2 – 2a + 4
c. 4a4 - 3a3 + 2a2 – 2a + 4
d. 4a4 - 3a3 – 2a2 – 2a – 4
Pembahasan:
Betuk penjumlahannya menjadi:
(10a4 + 12a3 – 8a2 – 8a – 7) + (-6a4 – 15a3 + 10a2 + 5a + 11)
Kurungnya dibuka, bentuknya akan menjadi:
10a4 + 12a3 – 8a2 – 8a – 7 – 6a4 – 15a3 + 10a2 + 5a + 11
Suku sejenis didekatkan:
10a4 – 6a4 + 12a3 – 15a3 – 8a2 + 10a2 – 8a + 5a – 7 + 11
Suku sejenis dihitung:
4a4 – 3a3 + 2a2 – 3a + 4
Jawaban: C
4. Hasil Pengurangan dari -7x + 14 dari -6x + 15 adalah....
a. X + 1
b. –x + 1
c. –x – 1
d. -13x + 1
Pembahasan:
(-6x + 15) – (-7x + 14)
Kurungnya di buka:
-6x + 15 + 7x – 14
Suku sejenis didekatkan:
-6x + 7x + 15– 14
Suku sejenis dihitung:
x + 1
Jawaban: A
Untuk lebih lengkapnya silahkan download pada link di bawah ini:
Pelajari juga : Latihan Himpunan dan Diagram Venn
Pelajari juga : Latihan Soal Bilangan Bulat dan Pecahan
Demikian postingan kali ini yaitu tentang soal-soal materi Aljabar dan pembahasannya, Terimakasih Sudah mengunjungi blog ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu memudahkan dalam proses belajar.
Pelajari juga : Latihan Soal Bilangan Bulat dan Pecahan
Demikian postingan kali ini yaitu tentang soal-soal materi Aljabar dan pembahasannya, Terimakasih Sudah mengunjungi blog ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu memudahkan dalam proses belajar.
Latihan Soal Aljabar
Reviewed by My Profile
on
10:22 PM
Rating:
No comments:
Note: Only a member of this blog may post a comment.