Kisi-kisi USBN IPA Terpadu SMP Kurikulum 2006 Tahun 2018


Bismillah

Bagi siswa SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan Mts (Madrasah Tsanawiyah) kelas sembilan, proses belajar di sekolah tinggal menghitung waktu. Pada proses akhir pembelajaran biasanya akan menempuh beberapa ujian terkait dengan mata pelajaran yang di ajarkan. Satu di antaranya adalah Ujian Sekolah. 


Berikut ini adalah kisi-kisi USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) IPA Terpadu Kurikulum 2006 Tahun Pelajaran 2017/2018 yang bisa digunakan sebagai referensi belajar agar proses belajar lebih efektif dan terarah. 

Mata Pelajaran : Biologi
Level Kognitif Pengetahuan
Lingkup Materi Makhluk hidup dan lingkungannya
Siswa mampu memahami dan menguasai konsep:
  • ‑ gejala alam biotik dan abiotik
  • ‑ ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup
  • ‑ keragaman pada sistem organisasi kehidupan
  • ‑ interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
  • ‑ pencemaran lingkungan
  • ‑ pelestarian ekosistem
Lingkup materi Struktur dan fungsi makhluk hidup
Siswa mampu memahami dan menguasai konsep:
  • ‑ sistem gerak pada manusia
  • ‑ sistem pencernaan manusia
  • ‑ sistem peredaran darah
  • ‑ sistem pernafasan
  • ‑ gerak pada tumbuhan
  • ‑ sistem ekskresi
  • ‑ sistem reproduksi manusia
  • ‑ sistem koordinasi dan alat indera manusia
  • ‑ jaringan tumbuhan pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
  • ‑ pewarisan sifat
Level Kognitif Aplikasi
Lingkup Materi Makhluk hidup dan lingkungannya
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
  • ‑ klasifikasi makhluk hidup
  • ‑ interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan tertentu
  • ‑ kepadatan populasi manusia
  • ‑ pencemaran lingkungan
  • ‑ kelangsungan hidup pada makhluk hidup (adaptasi, seleksi, perkembangbiakan)
  • ‑ hama dan penyakit pada tumbuhan
Lingkup materi Struktur dan fungsi makhluk hidup
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
  • ‑ mekanisme sistem gerak manusia
  • ‑ mekanisme sistem pencernaan manusia
  • ‑ mekanisme sistem peredaran darah manusia
  • ‑ mekanisme sistem pernapasan manusia
  • ‑ kesehatan sistem organ pada manusia
  • ‑ mekanisme sistem koordinasi
  • ‑ keterkaitan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
  • ‑ pewarisan sifat pada makhluk hidup
  • ‑ fotosintesis
  • ‑ penerapan bioteknologi
Level Kognitif Penalaran
Lingkup Materi Makhluk hidup dan lingkungannya
Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:
  • ‑ pengelolaan lingkungan
  • ‑ interaksi makhluk hidup dan lingkungannya
  • ‑ usaha pelestarian ekosistem
Lingkup materi Struktur dan fungsi makhluk hidup
Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:
  • ‑ percobaan fotosintesis
  • ‑ pewarisan sifat untuk pemuliaan makhluk hidup
  • ‑ peran bioteknologi
Mata Pelajaran Fisika – Kimia
Lingkup Materi Pengukuran, Zat dan Sifatnya 
Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
  • ‑ pengukuran
  • ‑ besaran dan satuan
  • ‑ konsep zat dan wujudnya
  • ‑ sifat fisika/kimia
  • ‑ perubahan fisika/kimia
  • ‑ zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
  • ‑ partikel zat
  • ‑ campuran dan cara pemisahannya
  • ‑ larutan dan sifatnya
Lingkup Materi  Mekanika dan Tata Surya 
Peserta didik mampu memahami
pengetahuan tentang:
  • ‑ gerak lurus
  • ‑ gaya
  • ‑ hukum Newton
  • ‑ usaha dan energi
  • ‑ pesawat sederhana
  • ‑ suhu dan kalor
  • ‑ tekanan
  • ‑ sistem tata surya
Lingkup Materi Gelombang, Listrik dan Magnet 
Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
  • ‑ getaran dan gelombang
  • ‑ bunyi
  • ‑ cahaya dan optik
  • ‑ listrik statis dan listrik dinamis
  • ‑ kemagnetan
__________________
Baca juga


Demikian ulasan tentang kisi-kisi USBN IPA Terpadu Kurikulum 2006/KTSP tahun 2018, semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Kisi-kisi USBN IPA Terpadu SMP Kurikulum 2006 Tahun 2018 Kisi-kisi USBN IPA Terpadu SMP Kurikulum 2006 Tahun 2018 Reviewed by My Profile on 2:06 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.