Kisi-kisi USBN PAI SMP Kurikulum 2006 Tahun 2018


Bismillah

Bagi siswa SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan Mts (Madrasah Tsanawiyah) kelas sembilan, proses belajar di sekolah tinggal menghitung waktu. Pada proses akhir pembelajaran biasanya akan menempuh beberapa ujian terkait dengan mata pelajaran yang di ajarkan. Satu di antaranya adalah Ujian Sekolah. 


Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman
Lingkup Materi Al-Qur’an
Peserta didik dapat menyebutkan, mengidentifikasi,mengkategorikan, atau menentukan :
  • Hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
  • Hukum bacaan al Qomariyah dan al Syamsiyah
  • Hukum bacaan mad dan waqaf
  • Hukum bacaan qalqalah dan ra
  • QS. Al-Insyirah
  • Hadits tentang kebersihan
Lingkup Materi Aqidah
Peserta didik dapat menyebutkan, mengidentifikasikan, menjelaskan, mengelompokkan atau menentukan:
  • Sifat-sifat Allah Swt.
  • Iman kepada kepada kitab-kitab Allah Swt.
  • Iman kepada rasul-rasul Allah Swt.
  • Iman kepada hari akhir
Lingkup Materi Akhlak  
Peserta didik dapat menyebutkan, mengidentifikasi, menentukan, mengelompokan,:
  • Perilaku terpuji tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar.
  • Perilaku terpuji; kerja keras, tekun, ulet, dan teliti
  • Perilaku tercela; ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.
  • Perilaku terpuji; qana’ah dan tasamuh
  • Perilaku terpuji; adab makan dan minum
Lingkup Materi Fiqh  
Peserta didik dapat mengidentifikasi,menentukan, menyebutkan, mengelompokan, materi:
  • Thaharah
  • Tatacara shalat Jum’at
  • Hukum Islam tentang haji dan umrah
  • Ketentuan puasa wajib dan sunat
Lingkup Materi Tarikh  
Peserta didik menyebutkan, mengidentifikasi, menentukan, menjelaskan,:
  • Sejarah Nabi Muhammad Saw.
  • Perkembangan Islam di Nusantara.
Level Kognitif Aplikasi
Lingkup Materi Al-Qur’an
Peserta didik dapat menerapkan, menghubungkan, melengkapi atau memberi contoh materi:
  • Hadits tentang menuntut ilmu
  • QS. Al-Insyirah
Lingkup Materi Aqidah
Peserta didik dapat membedakan, memberi contoh atau membandingkan materi:
  • 10 Asmaul Husna
  • Iman kepada Malaikat
  • Iman kepada kepada hari akhir
  • Iman kepada qadha dan qadar
Lingkup Materi Akhlak  
Peserta didik dapat membedakan, menerapkan, memberi contoh, atau menghubungkan materi:
  • Perilaku terpuji; zuhud dan tawakal
  • Perilaku tercela; ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah. 
  • Menghindari perilaku tercela takabbur. 
Lingkup Materi Fiqh  
Peserta didik dapat menerapkan, memberi contoh, membedakan atau menginterpretasikan materi:
  • Tatacara shalat wajib
  • Zakat fitrah dan Zakat Mal.
  • Hukum Islam tentang qurban dan aqiqah 
Lingkup Materi Tarikh
Peserta didik dapat membedakan, memberi contoh,atau menghubungkan materi:
  • Misi Nabi Muhammad Saw. untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat. 
  • Perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah 
  • Tradisi Islam di Nusantara 
Level Kognitif Aplikasi
Lingkup Materi Al-Qur’an
Peserta didik mampu menganalisis, menyimpulkan, memecahkan masalah materi:
  • QS. At-Tin 
Lingkup Materi Aqidah
Peserta didik mampu menganalisis, mensintesis atau menyimpulkan materi:
  • Iman kepada kepada hari akhir 
Lingkup Materi Akhlak  
Peserta didik mampu menganalisis, mengevaluasi, memecahkan masalah, atau mensintesis materi:
  • Menghindari perilaku pendendam dan munafik. 
Lingkup Materi Fiqh  
Peserta didik mampu menganalisis, menyimpulkan, mensintesis atau memecahkan masalah materi:
  • Tata cara shalat jama’ah dan munfarid /sendiri 
  • Tata cara shalat jama’ dan qashar 
Lingkup Materi Tarikh
Peserta didik menganalisis, memecahkan masalah, mensintesis, atau menyimpulkan materi:
  • Perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah 
  • Sejarah dakwah Islam pada masa Daulah Abasiyah 
  • Perkembangan Islam di Nusantara. 
  • Tradisi Islam di Nusantara 
Baca juga : Kumpulan Kisi-kisi USBN SMP Tahun 2018

Demikian ulasan kisi-kisi USBN PAI SMP Kurikulum 2006 tahun 2018, semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Kisi-kisi USBN PAI SMP Kurikulum 2006 Tahun 2018 Kisi-kisi USBN PAI SMP Kurikulum 2006 Tahun 2018 Reviewed by My Profile on 1:46 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.