Troubleshooting Aplikasi CBT


Bismillah...

Dalam pelaksanaan UNBK seringkali kita temui kendala-kendala teknis, baik yang berhubungan dengan Server maupun Client. Berikut ini adalah Troubleshooting Aplikasi CBT 2017, yang pada beberapa kasus masih sama permasalahan/kendala-kendalanya dengan  yang dihadapi pada Aplikasi CBT tahun ini.

Baca juga : download soal-soal UN
Berikut ini beberapa Troubleshooting Aplikasi CBT tahun 2017:

Troubleshooting 1
Muncul keterangan Checking....

Penyebab : 
1. Waiting VHD Services Ready disebebakan Karena salahnya pengaturan di VM untuk Adapter1.
2. Segmen Local yang salah / bukan segmen 0
3. Port 80 yang terpakai oleh Aplikasi lain ( XAMP dan lain-lain )
Penanganan 1 : 
Cek kembali pengaturan Network di VirtualBox, apakah sudah benar bridged yang tertuju ke arah client.
Penanganan 2 : 
1. Masuk ke pengaturan Network And Connection Hosts Server
2. Pada Adapter NIC yang terhubung client klik kanan -> Properties
3. Double klik “Internet Protocol Version 4”
4. Setting IP dengan Segment 0.xxx 
Penanganan 3 : Remove aplikasi  yang berjalan di port 80
Penanganan 4:  Restart VM dan biarkan UNBK Starter dalam keadaan menyala
Penanganan  5 : Restart Server lalu coba jalankan kembali UNBK Starter dan VM

Troubleshooting 2
Muncul pesan VHD can not run

Penyebab  : 
1. Tidak di temukannya Browser Google Chrome
2. Tidak di temukannya Aplikasi Oracle VirtualBox
Penanganan 1 : 

1. Klik kanan pada google chrome, piling properties
2. Copy kan URL Chrome.
3. Buka aplikasi CBTSync Admin, klik Setting
4. Pastekan di dalam Browser Url tanpa tanda ( “ )
Penanganan 2 : 
1. Klik setting pada ExambrowAdmin.
2. Klik Browse pada VboxManage Path.
3. Cari installasi VirtualBox C:\Program Files\Oracle\VirtualBox
4. Klik Ok dan Save.

Troubleshooting 3
Muncul pesan ExamBrowserAdmin has stopped working

Penyebab : 
1. Resouce memory yang ada di Virtual melewati batas maksimum.
2. Terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan.
Penanganan :
1. Kurangi pemakaian memory pada VirtualBox.
2. Hapus aplikasi yang sedang berjalan sekiranya tidak terlalu penting

Troubleshooting 4
Muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini:

Permasalahan : Error/Tidak berhasil masuk CBTSync
Penanganan :
1. Cek Adpater 1 di VirtualBox, pastikan sudah terhubung
2. Pasitikan mendapatkan IP 0.200 pada Adapter 1
3. Tutup Aplikasi CBT Tools kemudian Buka kembali
4. Cek IP pada LAN yang tertuju ke Client

Troubleshooting 5
Muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini:
Penyebab:
Saat membuat virtual mesin terdapat error “cannot create the machine”. Hal tersebut terjadi karena terdapat nama yang sama yang sudah pernah dibuat sebelumnya.
Penanganan:
Membuat virtual mesin baru dengan nama yang tidak pernah digunakan sebelumnya.

Troubleshooting 6
Muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini:

Penyebab: Saat membuat virtual mesin terdapat error “cannot create the machine”. Hal tersebut terjadi karena terdapat nama yang sama yang sudah pernah dibuat sebelumnya.
Penanganan : Klik OK, lalu proktor merubah nama menjadi nama mesin yang belum pernah digunakan sebelumnya.

Troubleshooting 7
Muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini:
Penyebab:
Saat membuat virtual mesin terdapat error “Failed to open a session for the virtual machine”. Hal ini terjadi karena VHD tidak dapat ditemukan saat menjalankan virtual mesin.
Penanganan:
Membuat virtual mesin baru atau memindahkan file VHD dengan menyesuaikan path folder yang terdapat di keterangan error.

Troubleshooting 8
Muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini:

Penyebab:
Failed to open the internal network”. Hal ini terjadi karena driver jaringan berubah / driver jaringan dihapus / LAN card dirubah / adapter network di disable, sehingga setting adapter di dalam virtual mesin ikut berubah.
Penanganan :
  1. Masuk ke menu adapter setting di dalam host server, pastikan adapter setting sudah dalam keadaan enable dan terhubung ke klien
  2. Klik tombol setting di virtual mesin
  3. Klik tab Network, lalu masuk ke adapter 2
  4. Pilih adapter yang menuju ke klien lalu klik OK
  5. Jalankan kembali virtual mesin

Troubleshooting 9
Muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini:
Penyebab:
Tidak ada pilihan untuk windows 64bit saat membuat virtual mesin.
Penanganan 1:
Pastikan menggunakan operating system 64 bit di server. Bit di Operating System bisa dicek melalui “dxdiag” atau klik kanan properties di “my computer”.

Penanganan 2:
Mengaktifkan fitur Virtualization / VTD / Virtualization Technology di BIOS server host.

Troubleshooting 10
Muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini:
Penyebab:
Terjadi error saat proses booting virtual mesin. Hal ini terjadi karena saat pembuatan virtual mesin, menggunakan sistem windows 32 bit.
Penanganan:
  1. Close virtual mesin dengan klik tombol “Machine -> ACPI Shutdown”.
  2. Klik kanan di virtual mesin yang tadi dibuat, lalu klik button Remove dan Remove Only
  3. Membuat virtual mesin kembali dengan mengklik tombol “New”
  4. Operator menginput nama virtual mesin
  5. (catatan: Nama virtual mesin harus berbeda dengan sebelumnya)
  6. Pada kolom Type pilih Microsoft Windows
  7. Pada kolom Version pilih Windows 2012 (64Bit)
  8. Lalu lanjutkan seperti yang tertera di panduan

Keterangan : jika tidak ada pilihan untuk 64bit, operator unbk melakukan restart server dan masuk ke dalam sistem BIOS. Aktifkan fitur Virtualization / VTD / Virtual Techcnology

Troubleshooting 11
Muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini:
Penyebab :
Mematikan VM yang tidak sesuai prosedur sehingga menyebabkan kerusakan pada VHD
Penanganan :
Matikan VHD sesuai prosedur / ganti VHD untuk lebih amannya.

Troubleshooting 12
Muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini:
Penyebab : Error tersebut dikarenakan client belum diberikan IP Address
Penanganan : Masuk ke menu pengaturan adapter di host. Berikan IP Client dengan segment  192.168.0.xxx

Troubleshooting 13
Muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini:
Penyebab 1 : Exambrowser yang digunakan masih versi lama, seharusnya versi terbaru.
Penyebab 2 : VM Server belum berjalan, jalankan VM Server terlebih dahulu.
Penyebab 3 : Salah setting adapter di VM yang seharusnya bridged ke NIC Client
Penyebab 4 : Kabel bermasalah sehingga VM dan client tidak terhubung. Lakukan ping dari server VM ke IP Client untuk melakukan pengecekan.

Troubleshooting 14
Muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini:

Penyebab  : Terdapat salah setting di dalam exambrowser
Penanganan
1. Buka Exambro, Klik tombol Settings, Lalu masukan password 12345
2. Rubah kolom “Browser File Name” dikarenakan terjadi perbedaan dengan path browser di client.

Troubleshooting 15
Muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini:

Penyebab  : Membuka link UNBK tidak menggunakan aplikasi Exambrowser
Penanganan : Jalankan exambrowser untuk melaksanakan ujian

Troubleshooting 16
Muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini:
Penyebab:
Belum ada daftar tes yang dipiilih
Penanganan:
  1. Masuk ke menu Status tes, pilih daftar tes yang sesuai dengan jadwal
  2. Klik tombol simpan, lalu klik ok
  3. Login kembali di komputer klien

Troubleshooting 17
Muncul tampilan error seperti pada gambar di bawah ini:
Penanganan 1: 
Pastikan bahwa host server sudah terkoneksi ke internet dengan cara ping www.kemdikbud.go.id
Jika mendapat pesan request time out, silakan untuk mengecek status jaringan dan juga modem internet
Penanganan 2: 
Cek ping dari host server ke 192.168.0.200 melalui command prompt (cmd), jika mendapat pesan request time out. Pastian kembali bahwa adapter 1 di virtual mesin sudah terhubung ke jaringan lokal, dan adapter 2 tersetting NAT.
Penanganan 3: 
Pastikan tidak ada IP konflik dengan ip 192.168.0.200 dengan mengecek kembali IP di semua adapter di host server(Virtualbox host only, wifi, ethernet) dan IP komputer klien.
Penanganan 4:
Salah dalam mengetikkan ID server pada kolom Server ID (Nama ID server terdiri dari kombinasi huruf kapital dan angka)
Penanganan 5:
Pastikan tidak ada aplikasi lain yang menggunakan port 80.
Penanganan 6:
Jika koneksi internet tidak ada masalah, tetapi CBTSync masih memunculkan error tidak terhubung dengan internet, silahkan telepon posko UNBK.
Penanganan 7:
Pastikan menggunakan ExamBrowser Admin versi terbaru

Troubleshooting 18
Muncul tampilan error seperti pada gambar di bawah ini:

Penanganan : 
1. Update RAM pada Host.
3. Naikan RAM untuk VirtualMachine

Troubleshooting 19
Muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini:

Penyebab:
  1. Setelah berhasil melakukan sinkronisasi, memasukkan beberapa id server di dalam 1 server sehingga menyebabkan terdapat 2 atau lebih serial number yang sama.
  2. Setelah berhasil sinkronisasi, sekolah mengganti server/ melakukan instalasi OS / mengganti motherboard / menjalankan exambrowser admin yang berbeda versi dari sebelumnya.
Penanganan :
  1. Sekolah meminta unlock id server yang ke tim provinsi / tim pusat.
  2. Permintaan unlock dari sekolah dibatasi.

Troubleshooting 20
Muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini:
Permasalahan : Muncul error seperti gambar di atas.
Penanganan  :
  1. Klik “disini” untuk me-refresh, jika masih error lakukan langkah kedua
  2. Restart CBTSync Admin dan tunggu 2 menit
  3. Jika cara 1 dan 2 masih error, restart VM
  4. Klik Akses CBT tools, lalu masuk ke tab “Services” dan klik “Start&Stop Services” Lalu restart CBTSync
  5. Jika cara 1,2,3 dan 4 masih error maka harus ganti VHD
(Sumber : Puspendik-Troubleshooting UNBK 2017)

[Baca Juga] : 


Demikian Troubleshooting Aplikasi CBT tahun 2017. Semoga dapat membantu memberikan solusi dari kendala-kendala teknis yang di hadapi dalam pelaksanaan UNBK 2018 ini. Terimakasih semoga bermanfaat. 


Troubleshooting Aplikasi CBT Troubleshooting Aplikasi CBT Reviewed by My Profile on 1:12 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.