Bismillah
Berikut ini adalah kisi-kisi USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) B. Indonesia Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2017/2018 yang bisa digunakan sebagai referensi belajar agar proses belajar lebih efektif dan terarah.
Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman
Lingkup Materi Membaca Nonsastra
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Lingkup Materi Membaca Nonsastra
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Lingkup Materi Membaca Nonsastra
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Baca juga : Kisi-kisi USBN Tahun 2018 B. Indonesia Kurikulum 2006
Demikian ulasan kisi-kisi USBN B. Indonesia Kurikulum 2013 tahun 2018, semoga menjadi informasi yang bermanfaat.
Bagi siswa SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan Mts (Madrasah Tsanawiyah) kelas sembilan, proses belajar di sekolah tinggal menghitung waktu. Pada proses akhir pembelajaran biasanya akan menempuh beberapa ujian terkait dengan mata pelajaran yang di ajarkan. Satu di antaranya adalah Ujian Sekolah.
Berikut ini adalah kisi-kisi USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) B. Indonesia Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2017/2018 yang bisa digunakan sebagai referensi belajar agar proses belajar lebih efektif dan terarah.
Lingkup Materi Membaca Nonsastra
Peserta didik dapat:
- ‑ menentukan makna kata/kalimat pada teks
- ‑ menentukan informasi tersurat teks
- ‑ menentukan bagian struktur teks
- ‑ mengidentifikasi ciri kebahasaan pada teks
Peserta didik dapat:
- ‑ menentukan makna kata dalam cerpen atau fabel
- ‑ menentukan makna tersurat dalam cerpen atau fabel
- ‑ menentukan struktur teks cerpen atau fabel
Peserta didik dapat:
- ‑ melengkapi kalimat dengan kata
Peserta didik dapat:
- ‑ menunjukkan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan kepaduan paragraf
Peserta didik dapat:
- ‑ menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
- ‑ menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
Lingkup Materi Membaca Nonsastra
Peserta didik dapat:
- ‑ menentukan ide pokok teks
- ‑ menyimpulkan isi teks
- ‑ menyimpulkan pendapat (pro/kontra)
- ‑ meringkas isi teks
Peserta didik dapat:
- ‑ menyimpulkan makna simbol
- ‑ menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen atau fabel
- ‑ menyimpulkan sebab atau akibat konflik
Peserta didik dapat:
- ‑ menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
- ‑ melengkapi paragraph dengan kata atau kalimat
Peserta didik dapat:
- ‑ menggunakan istilah dalam kalimat
- ‑ menggunakan kata bentukan dalam kalimat
Peserta didik dapat:
- ‑ menggunakan ejaan
- ‑ menggunakan tanda baca
Lingkup Materi Membaca Nonsastra
Peserta didik dapat:
- ‑ membandingkan penggunaan Bahasa beberapa jenis teks
- ‑ membandingkan pola penyajian beberapa jenis teks
- ‑ menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
- ‑ menanggapi isi teks
Peserta didik dapat:
- ‑ membandingkan pola pegembangan cerpen dan fable
- ‑ membandingkan penggunaan Bahasa cerpen dan fabel
- ‑ mengomentari struktur cerpen atau fabel
- ‑ menilai keunggulan dan kelemahan karya sastra
Peserta didik dapat:
- ‑ mengubah teks ke dalam bentuk lain
- ‑ menulis teks singkat sesuai dengan konteks
Peserta didik dapat:
- ‑ memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
- ‑ menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
Peserta didik dapat:
- ‑ memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
- ‑ memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
- ‑ menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan/tanda baca
Baca juga : Kisi-kisi USBN Tahun 2018 B. Indonesia Kurikulum 2006
Demikian ulasan kisi-kisi USBN B. Indonesia Kurikulum 2013 tahun 2018, semoga menjadi informasi yang bermanfaat.
Kisi-kisi USBN B. Indonesia Kurikulum 2013 Tahun 2018
Reviewed by My Profile
on
2:15 AM
Rating:
No comments:
Note: Only a member of this blog may post a comment.