Bismillah
Berikut ini adalah kisi-kisi USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) B. Indonesia Kurikulum 2006 Tahun Pelajaran 2017/2018 yang bisa digunakan sebagai referensi belajar agar proses belajar lebih efektif dan terarah.
Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman
Lingkup Materi Membaca Nonsastra
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Lingkup Materi Membaca Nonsastra
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Lingkup Materi Membaca Nonsastra
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
Baca juga : Kisi-kisi USBN SMP tahun 2018 B. Indonesia Kurikulum 2013
Bagi siswa SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan Mts (Madrasah Tsanawiyah) kelas sembilan, proses belajar di sekolah tinggal menghitung waktu. Pada proses akhir pembelajaran biasanya akan menempuh beberapa ujian terkait dengan mata pelajaran yang di ajarkan. Satu di antaranya adalah Ujian Sekolah.
Berikut ini adalah kisi-kisi USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) B. Indonesia Kurikulum 2006 Tahun Pelajaran 2017/2018 yang bisa digunakan sebagai referensi belajar agar proses belajar lebih efektif dan terarah.
Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman
Lingkup Materi Membaca Nonsastra
Peserta didik dapat:
- - menentukan makna kata/kalimat pada teks
- - menggali informasi tersurat teks
- - menentukan kalimat utama
Peserta didik dapat:
- - menentukan makna kata dalam cerpen/cerita anak/ drama/novel/puisi
- - menggali informasi tersurat dalam cerpen/cerita anak/ drama/novel/puisi
- - menentukan bagian cerpen/cerita anak/drama/novel/puisi
Peserta didik dapat:
- - melengkapi teks dengan kata atau kalimat
Peserta didik dapat:
- - menunjukkan kesalahan penggunaan kata/kalimat
Peserta didik dapat:
- - menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
- - menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
Lingkup Materi Membaca Nonsastra
Peserta didik dapat:
- - menentukan gagasan utama paragraf
- - menyimpulkan isi teks
- - menggali informasi tersirat
- - meringkas isi teks
Peserta didik dapat:
- - menyimpulkan makna simbol dalam cerpen/cerita anak/drama/novel/puisi
- - menggali informasi tersirat dalam cerpen/cerita anak/drama/novel/puisi
- - menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen atau fabel
- - menyimpulkan sebab atau akibat konflik dalam cerpen/cerita anak membuat sinopsis
Peserta didik dapat:
- menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
- melengkapi bagian teks (petunjuk melakukan sesuatu, resensi, puisi, pantun, surat dinas, laporan)
Peserta didik dapat:
- - menggunakan istilah dalam kalimat
- - menggunakan kata bentukan dalam kalimat
Peserta didik dapat:
- - menggunakan ejaan
- - menggunakan tanda baca
Lingkup Materi Membaca Nonsastra
Peserta didik dapat:
- - membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks
- - menilai keunggulan/kelemahan teks resensi
Peserta didik dapat:
- - membandingkan pola pengembangan cerpen/ cerita anak
- - membandingkan penggunaan bahasa cerpen/cerita anak
- - menunjukkan bukti latar dan watak tokoh cerpen/cerita anak
- - mengomentari unsur intrinsik karya sastra
Peserta didik dapat:
- - memvariasikan kata – memvariasikan kalimat
- - menulis dengan ilustrasi tertentu
- - mengubah teks ke dalam bentuk teks lain
Peserta didik dapat:
- - memperbaiki kesalahan penggunaan kata/kalimat, dan
- - menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
Peserta didik dapat:
- - memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
- - memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
- - menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan/ tanda baca
Baca juga : Kisi-kisi USBN SMP tahun 2018 B. Indonesia Kurikulum 2013
Demikian ulasan kisi-kisi USBN B. Indonesia Kurikulum 2006 tahun 2018, semoga menjadi informasi yang bermanfaat.
Kisi-kisi USBN tahun 2018 B. Indonesia Kurikulum 2006
Reviewed by My Profile
on
2:22 AM
Rating:
No comments:
Note: Only a member of this blog may post a comment.