Bismillah...
Sahabat baiq yang berbahagia. Bagi anda yang sedang mencari Kisi-Kisi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk mata pelajaran B. Indonesia tahun 2018, semoga artikel ini bisa membantu anda. Selamat membaca!
Kompetensi Inti- Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa.
 - Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa.
 - Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
 
Kompetensi Mapel/Keahlian
- Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia.
 - Menguasai kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
 - Memahami teori dan genre sastra Indonesia.
 - Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif.
 
Indikator Esensial
- Mengidentifikasi teori linguistik deskriptif yang terkait dengan pengembangan materi kelas kata bahasa Indonesia dengan tepat.
 - Mengidentifikasi materi pembelajaran fonologi bahasa Indonesia berdasarkan aliran struktural dengan tepat.
 - Mengidentifikasi materi pembelajaran sintaksis bahasa Indonesia berdasarkan aliran fungsional dengan tepat.
 - Mengidentifikasi materi pembelajaran sintaksis bahasa Indonesia berdasarkan aliran struktural dengan tepat.
 - Mengidentifikasi materi pembelajaran morfologi bahasa Indonesia berdasarkan aliran struktural dengan tepat.
 - Mengidentifikasi materi pembelajaran morfologi bahasa Indonesia berdasarkan aliran fungsional dengan tepat.
 - Mengidentifikasi materi pembelajaran morfologi bahasa Indonesia berdasarkan aliran deskriptif dengan tepat.
 - Mengidentifikasi materi pembelajaran sintaksis bahasa Indonesia berdasarkan aliran deskriptif dengan tepat.
 - Mengidentifikasi materi pembelajaran fonologi bahasa Indonesia berdasarkan aliran deskriptif dengan tepat.
 - Mengidentifikasi materi pembelajaran kelas kata bahasa Indonesia berdasarkan aliran fungsional dengan tepat.
 - Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa fonologi.
 - Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa sintaksis.
 - Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasasemantik
 - Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa pragmatik.
 - Membedakan pemerolehan dan pembelajaran bahasa
 - Membedakan pemerolehan dan pembelajaran bahasa
 - Menentukan tahapan pemerolehan bahasa anak
 - Mengidentifikasi konsep hakikat bahasa.
 - Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa fonologi.
 - Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa morfologi.
 - Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa sintaksis.
 - Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa pragmatik.
 - Membedakan pemerolehan dan pembelajaran bahasa
 - Menentukan tahapan pemerolehan bahasa anak
 - Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa
 - Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa semantik
 - Mengidentifikasi kedudukan bahasa Indonesia dengan tepat.
 - Mengidentifikasi fungsi bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu.
 - Mengidentifikasi jenis ragam tingkat keformalan (beku/ frozen style)
 - Mengidentifikasi jenis ragam tingkat keformalan (formal)
 - Mengidentifikasi jenis ragam tingkat keformalan (informal)
 - Mengidentifikasi nentukan jenis ragam tingkat keformalan (akrab)
 - Mengaplikasikan kaidah ejaan dan tanda baca sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
 - Mengaplikasikan kaidah morfologi sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis)
 - Mengaplikasikan kaidah morfologi sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (membaca)..
 - Mengaplikasikan kaidah sintaksis sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (membaca)..
 - Mengaplikasikan kaidah sintaksis sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis).
 - Mengaplikasikan kaidah semantik sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (membaca).
 - Mengaplikasikan kaidah semantik sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis).
 - Mengaplikasikan kaidah pragmatik sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (berbicara).
 - Mengaplikasikan kaidah pragmatik sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis).
 - Mengaplikasikan kaidah ejaan dan tanda baca sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
 - Mengaplikasikan kaidah morfologi sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis).
 - Mengaplikasikan kaidah sintaksis sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (berbicara).
 - Mengaplikasikan kaidah semantik sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (membaca).
 - Mengidentifikasi teori struktural berdasarkan cuplikan naskah cerpen yang disajikan.
 - Mengidentifikasi pantun yang tepat berdasarkan ciri-cirinya
 - Mengidentifikasi syair yang tepat berdasarkan ciri-cirinya
 - Mengidentifikasi gurindam yang tepat berdasarkan ciri-cirinya
 - Mengidentifikasi genre (prosa) yang tepat.
 - Mengidentifikasi genre (puisi) yang tepat.
 - Mengidentifikasi genre (drama) yang tepat.
 - Mengapresiasi puisi Indonesia (puisi lama: pantun)
 - Mengapresiasi puisi Indonesia (puisi lama:gurindam)
 - Mengapresiasi puisi Indonesia (puisi baru:Soneta)
 - Mengapresiasi prosa Indonesia (Prosa lirik: Kaba Minangkabau).
 - Mengapresiasi prosa Indonesia (prosa lama: hikayat)
 - Mengapresiasi prosa Indonesia (prosa lama: dongeng)
 - Mengapresiasi prosa Indonesia (prosa baru: novel)
 - Mengapresiasi prosa Indonesia (prosa baru: cerpen)
 - Mengapresiasi teks drama Indonesia
 
Baca juga : Kisi-kisi PPG IPS 2018
Baca juga : Kisi-kisi PPG PPKN 2018
Demikian ulasan tentang kisi-kisi PPG B. Indonesia Tahun 2018. Terimakasih sudah berkunjung, dan semoga bermanfaat.
Kisi-kisi Program PPG B. Indonesia Tahun 2018
 
        Reviewed by My Profile
        on 
        
9:40 PM
 
        Rating: 
      
 
        Reviewed by My Profile
        on 
        
9:40 PM
 
        Rating: 

No comments:
Note: Only a member of this blog may post a comment.