Bismillah...
Sahabat baiq yang berbahagia. Pada coretan kali ini, saya akan berbagi tentang model silabus Matematika SMP/MTs Kelas 9 (Delapan) Kurikulum 2013. Adapun alokasi waktu untuk matapelajaran matematika kelas 8 pada kurikulum 2013 adalah 5 jam pelajaran/minggu. Anda juga bisa melihat dan mendownload model silabus untuk kelas 7 disini dan untuk kelas 8 disini.
3.4 menjelaskan hubungan antara koefisien dan diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya
4.4 menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual dengan menggunakan sifat-sifat fungsi kuadrat
MATERI POKOK DAN MATERI PEMBELAJARAN
- Fungsi Kuadrat
- Fungsi kuadrat dengan tabel, grafik, dan persamaan
- Sifat-sifat fungsi kuadrat
- Nilai maksimum
- Nilai minimum
- Pemecahan masalah melibatkan sifat-sifat fungsi kuadrat
- Mengamati model atau permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
- Mencermati fungsi kuadrat yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik, dan persamaan
- Mencermati cara menggambar sketsa Grafik fungsi kuadrat, bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan konstanta suku-sukunya (membuka ke atas, ke bawah, ke kanan, atau kekiri)
- Menganalisis keterkaitan antara fungsi kuadrat, grafik fungsi kuadrat, dan persamaan kuadrat
- Menganalisis bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan diskriminannya (memotong sumbu koordinat Kartesius di dua titik berbeda, menyinggung sumbu koordinat Kartesius, tidak memotong sumbu koordinat Kartesius)
- Mencermati cara menentukan nilai minimum atau maksimum dari suatu fungsi kuadrat
- Menganalisis bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan konstanta suku-sukunya (membuka ke atas, ke bawah, ke kanan, atau ke kiri)
- Menyajikan hasil pembelajaran tentang fungsi kuadrat
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
1. Penilaian pemahaman:
- mendeskripsikan konsep, menentukan hasil operasi matematika (perkalian), dan mengidentifikasi sifat-sifat hitung perkalian, pembagian, dan perpangkatan.
- membaca dan menafsirkan berbagai bentuk penyajian (seperti pohon faktor).
- mengidentifikasi bilangan prima dan bukan bilangan prima, menduga dan menentukan bilangan prima.
- menggunakan FPB dan KPK dalam penyelesaian masalah kehidupan sehari-hari.
- menganalisis masalah, dan menyeleksinya secara tepat dan menerapkan teknik yang bersesuaian (apakah tergolong FPB ataukah KPK) untuk mengatasi masalah.
- menyusun kerangka kerja matematika, meliputi penyelesaian masalah FPB dan KPK, dalam bentuk logis dan jelas dengan menggunakan simbol-simbol dan terminologi yang sesuai.
- mengaplikasikan kombinasi dari ketrampilan matematika dan teknik pemecahan masalah
Untuk melihat tampilannya, bisa melalui view di bawah ini:
Baca juga :
Demikian ulasan tentang model silabus matematika SMP/MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 ini, terimakasih sudah berkunjung, dan semoga bermanfaat.
Model Silabus Matematika SMP/MTs Kelas 9 Kurikulum 2013
Reviewed by My Profile
on
1:52 AM
Rating:
No comments:
Note: Only a member of this blog may post a comment.