Bismillah...
Sahabat baiq yang berbahagia. Bagi anda yang sedang mencari Kisi-Kisi Soal Ujian Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk mata pelajaran Penjas Orkes tahun 2018, semoga artikel ini bisa membantu anda. Selamat membaca!
Kompetensi Inti- Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes
- Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu
- Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif
- Mengembangkankeprofesionalan secara berkelanjutandengan melakukan tindakan reflektif Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.
Kompetensi Mapel/Keahlian
- Menjelaskan dimensi filosofis pendidikan jasmani termasuk etika sebagai aturan dan profesi.
- Menjelaskan perspektif sejarah pendidikan jasmani.
- Menjelaskan dimensi anatomi manusia, secara struktur dan fungsinya.
- Menjelaskan aspek kinesiologi dan kinerja fisik manusia.
- Menjelaskan aspek fisiologis manusia dan efek dari kinerja latihan.
- Menjelaskan aspek psikologi pada kinerja manusia, termasuk motivasi dan tujuan, kecemasan dan stress, serta persepsi diri.
- Menjelaskan aspek sosiologi dalam kinerja diri, termasuk dinamika sosial; etika dan perilaku moral, dan budaya,suku, dan perbedaan jenis kelamin.
- Menjelaskan aspek sosiologi dalam kinerja diri, termasuk dinamika sosial; etika dan perilaku moral, dan budaya,suku, dan perbedaan jenis kelamin.
- Menjelaskan teori perkembangan gerak, termasuk aspek-aspekyang mempengaruhinya.
- Menjelaskan teori belajar gerak, termasuk keterampilan dasar dan kompleks dan hubungan timbal balik di antara domain kognitif, afektif dan psikomotorik.
- Menjelaskan teori belajar gerak, termasuk keterampilan dasar dan kompleks dan hubungan timbal balik di antara domain kognitif, afektif dan psikomotorik.
- Memahami standar kompetensi mata pelajaran yang diampu.
- Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.
- Memahami tujuan pembelajaran yang diampu.
- Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
- Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
- Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus.
- Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan.
- Melakukan penelitian tindakan kelas Untuk peningkatan keprofesionalan.
- Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber.
- Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber.
- Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi.
Indikator Esensial
- Menjelaskan pengertian pendidikan olahraga.
- Menjelaskan pengertian pendidikan kesehatan.
- Menjelaskan landasan filosofis pendidikan jasmani, pendidikan olahraga dan pendidikan kesehatan.
- Menganalisis perbedaan dan persamaan pendidikan jasmani, pendidikan olahraga dan pendidikan kesehatan.
- Mengaplikasikan perspektif sejarah pendidikan jasmani dalam pengembangan sikap peserta didik .
- Menjelaskan caara kerja organ vital tubuh dan jaringannya.
- Menerapkan prinsip kerja organ vital tubuh dalam melakukan pembelajaran penjasorkes.
- Mengaplikasikan pengetahuan tentang ilmu urai tubuh untuk pengembangan sikap peserta didik.
- Menjelaskan pengertian tentang kinesiologi.
- Menjelaskan berbagai hukum gerak.
- Menjelaskan prinsip gerak untuk efisiensi kinerja tubuh.
- Menjelaskan prinsip kerja alat gerak tubuh manusia.
- Menerapkan prinsip sistem energi tubuh dalam melakukan pembelajaran penjasorkes.
- Menjelaskan konsep psikologi.
- Mengidentifikasi gejala psikologis peserta didik dan tindakannya.
- Menerapkan prinsip psikologi olahraga dalam memberi tindakan terhadap gejala gangguan psikologi peserta didik di (motivasi, orientasi diri, kecemasan dan stress, serta persepsi diri).
- Menjelaskan konsep sosiologi.
- Mengidentifikasi gejala-gejala sosiologis peserta didik.
- Menerapkan prinsip sosiologi olahraga dalam memberi tindakan terhadap gejala gangguan sosial peserta didik di (dinamika sosial; etika dan perilaku moral, dan budaya, suku, dan perbedaan jenis kelamin).
- Menyebut tahap-tahap perkembangan gerak.
- Menyebut aspek-aspek yang mempengaruhi perkembangan gerak.
- Mengevaluasi pola gerak dasar dan teknik keterampilan ideal peserta didik.
- Menjelaskan konsep belajar gerak peserta didik.
- Mengevaluasi pola gerak dasar dan teknik keterampilan dalam pembelajaran penjasorkes.
- Menerapkan prinsip belajar gerak, dalam melakukan pembelajaran penjasorkes.
- Menerapkan tahap-tahap belajar gerak dalam pembelajaran penjasorkes.
- Mengidentifikasi landasan yuridis kompetensi mata pelajaran penjasorkes
- Menganalisis kompetensi inti mata pelajaran penjasorkes.
- Mengidentifikasi kompetensi dasar mata pelajaran penjasorkes.
- Menjelaskan prinsip perumusan tujuan pembelajaran.
- Mengidentifikasi indikator pencapaian kompetensi.
- Menganalisis karakteristik peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangannya.
- Mengidentifikasi materi pembelajaran untuk pengembangan pola gerak dasar.
- Memilih materi pembelajaran penjasorkes untuk pengembangan pola gerak dasar.
- Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes dalam lingkup aktivitas permainan dan olahraga bola besar.
- Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas permainan dan olahraga bola besar.
- Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas permainan dan olahraga bola kecil.
- Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas permainan dan olahraga bola kecil.
- Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas atletik.
- Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas atletik.
- Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas bela diri.
- Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas bela diri.
- Mengidentifikasi materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas pengembangan kebugaran jasmani.
- Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas pengembangan kebugaran jasmani.
- Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas senam.
- Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas senam.
- Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas gerak berirama (ritmik).
- Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas gerak berirama (ritmik).
- Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas air.
- Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas air.
- Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup pertolongan pertama pada kegawatdaruratan.
- Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup pertolongan pertama pada kegawatdaruratan.
- Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup pengembangan budaya hidup sehat.
- Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup pengembangan budaya hidup sehat.
- Menerapkan prinsip dan prosedur pemodifikasian materi pembelajaran penjasorkes.
- Memodifikasi materi pembelajaran penjasorkes sesuai dengan karakteristik peserta didik.
- Menjelaskan kompetensi profesi yang harus dimiliki guru.
- Melakukan penilaian kinerja secara mandiri (self assessment).
- Menjelaskan cara melakukan tindakan reflektif dengan penilaian mandiri (self assessment).
- Menjelaskan prosedur pemanfaatan hasil penilaian kinerja mandiri.
- Menganalisis permasalahan pembelajaran untuk dilakukan penelitian tindakan kelas.
- Mengidentifikasi tahap dan prosedur Penelitian Tindakan Kelas.
- Memilih solusi permasalahan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas.
- Menganalisis media informasi yang efektif untuk peningkatan keprofesionalan berkelanjutan.
- Menjelaskan berbagai informasi terkini sesuai dengan bidang profesinya.
- Memanfaatkan perangkat TIK dalam pengembangan pembelajaran.
Baca juga : Kisi-kisi Soal Ujian PPG Matematika Tahun 2018
Demikian ulasan tentang kisi-kisi Soal Ujian PPG Penjas Orkes Tahun 2018. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.
Kisi-kisi Soal Ujian Program PPG Penjas Orkes Tahun 2018
Reviewed by My Profile
on
12:10 AM
Rating:
No comments:
Note: Only a member of this blog may post a comment.