Kisi-kisi Soal Ujian Program PPG Penjas Orkes Tahun 2018

Bismillah...

Sahabat baiq yang berbahagia. Bagi anda yang sedang mencari Kisi-Kisi Soal Ujian Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk mata pelajaran Penjas Orkes tahun 2018, semoga artikel ini bisa membantu anda. Selamat membaca!
Kompetensi Inti
  1. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes
  2. Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu 
  3. Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif
  4. Mengembangkankeprofesionalan secara berkelanjutandengan melakukan tindakan reflektif Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.

Kompetensi Mapel/Keahlian
  1. Menjelaskan dimensi filosofis pendidikan jasmani termasuk etika sebagai aturan dan profesi.
  2. Menjelaskan perspektif sejarah pendidikan jasmani.
  3. Menjelaskan dimensi anatomi manusia, secara struktur dan fungsinya.
  4. Menjelaskan aspek kinesiologi dan kinerja fisik manusia.
  5. Menjelaskan aspek fisiologis manusia dan efek dari kinerja latihan.
  6. Menjelaskan aspek psikologi pada kinerja manusia, termasuk motivasi dan tujuan, kecemasan dan stress, serta persepsi diri.
  7. Menjelaskan aspek sosiologi dalam kinerja diri, termasuk dinamika sosial; etika dan perilaku moral, dan budaya,suku, dan perbedaan jenis kelamin.
  8. Menjelaskan aspek sosiologi dalam kinerja diri, termasuk dinamika sosial; etika dan perilaku moral, dan budaya,suku, dan perbedaan jenis kelamin.
  9. Menjelaskan teori perkembangan gerak, termasuk aspek-aspekyang mempengaruhinya.
  10. Menjelaskan teori belajar gerak, termasuk keterampilan dasar dan kompleks dan hubungan timbal balik di antara domain kognitif, afektif dan psikomotorik.
  11. Menjelaskan teori belajar gerak, termasuk keterampilan dasar dan kompleks dan hubungan timbal balik di antara domain kognitif, afektif dan psikomotorik.
  12. Memahami standar kompetensi mata pelajaran yang diampu.
  13. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.
  14. Memahami tujuan pembelajaran yang diampu.
  15. Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
  16. Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
  17. Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus.
  18. Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan.
  19. Melakukan penelitian tindakan kelas Untuk peningkatan keprofesionalan.
  20. Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber.
  21. Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber.
  22. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi.
Indikator Esensial
  1. Menjelaskan pengertian pendidikan olahraga.
  2. Menjelaskan pengertian pendidikan kesehatan.
  3. Menjelaskan landasan filosofis pendidikan jasmani, pendidikan olahraga dan pendidikan kesehatan.
  4. Menganalisis perbedaan dan persamaan pendidikan jasmani, pendidikan olahraga dan pendidikan kesehatan.
  5. Mengaplikasikan perspektif sejarah pendidikan jasmani dalam pengembangan sikap peserta didik .
  6. Menjelaskan caara kerja organ vital tubuh dan jaringannya.
  7. Menerapkan prinsip kerja organ vital tubuh dalam melakukan pembelajaran penjasorkes.
  8. Mengaplikasikan pengetahuan tentang ilmu urai tubuh untuk pengembangan sikap peserta didik.
  9. Menjelaskan pengertian tentang kinesiologi.
  10. Menjelaskan berbagai hukum gerak.
  11. Menjelaskan prinsip gerak untuk efisiensi kinerja tubuh.
  12. Menjelaskan prinsip kerja alat gerak tubuh manusia.
  13. Menerapkan prinsip sistem energi tubuh dalam melakukan pembelajaran penjasorkes.
  14. Menjelaskan konsep psikologi.
  15. Mengidentifikasi gejala psikologis peserta didik dan tindakannya.
  16. Menerapkan prinsip psikologi olahraga dalam memberi tindakan terhadap gejala gangguan psikologi peserta didik di (motivasi, orientasi diri, kecemasan dan stress, serta persepsi diri).
  17. Menjelaskan konsep sosiologi.
  18. Mengidentifikasi gejala-gejala sosiologis peserta didik.
  19. Menerapkan prinsip sosiologi olahraga dalam memberi tindakan terhadap gejala gangguan sosial peserta didik di (dinamika sosial; etika dan perilaku moral, dan budaya, suku, dan perbedaan jenis kelamin).
  20. Menyebut tahap-tahap perkembangan gerak.
  21. Menyebut aspek-aspek yang mempengaruhi perkembangan gerak.
  22. Mengevaluasi pola gerak dasar dan teknik keterampilan ideal peserta didik.
  23. Menjelaskan konsep belajar gerak peserta didik.
  24. Mengevaluasi pola gerak dasar dan teknik keterampilan dalam pembelajaran penjasorkes.
  25. Menerapkan prinsip belajar gerak, dalam melakukan pembelajaran penjasorkes.
  26. Menerapkan tahap-tahap belajar gerak dalam pembelajaran penjasorkes.
  27. Mengidentifikasi landasan yuridis kompetensi mata pelajaran penjasorkes
  28. Menganalisis kompetensi inti mata pelajaran penjasorkes.
  29. Mengidentifikasi kompetensi dasar mata pelajaran penjasorkes.
  30. Menjelaskan prinsip perumusan tujuan pembelajaran.
  31. Mengidentifikasi indikator pencapaian kompetensi.
  32. Menganalisis karakteristik peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangannya.
  33. Mengidentifikasi materi pembelajaran untuk pengembangan pola gerak dasar.
  34. Memilih materi pembelajaran penjasorkes untuk pengembangan pola gerak dasar.
  35. Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes dalam lingkup aktivitas permainan dan olahraga bola besar.
  36. Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas permainan dan olahraga bola besar.
  37. Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas permainan dan olahraga bola kecil.
  38. Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas permainan dan olahraga bola kecil.
  39. Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas atletik.
  40. Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas atletik.
  41. Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas bela diri.
  42. Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas bela diri.
  43. Mengidentifikasi materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas pengembangan kebugaran jasmani.
  44. Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas pengembangan kebugaran jasmani.
  45. Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas senam.
  46. Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas senam.
  47. Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas gerak berirama (ritmik).
  48. Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas gerak berirama (ritmik).
  49. Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas air.
  50. Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup aktivitas air.
  51. Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup pertolongan pertama pada kegawatdaruratan.
  52. Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup pertolongan pertama pada kegawatdaruratan.
  53. Mengidentifikasi materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup pengembangan budaya hidup sehat.
  54. Memilih materi pembelajaran penjasorkes di dalam lingkup pengembangan budaya hidup sehat.
  55. Menerapkan prinsip dan prosedur pemodifikasian materi pembelajaran penjasorkes.
  56. Memodifikasi materi pembelajaran penjasorkes sesuai dengan karakteristik peserta didik.
  57. Menjelaskan kompetensi profesi yang harus dimiliki guru.
  58. Melakukan penilaian kinerja secara mandiri (self assessment).
  59. Menjelaskan cara melakukan tindakan reflektif dengan penilaian mandiri (self assessment).
  60. Menjelaskan prosedur pemanfaatan hasil penilaian kinerja mandiri.
  61. Menganalisis permasalahan pembelajaran untuk dilakukan penelitian tindakan kelas.
  62. Mengidentifikasi tahap dan prosedur Penelitian Tindakan Kelas.
  63. Memilih solusi permasalahan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas.
  64. Menganalisis media informasi yang efektif untuk peningkatan keprofesionalan berkelanjutan.
  65. Menjelaskan berbagai informasi terkini sesuai dengan bidang profesinya.
  66. Memanfaatkan perangkat TIK dalam pengembangan pembelajaran.

Demikian ulasan tentang kisi-kisi Soal Ujian PPG Penjas Orkes Tahun 2018. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.
Kisi-kisi Soal Ujian Program PPG Penjas Orkes Tahun 2018 Kisi-kisi Soal Ujian Program PPG Penjas Orkes Tahun 2018 Reviewed by My Profile on 12:10 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.