Bismillah...
Sahabat baiq yang berbahagia. Bagi anda yang sedang mencari Kisi-Kisi Soal Ujian Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk mata pelajaran Bimbingan dan Konseling (BK) tahun 2018, semoga artikel ini bisa membantu anda. Selamat membaca!
Kompetensi Inti
- Menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan, dan masalah konseli
- Menguasai kerangka teoretik dan praksis bimbingan dan konseling
- Merancang program Bimbingan dan Konseling
- Mengimplementasikan program Bimbingan dan
- Konseling yang komprehensif Menilai proses dan hasil kegiatan Bimbingan dan Konseling.
- Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika profesional
- Menguasai konsep dan praksis penelitian dalam bimbingan dan konseling
Kompetensi Mapel/Keahlian
- Memilih teknik asesmen, sesuai dengan kebutuhan pelayanan bimbingan dan konseling
- Menyusun dan mengembangkan instrumen asesmen untuk keperluan bimbingan dan konseling
- Mengadministrasikan asesmen untuk mengungkapkan masalah-masalah konseli.
- Memilih dan mengadministrasikan teknik asesmen pengungkapan kemampuan dasar dan kecenderungan pribadi konseli.
- Memilih dan mengadministrasikan instrumen untuk mengungkapkan kondisi aktual konseli berkaitan dengan lingkungan
- Mengakses data dokumentasi tentang konseli dalam pelayanan bimbingan dan konseling
- Menggunakan hasil asesmen dalam pelayanan bimbingan dan konseling dengan tepat
- Menampilkan tanggung jawab profesional dalam praktik asesmen
- Mengaplikasikan hakikat pelayanan bimbingan dan konseling.
- Mengaplikasikan arah profesi bimbingan dan konseling.
- Mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan bimbingan dan konseling.
- Mengaplikasikan pelayanan bimbingan dan konseling sesuai kondisi dan tuntutan wilayah kerja
- Mengaplikasikan pendekatan/model/jenis pelayanan dan kegiatan pendukung bimbingan dan konseling.
- Mengaplikasikan dalam praktik format pelayanan bimbingan dan konseling.
- Menganalisis kebutuhan konseling
- Menyusun program bimbingan dan konseling yang berkelanjutan berdasar kebutuhan peserta didik secara komprehensif dengan pendekatan perkembangan
- Menyusun rencana pelaksanaan program bimbingan dan konseling
- Merencanakan sarana dan biaya penyelenggaraan program bimbingan dan konseling
- Melaksanakan program bimbingan dan konseling.
- Melaksanakan pendekatan kolaboratif dalam pelayanan bimbingan dan konseling.
- Memfasilitasi perkembangan akademik, karier, personal, dan sosial konseli
- Mengelola sarana dan biaya program bimbingan dan konseling
- Melakukan evaluasi hasil, proses, dan program bimbingan dan konseling
- Melakukan penyesuaian proses pelayanan bimbingan dan konseling.
- Menginformasikan hasil pelaksanaan evaluasi pelayanan bimbingan dan konseling kepada pihak terkait
- Menggunakan hasil pelaksanaan evaluasi untuk merevisi dan mengembangkan program bimbingan dan konseling
- Memahami dan mengelola kekuatan dan keterbatasan pribadi dan profesional.
- Menyelenggarakan pelayanan sesuai dengan kewenangan dan kode etik profesional konselor
- Mempertahankan objektivitas dan menjaga agar tidak larut dengan masalah konseli
- Melaksanakan referal sesuai dengan keperluan
- Peduli terhadap identitas profesional dan pengembangan profesi
- Mendahulukan kepentingan konseli daripada kepentingan pribadi konselor
- Menjaga kerahasiaan konseling
- Memahami berbagai jenis dan metode penelitian
- Mampu merancang penelitian bimbingan dan konseling
- Penelitian bimbingan dan konseling
- Memanfaatkan hasil penelitian dalam bimbingan dan konseling dengan mengakses jurnal pendidikan dan bimbingan dan konseling
Indikator Esensial
- Guru BK atau konselor dapat menjelaskan berbagai teknik asesmen dalam pelayanan bimbingan dan konseling
- Guru BK atau konselor dapat menetapkan teknik asesmen, sesuai dengan kebutuhan pelayanan bimbingan dan konseling
- Guru BK atau konselor menguasai prosedur pengembangan intrumen assesmen untuk keperluan bimbingan dan konseling
- Guru BK atau konselor dapat menyusun dan mengembangkan instrumen asesmen nontes untuk keperluan bimbingan dan konseling
- Guru BK atau konselor dapat mengadministrasikan asesmen untuk mengungkapkan masalah-masalah konseli
- Guru BK atau konselor dapat memilih teknik asesmen pengungkapan kemampuan dasar dan kecenderungan pribadi konseli.
- Guru BK atau konselor dapat mengadministrasikteknik asesmen pengungkapan kemampuan dasar dan kecenderungan pribadi konseli.
- Guru BK atau konselor dapat memilih instrumen untuk mengungkapkan kondisi aktual konseli berkaitan dengan lingkungan
- Guru BK atau konselor dapat mengadministrasikan instrumen untuk mengungkapkan kondisi aktual konseli berkaitan dengan lingkungan
- Guru BK atau konselor dapat mengakses data dokumentasi tentang konseli dalam pelayanan bimbingan dan konseling
- Guru BK atau konselor dapat Menghubungkan hasil asesmen pribadi konseli dengan
- Guru BK atau konselor dapat menghubungkan hasil asesmen lingkungan konseli dengan jenis layanan BK yang dibutuhkan
- Guru BK atau konselor dapat menerapkan etika profesional dalam praktik asesmen
- Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikan hakikat pelayanan bimbingan dan konseling.
- Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikan arah kebijakan pengembangan profesi bimbingan dan konseling.
- Guru BK atau konselor dapat menerapkan dasar-dasar pelayanan bimbingan dan konseling.
- Guru BK atau konselor dapat menerapkan pelayanan bimbingan dan konseling sesuai kondisi dan tuntutan wilayah kerja.
- Guru BK atau konselor dapat menetapkan penggunaan pendekatan, model dan teknik konseling dalam seting layanan individual dan kelompok.
- Guru BK atau konselor dapat menerapkan pendekatan, model dan teknik konseling dalam seting layanan individual dan kelompok
- Guru BK atau konselor dapat Menentukan metode layanan bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok yang sesuai dengan tujuan layanan
- Guru BK atau konselor menyusun materi layanan bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok berbasis kebutuhan peserta didik
- Guru BK atau konselor dapat menerapkan prinsip-prinsip bimbingan dan konseling dalam pelayanan klasikal atau kelompok
- Guru BK atau konselor dapat Menerapkan prinsip-prinsip bimbingan dan konseling dalam pelayanan konseling individu atau kelompok
- Guru BK atau konselor melakukan analisis kebutuhan konseli
- Guru BK atau konselor dapat menyusun program bimbingan dan konseling berkelanjutan berdasar kebutuhan peserta didik secara komprehensif dengan pendekatan perkembangan
- Guru BK atau konselor dapat menyusun rencana pelaksanaan program bimbingan dan konseling
- Guru BK atau konselor dapat merinci sarana penyelenggaraan program bimbingan dan konseling
- Guru BK atau konselor dapat merinci biaya penyelenggaraan program bimbingan dan konseling
- Guru BK atau konselor dapat menerapkan program dalam berbagai layanan bimbingan dan konseling.
- Guru BK atau konselor dapat menerapkan pendekatan kolaboratif dalam pelayanan bimbingan dan konseling.
- Guru BK atau konselor dapat mengembangkan materi, metode dan media pelayanan bidang akademik
- Guru BK atau konselor dapat mengembangkan materi, metode dan media pelayanan bidang karier
- Guru BK atau konselor dapat mengembangkan materi, metode dan media pelayanan bidang pribadi
- Guru BK atau konselor dapat mengembangkan materi, metode dan media pelayanan bidang sosial
- Guru BK atau konselor dapat mengelola sarana program bimbingan dan konseling
- Guru BK atau konselor dapat mengelola biaya program bimbingan dan konseling
- Guru BK atau konselor dapat menguasai evaluasi program bimbingan dan konseling
- Guru BK atau konselor dapat melakukan evaluasi proses pelayanan bimbingan dan konseling
- Guru BK atau konselor dapat melakukan evaluasi hasil layanan bimbingan dan konseling
- Guru BK atau konselor menelaah kesesuaian rencana pelaksanaan layanan BK (RPLBK) dengan proses pelayanan bimbingan dan konseling
- Guru BK atau konselor melaporkan dan menyosialisasikan hasil evaluasi program bimbingan dan konseling kepada pihak terkait
- Guru BK atau konselor dapat memanfaatkan hasil evaluasi program untuk merevisi dan mengembangkan program bimbingan dan konseling selanjutnya
- Guru BK atau Konselor menelaah kualifikasi akademik dan profesionalitasnya
- Guru BK atau Konselor merencanakan pengembangan profesionalitasnya
- Guru BK atau konselor memahami batas-batas kewenangan dan kode etik profesi
- Guru BK atau konselor dapat menyelenggarakan pelayanan sesuai dengan kode etik profesi
- Guru BK atau konselor dapat menjaga objektivitas layanannya
- Guru BK atau konselor menyusun rencana dan dasar pertimbangan pelaksanaan referal sesuai dengan keperluan
- Guru BK atau konselor melaksanakan referral sesuai keperluan
- Guru BK atau konselor melaksanakan pengembangan diri untuk meningkan profesionalitas secara berkelanjutan
- Guru BK atau konselor dapat mendahulukan kepentingan konseli dan profesinya
- Guru BK atau konselor menerapkan asas kerahasiaan dalam layanan BK
- Guru BK atau Konselor dapat mengklasifikasikan jenis-jenis dan metode penelitian dalam bimbingan dan konseling
- Guru BK atau konselor dapat memilih jenis dan metode penelitian yang sesuai dalam bimbingan dan konseling
- Mampu merancang penelitian bimbingan dan konseling
- Guru BK atau konselor dapat melaksanakan penelitian bimbingan dan konseling
- Guru BK atau konselor dapat melaporkan penelitian bimbingan dan konseling
- Guru BK atau konselor mampu memanfaatkan hasil penelitian untuk perbaikan dan pengembangan layanan bimbingan dan konseling
- Guru BK atau konselor mampu mempublikasikan hasil penelitian bimbingan dan konseling
Baca juga : Kumpulan Kisi-kisi Soal Ujian PPG Tahun 2018
Demikianlah ulasan tentang kisi-kisi soal ujian PPG untuk mapel Bimbingan Konseling (BK) Tahun 2018. Terimakasih sudah berkunjung, dan semoga bermanfaat.
Kisi-kisi Soal Ujian PPG BK Tahun 2018
Reviewed by My Profile
on
6:25 PM
Rating:
No comments:
Note: Only a member of this blog may post a comment.