Bismillah...
Sahabat baiq yang berbahagia. Tak jemu saya menyapa meski hanya di dunia maya. Apa kabar semuanya? Semoga selalu dalam kondisi terbaik. Masih seputar dunia pendidikan, kali ini kembali saya akan berbagi Rangkuman materi untuk adik-adik SMP Kelas 7 kurikulum 2013 BAB 11 tentang Pasar. Silahkan di baca dengan seksama, dan juga bisa di unduh melalui link yang sudah di sediakan di bawah.
A. Pengertian Pasar
Pasar adalah tempat pertemuan antara pejual dan pembeli baik secara langsung maupun tidak.
Adapun syarat-syarat Pasar antara lain:
- Adanya Penjual
- Adanya Pembeli
- Tersedianya Barang yang diperjual belikan
- Terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli.
B. Fungsi Pasar
- Fungsi distribusi Pasar sebagai tempat untuk menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen
- Fungsi pembentukan harga Pasar sebagai tempat terjadinya proses tawar menawar sehingga terbentuk harga
- Fungsi Promosi Pasar sebagai tempat untuk memperkenalkan hasil produksi kepada konsumen
- Fungsi penyerapan tenaga kerja Pasar menjadi tempat bagi orang untuk mencari pekerjaan
C. Jenis Pasar
1. Menurut Wujud
a. Pasar Kongkret
Pasar dimana barang yang diperjualbelikan benar-benar ada, penjual dan pembeli bertemu langsung.
Cirinya:
- Transaski langsung,
- barang dapat dibawa saat itu juga,
- yang diperjuabelikan ada.
b. Pasar Abstrak
Pasar melalui interaksi media secara tidak langsung antara penjual dan pembeli.
Cirinya :
- Penjual dan pembeli berada di tempat yang berbeda
- Transaksi dilandasi oleh rasa saling percaya
- Barang yang diperjualbelikan tidak tersedia, hanya contoh saja
- Transaski dilakukan dalam partai besar
- Penyerahan barang ada tenggang waktu
2. Pasar Menurut Luas Jangkauan
1. Pasar Lokal
Pasar lokal adalah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu kota/daerah tempat produk itu dihasilkan. Contoh pasar geplak di Bantul dan pasar jenang ayu di Klaten.
2. Pasar Nasional
Pasar Nasional adalah suatu pasar sebagai pertemuan antara penjual dengan pembeli dari berbagai daerah atau wilayah dalam satu negara, contoh pasar nasional adalah pasar cengkih di manado, pasar kakao di makassar, pasar tembakau di sumatra
3. Pasar Internasional
Pasar internasional adalah pasar yang membeli dan menjual produk dari beberapa negara. Bisa juga dikatakan luas jangkauannya di seluruh dunia. Contoh pasar Wol di Sidney dan pasar kopi di Santos Brazil
4. Pasar Regional
Pasar yang daerah pemasarannya meliputi beberpa negara kawasan tertentu seperti Asean adanya AFTA (ASEAN Free Trade Area)
3. Pasar Menurut Barang yang Diperjualbelikan
1. Pasar Barang Komsumsi
Pasar barang komsumsi adalah pasar yang menjual barang-barang yang dapat langsung dipakai untuk kebutuhan rumah tangga
2. Pasar Barang Produksi
Pasar barang produksi adalah pasar yang memperjualbelikan faktor-faktor produksi. Dalam pasar ini diperjualbelikan sumber daya produksi. Misalnya, pasar mesin-mesin, pasar tenaga kerja, dan pasar uang.
4. Pasar Menurut Waktu Penyelenggaraan
1. Pasar Harian
Pasar harian adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan tiap hari. Pasar harian ini umumnya terdapat di kota-kota.
2. Pasar Mingguan
Pasar mingguan adalah pasar yang kegiatan jual belinya hanya satu kali dalam seminggu. Pasar mingguan ini terdapat di daerah-daerah pedesaan.
3. Pasar Bulanan
Pasar bulanan adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan setiap sebulan sekali.
4. Pasar Tahunan
Pasar tahunan adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan setiap setahun sekali. Contoh Pekan Raya Jakarta
5. Pasar Temporer
Pasar temporer adalah pasar yang diselenggarakan organisasi/instansi pada acara tertentu, atau diadakannya hanya sewaktu-waktu (tidak tetap)
5. Pasar Menurut Organisasi/Strukturnya
1. Pasar Persaingan Sempurna (Perpect Competetion Market)
Dalam pasar persaingan sempurna terdapat banyak penjual atau pembeli .Barang yang diprjualbelikan dalam pasar persaingan sempurna homogen (sejenis). Contoh: Pasar sayur mayur dan buah-buahan
2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Dalam pasar persaingan tidak sempurna, para penjual maupun pembeli mempunyai kebebasan dalam menentukan harga dan jumlah barang yang akan diperjualbelikan
a. Pasar Monopoli
Hamban-hambatan pada pasar monopoli :
1) Penetapan harga serendah mungkin
2) Adanya kepemilikan terhadap hak paten atau hak cipta dan hak ekslusif
3) Pengawasan yang ketat terhadap agen pemasaran dan distributor
4) Adanya skala ekonomis yang sangat besar
5) Mempunyai sumberdaya yang unik
Penyebab timbulya monopoli:
1) Ditetapkan oleh Pemerintah melalui undang-undang
2) Penggabungan dari berbagai perusahaan
3) Adanya hak cipta atau hak paten atas hasil karya seseorang yang diberikan kepada suatu perusahaan.
b. Pasar Duopoli
Yaitu pasar dimana penawaran suatu barang dikuasai oleh dua perusahaan
Ciri-cirinya :
1) Terdapat dua penjual dan banyak pembeli
2) Harga ditentukan secara sepihak oleh kedua penjual baik dengan kesepakatan atau tidak
c. Pasar oligopoli
Pasar dimana beberapa perusahaan menguasai penawaran satu jenis barang
Ciri-cirinya:
1) Banyak pembeli di pasar
2) Hanya ada beberapa penjual
3) Produk yang dijual hanya bersifat homogen dan bisa juga berbeda namun memenuhi standar mutu
4) Terdapat hambatan untuk memasuki pasar bagi perusahaan baru
5) Adanya saling ketergantungan
6) Penggunaan iklan sangat intensif
Pasar Monopsoni
Pasar yang dikuasai oleh seseorang pembeli untuk suatu jenis barang dan jasa
Pasar Persaingan Monopolistis
Dalam pasar ini terdapat banyak penjual dan pembeli. Penjual bisa melakukan monopoli karena keistimewaan produk masing-masing. Pembeli bebas menentukan pilihannya dalam berbelanja. Jadi, pasar ini ada unsur persaingan dan monopoli.
Pasar Oligoponi dan Oligopsoni
Adapun Oligopsoni merupakan jenis pasar yang hanya ada beberapa penjual dan terdapat banyak pembeli di pasar tersebut.
Baca juga :
Demikian rangkuman materi IPS Kelas 7 Kurikulum 2013 BAB 11 tentang Pasar. Terimkasih sudah berkunjung, dan semoga bermanfaat. Jika ingin memiliki rangkumannya, silahkan bisa di unduh melalui link yang sudah di sediakan di bawah ini.
Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Kurikulum 2013 Bab 11 Tentang Pasar
Reviewed by My Profile
on
11:14 PM
Rating:
No comments:
Note: Only a member of this blog may post a comment.