Download Kisi-Kisi PAT/UKK B. INDONESIA MTs Kelas 8 T.P. 2018/2019 Tahun 2019

Bismillah....

Sahabat baiq yang berbahagia. Dalam waktu yang tidak lama lagi, kelas 7 dan 8 akan mengikuti ujian akhir di tingkat masing-masing yang dikenal dengan sebutan Penilaian Akhir Tahun (PAT). PAT ini merupakan suatu tahapan evaluasi untuk semua peserta didik baik kelas 7 maupun kelas 8, sebelum nanti naik ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi. Karena PAT ini merupakan  salah evaluasi yang berhubungan dengan kenaikan kelas, maka para peserta didik harus mempersiapkan sebaik mungkin materi yang akan di ujikan pada PAT tahun ini.



Untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi Kisi-Kisi PAT B. INDONESIA MTs Kelas 8 Tahun Pelajaran 2018//2019 Tahun pelaksanaan 2019. Semoga dengan adanya kisi-kisi ini dapat meningkatkan prestasi para peserta didik di kelas. Selamat Belajar!

KOMPETENSI DASAR
  • 3.11 Mengidentifikasi  informasi pada teks  ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan
  • 4.11 Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar.
  • 3.12 Menelaah struktur  dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca
  • 4.12 Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan  secara lisan dan tulisdengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan 
  • 3.13 Mengidentifikasi jenis  saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
  • 4.13 Menyimpulkan  isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
  • 3. 14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca 
  • 4.14 Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan 
  • 3.15 Mengidentifikasi unsur-unsur  drama (tradisional dan moderen) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah.
  • 4.15 Menginterprestasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/ didengar 
  • 3.15 Mengidentifikasi unsur-unsur  drama (tradisional dan moderen) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah.
  • 4.15 Menginterprestasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/ didengar 
  • 3.17 Menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
  • 4.17 Membuat peta konsep/ garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
  • 3.18 Menelaah unsur  buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
  • 4.18 Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca  secara lisan/ tertulis
MATERI POKOK
  • • Pengertian teks ulasan
  • • Macam-macam teks ulasan berdasarkan isinya 
  • • Maksud/ arti penting teks ulasan
  • • Kelebihan/ kelemahan dalam teks ulasan.
  • • Struktur teks ulasan:
  1. Identitas karya
  2. orientasi
  3. sinopsis
  4. analisis
  5. evaluasi 
  • • Kaidah kebahasaan teks ulasan. 
  • • Cara menulis teks ulasan
  • • Pengertian dan is teks persuasi.
  • • Ajakan-ajakan dalam teks persuasi.
  • • Langkah-langkah penyusunan kesimpulan
  • • Strukturdanunsurkebahasaantekspersuasi
  • • Menggunakaankonjungsisupayadanselagi(pengayaan)
  • • Cara menyajikantekspersuasi
  • • Penyiapanbujukan/ ajakan.
  • • Memperhatikanstruktur/ kaidahtekspersuasi
  • • Pengertian/karakte-ristik  teks drama
  • • Unsur-unsur  teks drama 
  • • Penjelasan isi drama
  • • Tanggapan atas drama
  • • Karakteristik teks drama berdasar-kan struktur dan kaidahnya.
  • • Cara menulis naskah drama dari karya yang sudah ada dan yang orisinal.
  • • Langkahlangkah pementasan drama
  • • Keragaman informasi dalam buku fiksi/ nonfiksi.
  • • Informasi buku melalui indeks.
  • • Catatan tentang isi buku.
  • • Teknik-teknik membaca.  
  • • Ungkapan dalam buku fiksi.
  • • Unsur-unsur menarik dalam buku fiksi.
  • • Daya tarik bacaan.
  • • Mendiskusikan isi buku.
INDIKATOR SOAL
  • Peserta didik dapat menentukan bagian struktur teks ulasan  dengan tepat
  • Disajikankutipan teks ulasan, peserta didikdapatmenentukanobjek ulasan dengan benar
  • Disajikan kutipan teks ulasan, peserta didik dapat menentukan jenis buku yang diulas dengan tepat
  • Disajikan data buku, peserta didik dapat menentukan kelebihan buku dengan tepat
  • Disajikan data buku, peserta didik dapat menentukan kelemahan buku dengan tepat
  • Disajikankutipan teks, peserta didik dapat menentukan struktur  teks ulasan  dengan tepat
  • Disajikankutipan teks, peserta didik dapat menentukan kata teknis yang digunakan dengan dengan tepat
  • Disajikankutipanteks, pesertadidikdapatmenentukan kelemahan karya yang dibaca dengan tepat.
  • Disajikankutipan teks ulasan, peserta didik dapat menilai kekurangan teks
  • Disajikankutipan teks ulasan, peserta didik dapat menentukan bagian-bagian  struktur teks
  • Peserta didik dapat menentukan langkah menyusun teks ulasan dengan tepat.
  • Peserta didik dapat menentukan bagian struktur teks persuasi  dengan tepat
  • Disajikankutipan teks persusasi,peserta didik dapat menentukan kalimat ajakan yang terdapat dalam paragraf
  • Disajikankutipan teks persusasi,peserta didik dapat menyimpulkan teks dengan tepat
  • Disajikankutipan teks persusasi,peserta didik dapat menentukan fakta yang terdapat dalam teks dengan tepat
  • Disajikankutipan teks persusasi,peserta didik dapat menentukan kalimat utama   dengan tepat
  • Disajikan kutipan teks pesuasi, peserta didik dapat menuliskan kalimat ajakan yang terdapat dalam teks dengan tepat
  • Disajikankutipan teks persusasi,peserta didik dapat menentukan struktur teks  dengan tepat
  • Disajikankalimat rumpang,peserta didik dapat mengisi dengan kata istilah yang tepat
  • Peserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan konjungsi argumentatif dengan tepat
  • Disajikansebuah kalimat,peserta didik dapat menentukan kata kerja tepat
  • Disajikan kalimat yang mengandung kata teknis/istilah, peserta didik dapat menentukan makna kata dengan tepat
  • Disajikan teks persuasi yang acak, peserta didik dapat menentukan urutan kalimat dengan tepat
  • Disajikan 3 istilah/kata teknis, peserta didik dapat membuat kalimat dengan tepat
  • Disajikan teks drama, peserta didik dapat menentukan watak tokoh dengan tepat
  • Disajikan teks drama, peserta didik dapat dapat menentukan isi drama dengan tepat
  • Disajikan teks drama, peserta didik dapat menentukan suasana yang tergambar dalam teks dengan tepat
  • Disajikan teks drama, peserta didik dapat menentukan latar waktu dan tempat dengan tepat
  • Disajikan teks drama, peserta didik dapat menentukan bagian teks sesuai dengan struktur
  • Disajikan teks drama, peserta didik dapat menentukan kosa kata percakapan dalam teks dengan tepat
  • Disajikan teks drama, peserta didik didik dapat menetukan kata ganti dengan tepat
  • Disajikan teks drama, pesrta didik dapat menentukan amanat dengan tepat
  • Peserta didik dapat menentukan contoh kalimat tanya retoris dengan tepat
  • Disajikan kutipan teks cerpen, peserta didik dapat mengubah teks cerpen menjadi teks drama dengan tepat
  • Disajikan kutipan teks nonfiksi, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan kutipan dengan tepat
  • Disajikan kutipan cerpen, pserta didik dapat menentukan masalah yang terdapat dalam kutipan dengan tepat
  • Disajikan indeks buku, peserta didik dapat menentukan informasi yang derdapat dalam indeks dengan tepat
  • Peserta didik dapat menentukan judul buku yang termasuk karya fiksi dengan tepat
  • Disajikan kutipan teks, peserta didik dapat menentukan frasa adjektif yang terdapat dalam kutipan dengan tepat
  • Disajikan paragraf yang terdapat ungkapan kata, peserta didik dapat menentukan makna ungkapan dengan tepat
  • Disajikan kutipan paragraf peserta didik dapat menentukan kalimat utama dengan tepat
  • Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan ide pokok paragraf dengan tepat
  • Disajikan kutipan teks fiksi, pserta didik dapat menetukan karakter tokoh dengan tepat
  • Disajikan kutipan teks nonfiksi peserta didik dapat menentukan simpulan isi teks dengan tepat
  • Peserta didik dapat menentukan paragraf yang mengandung unsur jawaban dari apa, di mana, dan kapan
Untuk mendapatkan file Kisi-Kisi PAT B. INDONESIA MTs Kelas 8 T.P. 2018/2019 Tahun 2019, Silahkan bisa mengunduhnya melalui tampilan preview di bawah atau bisa juga klik DISINI.



Demikian ulasan tentang Kisi-kisi PAT B. INDONESIA MTs Kelas 8 Tahun 2019. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

BACA JUGA:
Download Kisi-Kisi PAT/UKK B. INDONESIA MTs Kelas 8 T.P. 2018/2019 Tahun 2019 Download Kisi-Kisi PAT/UKK B. INDONESIA MTs Kelas 8 T.P. 2018/2019 Tahun 2019 Reviewed by My Profile on 9:24 PM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.