Download Kisi-Kisi PAT/UKK IPA MTs Kelas 8 T.P.. 2018/2019 Tahun 2019

Bismillah....

Sahabat baiq yang berbahagia. Dalam waktu yang tidak lama lagi, kelas 7 dan 8 akan mengikuti ujian akhir di tingkat masing-masing yang dikenal dengan sebutan Penilaian Akhir Tahun (PAT). PAT ini merupakan suatu tahapan evaluasi untuk semua peserta didik baik kelas 7 maupun kelas 8, sebelum nanti naik ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi. Karena PAT ini merupakan  salah evaluasi yang berhubungan dengan kenaikan kelas, maka para peserta didik harus mempersiapkan sebaik mungkin materi yang akan di ujikan pada PAT tahun ini.



Untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi Kisi-Kisi PAT IPA MTs Kelas 8 Tahun Pelajaran 2018//2019 Tahun pelaksanaan 2019. Semoga dengan adanya kisi-kisi ini dapat meningkatkan prestasi para peserta didik di kelas. Selamat Belajar!

KOMPETENSI DASAR
  • 3.8 Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
  • 4.8 Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan
  • 3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan 
  • 4.9 Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
  • 3.10 Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi
  • 4.10 Membuat karya tentang sistem ekskresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri
  • 3.11 Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan
  • 4.11 Menyajikan hasil percobaan  tentang getaran, gelombang, dan bunyi
  • 3.12 Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan manusia, mata serangga, dan prinsip kerja alat optik
  • 4.12 Menyajikan hasil percobaan tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa
MATERI
  1. Tekanan pada Zat Padat
  2. Tekanan Hidrostatis
  3. Gaya Apung
  4. Tekanan Gas
  5. Osmosis,
  6. Kapilaritas
  7. Tekanan Darah
  8. Organ Pernapasan Manusia
  9. Mekanisme Pernapasan Manusia
  10. Frekuensi Pernapasan
  11. Volume Pernapasan
  12. Gangguan pada Sistem Pernapasan Manusia
  13. Ginjal
  14. Kulit
  15. Hati
  16. Gangguan pada organ ekskresi
  17. Upaya pencegahan gangguan sistem ekskresi
  18. Getaran
  19. Gelombang
  20. Bunyi
  21. Pendengaran manusia dan hewan 
  22. Aplikasi getaran dan gelombang
  23. Sifat-sifat cahaya
  24. Cermin
  25. Lensa
  26. Indra penglihatan manusia
  27. Indra penglihatan hewan
  28. Alat-alat Optik
INDIKATOR SOAL
  • Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan upaya memperbesar tekanan pada zat padat dengan benar.
  • Disajikan gambar benda yang menyentuh alas dengan 4 bidang tekan yang berbeda, peserta didik dapat menentukan posisi benda yang dapat memberikan tekanan terbesar atau terkecil terhadap alas dengan tepat.
  • Disajikan gambar sebuah benda pada kedalaman tertentu dalam suatu zat cair. Peserta didik dapat menentukan besar tekanan hidrostatis yang dialami benda tersebut dengan benar, dengan massa jenis zat cair dan percepatan gravitasi yang diketahui. 
  • Disajikan gambar benda-benda yang berada dalam sebuah zat cair pada kedalaman yang berbeda-beda, peserta didik dapat membandingkan besar tekanan yang dirasakan oleh benda-benda tersebut dengan tepat. 
  • Disajikan data hasil pengukuran berat benda ketika berada di udara dengan hasil pengukuran berat benda ketika berada di dalam zat cair, peserta didik dapat memprediksi penyebab terdapatnya perbedaan hasil pengukuran tersebut. 
  • Disajikan fakta tentang balon udara, peserta didik dapat menerapkan konsep gaya apung pada balon udara.
  • Disajikan terjemah Q.S Al-An’am [6]: 125 serta tabel pengukuran tekanan udara pada ketinggian yang berbeda, peserta didik dapat menyimpulkan hubungan antara ketinggian tempat, kadar oksigen dan tekanan udara. 
  • Disajikan informasi tentang proses penyerapan air oleh akar dan naiknya air pada pembuluh kayu, peserta didik dapat menentukanfaktor penyebab penyerapan dan naiknya air dari akar ke bagian tumbuhan lain dengan benar.
  • Peserta didik dapat menentukan keterlibatan Hukum Pascal pada mekanisme tekanan darah manusia.
  • Disajikan data organ pernapasan pada manusia, peserta didik dapat mengurutkan organ pernapasan manusia dengan benar.
  • Disajikan gambar paru-paru manusia,  peserta didik dapat menunjukkan jaringan yang berfungsi sebagai tempat pertukaran gas O2 dan CO2 dengan tepat.
  • Peserta didik dapat menganalisis mekanisme pernapasan dada pada saat inspirasi dan ekspirasi dalam bentuk diagram.
  • Disajikan beberapa pernyataan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan. Peserta didik dapat mengelompokkan faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan manusia dengan benar.
  • Disajikan pernyataan tentang aktivitas manusia yang berhubungan dengan sistem pernapasan, peserta didik dapat menentukan jenis volume udara pada aktivitas tersebut.
  • Disajikan jenis gangguan pada sistem penapasan pada manusia beserta penyebabnya. Peserta didik dapat menunjukkan pasangan jenis gangguan serta penyebabnya dengan tepat. 
  • Disajikan gambar organ-organ ekskresi manusia, peserta didik dapat menunjukkan organ yang berfungsi menyaring darah dengan tepat.
  • Disajikan gambar Struktur Nefron Ginjal, peserta didik dapat menunjukkan bagian yang berperan dalam proses pembentukan urine primer dengan tepat.
  • Disajikan pernyataan tentang proses pembentukan urine, peserta didik dapat mengurutkan prosespembentukan urin dengan benar.
  • Disajikan beberapa fungsi organ ekskresi, siswa dapat mengidentifikasi fungsi kulit.
  • Disajikan tabel  alat ekskresi dan zat yang dikeluarkan, peserta didik dapat menentukan pasangan alat ekskresi dan zat sisa yang dikeluarkan dengan benar.
  • Peserta didik dapat menuliskan 4 jenis gangguan pada sistem ekskresi disertai penyebabnya!
  • Disajikan pernyataan tentang upaya untuk menjaga kesehatan organ ekskresi, peserta didik dapat menentukan upaya untuk menjaga kesehatan organ ginjal.
  • Disajikan pernyataan tentang gerak bandul, peserta didik dapat menghitung periode ayunan sebuah bandul jika lama ayunan dan jumlah getaran diketahui.
  • Disajikan gambar gelombang transversal, siswa dapat menghitung dan menentukan: (Jumlah gelombang, Amplitudo gelombang,  Periode gelombang, Panjang gelombang,  Cepat rambat gelombang)
  • Disajikan pernyataan tentang sifat gelombang. Peserta didik dapat menentukan sifat gelombang bunyi dengan benar.
  • Disajikan data pemantulan bunyi, melalui rumus d=  (v × t)/2, peserta didik dapat menghitung kedalaman laut jika cepat rambat bunyi dan waktu bunyi pantul diketahui;
  • Disajikan tabel nama bagian telinga beserta fungsinya. Peserta didik dapat menunjukkan pasangan nama bagian telinga beserta fungsinya dengan benar.
  • Disajikan nama-nama hewan yang dapat menerima dan atau memancarkan gelombang infrasonik, peserta didik dapat menunjukkan hewan yang memiliki kemampuan mendengar bunyi pada frekuensi tertentu.
  • Disajikan pernyataan tentang pemanfaatan gelombang dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat memberikan contoh pemanfaatan gelombang dalam teknologi kesehatan.
  • Disajikan gambar fenomena perambatan cahaya, peserta didik dapat menentukan sifat cahaya pada fenomena perambatan cahaya dengan benar.
  • Disajikan fenomena-fenomena yang berhubungan dengan sifat cahaya. Peserta didik dapat menentukan fenomena yang sesuai dengan sifat cahaya sebagai gelombang elektromagnetik.
  • Disajikan gambar sebuah benda berada di depan cermin datar dengan tinggi dan jarak tertentu. Peserta didik dapat menentukan tinggi bayangan dan jarak bayangan dari cermin.
  • Melalui rumus 1/f=1/s_0 + 1/s_1 , peserta didik dapat menghitung jarak bayangan yang terbentuk dari sebuah benda dengan jarak dan fokus lensa cembung.
  • Disajikan gambar sebuah benda yang beada di depan lensa cekung dengan jarak benda dan bayangan tertentu, peserta didik dapat menghitung pembesaran bayangan yang terjadi.
  • Melalui rumus P_H=100/s- 100/PP, peserta didik dapat menghitung kekuatan lensa yang harus digunakan oleh seorang yang menderita rabun dekat jika titik dekat mata diketahui.
  • Disajikan gambar pembentukan bayangan pada mata, peserta didik dapat menganalisis cacat mata dan lensa kacamata yang digunakan untuk memperbaiki bayangan benda.
  • Peserta didik dapat menjelaskan fungsi mata majemuk pada hewan serangga seperti lalat.
  • Disajikan jenis alat optik, peserta didik dapat menunjukkan alat optik dengan fungsi tertentu dengan benar.
  • Disajikan sifat-sifat bayangan benda, peserta didik dapat dapat menunjukkan kelompok sifat bayangan yang dibentuk sebuah lup.
  • Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat membedakan fungsi dari lensa okuler dan lensa objektif pada mikroskop dengan benar.
Untuk mendapatkan file Kisi-Kisi PAT IPA MTs Kelas 8 T.P. 2018/2019 Tahun 2019, Silahkan bisa mengunduhnya melalui tampilan preview di bawah atau bisa juga klik DISINI.



Demikian ulasan tentang Kisi-kisi PAT IPA MTs Kelas 8 Tahun 2019. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

BACA JUGA:
Download Kisi-Kisi PAT/UKK IPA MTs Kelas 8 T.P.. 2018/2019 Tahun 2019 Download Kisi-Kisi PAT/UKK IPA MTs Kelas 8 T.P.. 2018/2019 Tahun 2019 Reviewed by My Profile on 9:29 PM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.