Bismillah....
BACA JUGA:
Untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi Kisi-Kisi PAT PKN MTs Kelas 7 Tahun Pelajaran 2018//2019 Tahun pelaksanaan 2019. Semoga dengan adanya kisi-kisi ini dapat meningkatkan prestasi para peserta didik di kelas. Selamat Belajar!
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. KEBERAGAMAN DALAM MASYARAKAT INDONESIA
A. Kerjasama dalam Berbagai Bidanag Kehidupan di Masyarakat
C. Mewujudkan Kerjasama dalam Berbagai Lingkungan Kehidupan
A. Daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia
Indikator Soal
Demikian ulasan tentang Kisi-kisi PAT PKN MTs Kelas 7 Tahun 2019. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.
BACA JUGA:
Sahabat baiq yang berbahagia. Dalam waktu yang tidak lama lagi, kelas 7 dan 8 akan mengikuti ujian akhir di tingkat masing-masing yang dikenal dengan sebutan Penilaian Akhir Tahun (PAT). PAT ini merupakan suatu tahapan evaluasi untuk semua peserta didik baik kelas 7 maupun kelas 8, sebelum nanti naik ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi. Karena PAT ini merupakan salah evaluasi yang berhubungan dengan kenaikan kelas, maka para peserta didik harus mempersiapkan sebaik mungkin materi yang akan di ujikan pada PAT tahun ini.
BACA JUGA:
Untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi Kisi-Kisi PAT PKN MTs Kelas 7 Tahun Pelajaran 2018//2019 Tahun pelaksanaan 2019. Semoga dengan adanya kisi-kisi ini dapat meningkatkan prestasi para peserta didik di kelas. Selamat Belajar!
Kompetensi Inti
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,konseptual,prosedural,dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi,seni budaya dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan,dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Kompetensi Dasar
- 3.4 Mengidentifikasi keberagaman suku,agama,ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhineka tunggal Ika
- 4.4 Mendemontrasikan hsil identifikasi suku, Agama, Ras dan antar golongan dalam Bingkai Bineka Tunggal Ika
- 3.5 Menganalisis bentuk-bentuk Kerjasama dalam Berbagai bidang kehidupan
- 4.5 Menunjukan bentuk-bentuk-bentuk kerjasama di pelbagai bidang kehidupan masyarakat
- 3.5 Mengasosialisasikan karakteristik daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia
- 4.6 Melaksanakan penelitian sederhana untuk mengilustrasikan karakteristik daerah temapat tinggalnya sebagai bagian utuh dari NKRI berdasarkan rancangan yang telah dibuat
A. KEBERAGAMAN DALAM MASYARAKAT INDONESIA
- Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia
- Keberagaman Suku
- Keberagaman Agama dan Kepercayaan
- Keberagaman RAS
- Keberagaman antar golongan
- Pengertian Bhineka Tunggal Ika
- Makna Bhineka Tunggal Ika
- Perilaku Toleransi dalam kehidupan beragama
- Perilaku Toleransi terhadap keberagaman suku dan Ras di Indonesia
- Perilaku Toleransi terhadap keberagaman Sosial Budaya
A. Kerjasama dalam Berbagai Bidanag Kehidupan di Masyarakat
- Menjelaskan Makna Kerjasama
- Pentingnya Kerjasama
- Bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
- Kerjasama dalam bidang kehidupan sosial Politik
- Kerjasama dalam bidang kehidupan Ekonomi
- Kerjasama dalam bidang kehidupan pertahanan dan keamanan
- Kerjasama Antar Umat Beragama
C. Mewujudkan Kerjasama dalam Berbagai Lingkungan Kehidupan
- Kerjasama dalam kehidupan Sekolah
- Kerjasama dalam Kehidupan Masyarakat
- Kerjasama dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
A. Daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia
- Makna persatuan dan kesatuan
- Pengertian Derah dalam Kerangka Kesatuan Republik Indonesia
- Perjuangan menuju NKRI
- Tujuan Negara Kesatuan RI
Indikator Soal
- Peserta didik dapat mengidenifikasi pengertian keberagaman
- Peserta didik dapat menyebutkan faktor keragaman masyarakat Indonesia
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian suku bangsa menurut Koentjaraningrat
- Peserta didik dapat mengidentifikasi jumlah suku bangsa di indonesia
- Peserta didik dapat menyebutkan tempat ibadah umat beragama
- Peserta didik dapat menyebutkan hari besar keagamaan
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian Ras
- Peserta didik dapat menyebutkan UU tentang penghapusan Diskriminasi Ras dan etnis
- Peserta didik dapat menyebutkan Ras yang ada dalam masyarakat masyarakat Indonesia
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian etnocentrisme
- Peserta didik Menyebutkan Pasal 25 UUD 1945 tentang Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah merupakan negara kepulauan
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian kepulauan
- Peserta didik menyebutkan UU no 6 Tahun 1999 tentang perairan
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian Bhineka tunggal Ika
- peserta didik dapat menyebutka 3 (tiga) bagian yang terdapat dalam lambang negara
- Peserta didik dapat menjelaskan makna Bhineka Tunggal ika
- peserta didik dapat Menjelaskan pengertian sikap toleransi
- Peserta didik dapat Menyebutkan pasal 29 ayat (2) UUD 1945
- Peserta didik dapat menyebutkan perilaku yang sesuai dengan toleransi keberagaman agama
- Peserta didik dapat menjelaskan sikap toleransi terhadap keberagaman suku dan ras di indonesia
- Peserta didik dapat menjelaskan perilaku dan semangat kebangsaan dalam mempertahankan keberagaman budaya Bangsa
- Peserta didik dapat menjelaskan makna kerjasama
- Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya kerjasama
- Peserta didik dapat menyebutkan bentuk kerjasama khas indonesia
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian Gotong Royong
- Peserta didik dapat menyebutkan faktor penghambat gotong Royong
- Peserta didik dapat menyebutkan contoh kegiatan gotong royong yang dilandasi semangat kerjasama yang ada di Indonesia
- Peserta didik dapat menyebutkan landasan kehidupan sosial politik di indonesia
- Peserta didik dapat menyebutkan landasan tentang kehidupan ekonomi di Indonesia
- Peserta didik dapat menyebutkan keunggulan koperasi dibandingkan dengan badan usaha lainnya
- Peserta didik dapat menyebutkan nilai kenegaraan yang diperuntukkan pada pembangunan sistem pertahanan negara
- Peserta didik dapat menyebutkan sikap kerjasama antar umat beragama
- Peserta didik dapat Menyebutkan arti penting kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan
- Peserta didik dapat menyebutkaan contoh kerjasama dalam kehidupan sekolah
- Peserta didik dapat menyebutkan contoh kerjasama dalam kehidupan masyarakat
- Peserta didik dapat menyebutkan contoh kerjasama dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara
- Peserta didik menyebutkan paradigma yang dapat digunakan dan diwariskan kepada generasi muda untuk menangkal berbagai gerakan separatis
- Peserta didik dapat menyebutkan cara mempertahankan persatuan dan kesatuan
- Peserta didik dapat menjelaskan persatuan
- Peserta didik dapat menyebutkan UU tentang semangat persatuan dan kesatuan bangsa
- Peserta didik dapat menyebutkan perjuangan menuju negara kesatuan Republik Indonesia
- Peserta didik dapat menyebutkan tempat dibacakan teks Proklamasi
- Peserta didik dapat menyebutkan isi teks Proklamasi
- Peserta didik dapat menyebutkan tujuan negara menurut Pembukaan UUD 1945 alinea IV
- Peserta didik dapat menyebutkan nilai-nilai penting untuk diwariskan kepada generasi muda
Untuk mendapatkan file Kisi-Kisi PAT PKN MTs Kelas 7 T.P. 2018/2019 Tahun 2019, silahkan biasa mengunduhnya melalui preview di bawah atau bisa juga klik DISINI.
BACA JUGA:
Download Kisi-Kisi PAT/UKK PKN MTs Kelas 7 T.P. 2018/2019 Tahun 2019
Reviewed by My Profile
on
9:12 PM
Rating:
No comments:
Note: Only a member of this blog may post a comment.