Download Kisi-Kisi PAT/UKK IPS MTs Kelas 7 T.P. 2018/2019 Tahun 2019


Bismillah....
Sahabat baiq yang berbahagia. Dalam waktu yang tidak lama lagi, kelas 7 dan 8 akan mengikuti ujian akhir di tingkat masing-masing yang dikenal dengan sebutan Penilaian Akhir Tahun (PAT). PAT ini merupakan suatu tahapan evaluasi untuk semua peserta didik baik kelas 7 maupun kelas 8, sebelum nanti naik ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi. Karena PAT ini merupakan  salah evaluasi yang berhubungan dengan kenaikan kelas, maka para peserta didik harus mempersiapkan sebaik mungkin materi yang akan di ujikan pada PAT tahun ini.




Untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi Kisi-Kisi PAT IPS MTs Kelas 7 Tahun Pelajaran 2018//2019 Tahun pelaksanaan 2019. Semoga dengan adanya kisi-kisi ini dapat meningkatkan prestasi para peserta didik di kelas. Selamat Belajar!

Kompetensi Inti

3.  Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Kompetensi dasar
  • 3.3Menganalisiskonsep interaksi antaramanusia dengan ruangsehingga menghasilkanberbagai kegiatanekonomi (produksi,distribusi, konsumsi,penawaran permintaan)dan interaksi antarruanguntuk keberlangsungankehidupan ekonomi,sosial, dan budayaIndonesia.
  • 3.4Memahami berpikirkronologi, perubahandan kesinambungandalam kehidupan bangsaIndonesia pada aspekpolitik, sosial, budaya,geografis, dan pendidikansejak masa praaksarasampai masa Hindu-Buddha, dan Islam
Materi
  1. Kelangkaan dan kebutuhan manusia
  2. Kegiatan Ekonomi.
  3. Permintaan, penawaran, pasar dan harga
  4. Peran iptek dalam kegiatan ekonomi
  5. Peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia
  6. Hubungan antara kelangkaan dengan permintaan- penawaran untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia
  7. Kehidupan manusia pada masa praaksara
  8. Kehidupan masyarakat pada masa Hindu-Buddha
  9. Kehidupan masyarakat pada masa Islam.
Indikator
  1. Peserta didik dapat menjelaskan konsep manusia sebagai mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri-sendiri.
  2. Peserta didik dapat menjelaskan istilah kebutuhan manusia yang tidak terbatas dibandingkan dengan alat pemuas kebutuhan atau sumber daya yang terbatas.
  3. Peserta didik dapat mengidentifikasi macam-macam kebutuhan menurut intensitas/ tingkatannya.
  4. Disajikan tabel, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan kebutuhan.
  5. Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukan jenis barang yang saling melengkapi dengan barang lainnya sehingga barang tersebut dapat berfungsi.. 
  6. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat memberikan contoh bentuk motif ekonomi untuk berbuat sosial. (HOTS)
  7. Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi.
  8. Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukan bentuk nilai guna barang yang berbeda satu sama lainnya.
  9. Peserta didik dapat menjelaskan tentang pembagian faktor produksi tenaga kerja dalam proses produksi.
  10. Peserta didik dapat menjelaskan cara menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen melalui pedagang perantara.
  11. Peserta didik dapat menjelaskam istilah kegiatan memakai, menggunakan dan menghabiskan kegunaan barang baik secara langsung atau bertahap.
  12. Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh rumah tangga negara.
  13. Disajikan tabel, peserta didik dapat megidentifikasi berbagai faktor yang dapat mempengaruhi permintaan. (HOTS)
  14. Disajikan kurva, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara jumlah permintaan barang/ jasa dengan harga.
  15. Peserta didik dapat membuat grafik penawaran dari tabel harga dan jumlah penawaran dari jenis barang tertentu. (HOTS)
  16. Disajikan gambar, peserta didik dapat menjelaskan wujud pasar yang dalam prosesnya penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung tetapi transaksi dilakukan melalui media elektronik.
  17. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi pasar sebagai tempat mewujudkan kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.
  18. Peserta didik dapat menjelaskan bentuk pasar menurut luas jaringan distribusi yang dilakukan.
  19. Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai pasar yang di dalamnya terdapat banyak penjual dan pembeli yang sama-sama telah mengetahui situasi pasar. 
  20. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi dampak positif iptek dalam kegiatan ekonomi. (HOTS)
  21. Peserta didik dapat memberikan contoh peran iptek dalam menunjang kegiatan ekonomi.
  22. Peserta didik dapat memberikan contoh dikehidupan sehari-hari akibat negatif dari perkembangan iptek.
  23. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri manusia yang dikatakan kreatif.
  24. Peserta didik dapat menjelaskan istilah manusia yang memiliki kemampuan melihat peluang bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dan tindakan.
  25. Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri manusia yang yang memiliki jiwa wirausaha.
  26. Peserta didik dapat menjelaskan berbagai penyebab terjadinya kelangkaan alat pemuas kebutuhan yang terbatas dengan kebutuhan yang tidak terbatas.
  27. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi peranan keterkaitan pasar dengan distribusi.
  28. Peserta didik dapat mengidentifikasi masyarakat Indonesia meninggalkan masa pra aksara.
  29. Disajikan tabel, peserta didik dapat mengidentifikasi peninggalan manusia pra aksara pada masa megalithikum.
  30. Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan peralatan atau perabotan manusia pra aksara di zaman palaeolithikum.
  31. Peserta didik dapat menjelaskan kehidupan budaya manusia pra aksara pada masa bercocok tanam. (HOTS)
  32. Peserta didik dapat menjelaskan nilai-nilai budaya yang berkembang pada masa pra aksara di Indonesia.
  33. Peserta didik dapat menjelaskan teori masuknya kebudayaan Hindu-Budha ke Indonesia.
  34. Peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh masuknya kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.
  35. Peserta didik dapat memberikan contoh bentuk akulturasi kebudayaan antara Kebudayaan Hindu-Budhha dengan kebudayaan asli Indonesia. (HOTS)
  36. Peserta didik dapat menyebutkan kerajaan bercorak Hindu-Buddha yang ada di wilayah Jawa Barat.
  37. Disajikan peta, peserta didik dapat mengidentifikasi daerah kekuasaan Majapahit pada masa puncak kejayaannya.
  38. Peserta didik dapat mengidentifikasi peninggalan sejarah dalam bentuk candi terkenal bercorak hindu di Indonesia
  39. Peserta didik dapat menjelaskan beberapa pendapat tentang masukmya agama islam ke Indonesia yang terjadi mulai di abad ke-7 masehi.
  40. Peserta didik dapat menjelaskan bagaimana proses/ cara penyebaran agama Islam ke berbagai tempat di kepulauan Indonesia. (HOTS)
  41. Peserta didik dapat menjelaskan pengaruh Islam terhadap masyarakat di Indonesia di bidang sosial.
  42. Peserta didik dapat menyebutkan peninggalan sejarah di bidang kebudayaan berupa arsitektur bangunan yang merupakan bentuk akulturasi dua kebudayaan yaitu kebudayaan Hindu dan Islam.
  43. Peserta didik dapat menyebutkan kerajaan/ kesultanan Islam yang pertama dan tertua berdiri di wilayah Indonesia.
  44. Disajikan peta, Peserta didik dapat mengidentifikasi kerajaan/ kesultanan Islam yang ada di pulau Jawa.
  45. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai peninggalan sejarah masa Islam di bidang karya sastra.
Untuk mendapatkan file Kisi-Kisi PAT IPS MTs Kelas 7 Tahun Pelajaran 2018/2019, silahkan bisa melalui tampilan preview di bawah ini atau boleh juga klik DISINI.



Demikian ulasan tentang Kisi-kisi PAT IPS MTs Kelas 7 Tahun 2019. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

BACA JUGA:
Download Kisi-Kisi PAT/UKK IPS MTs Kelas 7 T.P. 2018/2019 Tahun 2019 Download Kisi-Kisi PAT/UKK IPS MTs Kelas 7 T.P. 2018/2019 Tahun 2019 Reviewed by My Profile on 7:24 PM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.