Download Kisi-Kisi PAT/UKK B. SUNDA MTs Kelas 8 T.P. 2018/2019 Tahun 2019

Bismillah....

Sahabat baiq yang berbahagia. Dalam waktu yang tidak lama lagi, kelas 7 dan 8 akan mengikuti ujian akhir di tingkat masing-masing yang dikenal dengan sebutan Penilaian Akhir Tahun (PAT). PAT ini merupakan suatu tahapan evaluasi untuk semua peserta didik baik kelas 7 maupun kelas 8, sebelum nanti naik ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi. Karena PAT ini merupakan  salah evaluasi yang berhubungan dengan kenaikan kelas, maka para peserta didik harus mempersiapkan sebaik mungkin materi yang akan di ujikan pada PAT tahun ini.



Untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi Kisi-Kisi PAT B. SUNDA MTs Kelas 8 Tahun Pelajaran 2018//2019 Tahun pelaksanaan 2019. Semoga dengan adanya kisi-kisi ini dapat meningkatkan prestasi para peserta didik di kelas. Selamat Belajar!
Kompetensi Dasar
  1. Mengidentifikasi dan menganalisis guguritan sesuai dengan kaidah-kaidahnya.
  2. Memahami dan mengidentifikasi fungsi sosial, struktur, dan aspek kebahasaan teks memandu acara dalam situasi formal dan non formal
  3. Mengidentifikasi dan menganalisis carpon sesuai dengan struktur, unsur, dan aspek kebahasaan
  4. Memahami dan mengidentifikasi struktur teks dan aspek kebahasaan laporan peristiwa
Materi
  1. Guguritan
  2. Pangjejer Acara (MC)
  3. carpon
  4. laporan peristiwa
Indikator Soal
  • disajikan sebuah pupuh : siswa dapat menyebutkan guru lagu dan guru wilangan serta pupuh yang digunakan
  • siswa dapat menyebutkan pupuh yang sesuai dengan guru lagu dan guru wilangan
  • disajikan rumpaka guguritan/kawih: siswa dapat menyebutkan tema guguritan 
  • siswa dapat menyimpulkan isi guguritan
  • siswa dapat menyebutkan rujukan  kata (arti kata) yang teradapat dalam guguritan
  • siswa dapat menyebutkan arti kata/unsur kebahasaan dalam guguritan tersebut
  • siswa dapat menyebutkan wangun penulisan guguritan
  • disajikan dua rumpaka kawih: siswa dapat menuliskan babandingan kawih dari segi rumpaka dan  isinya
  • siswa dapat menunjukkan nama pupuh sesuai dengan karakter/watak yang dinyatakan dalam stem
  • siswa dapat menyebutkan jumlah padalisan sebuah pupuh
  • siswa dapat memyebutkan perbedaan pengertian guguritan/pupuh dengan kawih
  • siswa dapat menyebutkan tugas/pancen panata acara
  •  Disajikan  susunan acara gempungan/rapat secara acak, siswa dapat menyusunnya dengan tepat
  • siswa dapat memilih dua hal yang tepat dalam membawakan acara (disajikan 4 stem pilihan)
  • Disajikan  beberapa susunan acara: siswa dapat menunjukan susunan acara tertentu dengan tepat
  • Disajikan sebuah sempalan rapat, siswa dapat menyebutkan isi dari bagian sempalan tersebut 
  • siswa dapat Menunjukkan babasan/paribasa dalam nagjejeran acara (MC)
  • siswa dapat menunujak arti babasan/paribasa dalam membawa acara
  • siswa dapat menyebutkan pendapat terhadap persoalan yang ceritakan oleh panumbu catur
  • siswa dapat menunjukkan teks ngahaturanan (MC)
  • siswa dapat menunjukkan teks nganuhunkeun (MC)
  • siswa dapat menunjukkan teks nepikeun komentar (MC)
  • siswa dapat menunjukan teks mungkas acara (MC)
  • siswa dapat memilih sebuah komentar yang baik dan sopan yang disampaikan oleh panata acara (MC)
  • Disajikan penggalan Carita Pondok: siswa dapat menyebutkan gambaran umum yang terjadi dalam cerita
  • siswa dapat menunjukkan amanat yang terdapat dalam kutipan cerita pendek
  • siswa dapat menentukan tokoh utama dalam kutipan cerita pendek
  • disajikan penggalan carita pondok: siswa dapat menyebutkan watak/karakter dari tokoh yang ada dalam kutipan carpon
  • siswa dapat menunjukkan latar tempat dalam kutipan cerita pendek
  • siswa dapat menyebutkan sikap moral (picontoeun) yang terkandung dalam sebuah kutipan carita pondok
  • disajikan penggalan cerita pondok yang rumpang: siswa dapat menyusun menjadi cerita pondok yang baik
  • siswa dapat menentukan puseur sawangan / sudut pandang pada carita pondok
  • Siswa dapat menyebutkan ukuran sebuah cerita disebut cerita pondok
  • Disajikan sempalan laporan kajadian ketika jalan-jalan ke sebuah tempat, siswa dapat menentukan gagasan utama laporan
  • siswa dapat menyusun hal hal penting dalam  laporan peristiwa
  • siswa dapat menyimpulkan tujuan perjalanan
  • siswa dapat menunjukkan tempat yang di tuju dalam laporan perjalanan
  • siswa dapat mengartikan kata yang sulit yang terdapat dalam laporan
  • dapat menentukan gagasan utama laporan
  • siswa dapat menyebutkan kejadian dalam laporan tersebut
  • siswa dapat menunjukan jawaban yang tepat dari pertanyaan yang berkaitan dengan isi laporan tersebut
  • siswa dapat menyimpulkan peristiwa yang terjadi dalam cerita
  • Disajikan sempalan laporan kajadian: siswa dapat menyebutkan rasa yang dirasakan dari isi laporan tersebut
  • siswa Dapat menyebutkan pokok pikiran yang ada dalam laporan
  • Siswa dapat menyebutkan hal yang perlu diperhatikan  dalam menceritakan laporan kegiatan 
Untuk mendapatkan file Kisi-Kisi PAT B. SUNDA MTs Kelas 8 T.P. 2018/2019 Tahun 2019, Silahkan bisa mengunduhnya melalui tampilan preview di bawah atau bisa juga klik DISINI.



Demikian ulasan tentang Kisi-kisi PAT B. SUNDA MTs Kelas 8 Tahun 2019. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

BACA JUGA:
Download Kisi-Kisi PAT/UKK B. SUNDA MTs Kelas 8 T.P. 2018/2019 Tahun 2019 Download Kisi-Kisi PAT/UKK B. SUNDA MTs Kelas 8 T.P. 2018/2019 Tahun 2019 Reviewed by My Profile on 12:19 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.