Download Kisi-Kisi PAT/UKK IPS MTs Kelas 8 T.P. 2018/2019 Tahun 2019

Bismillah....

Sahabat baiq yang berbahagia. Dalam waktu yang tidak lama lagi, kelas 7 dan 8 akan mengikuti ujian akhir di tingkat masing-masing yang dikenal dengan sebutan Penilaian Akhir Tahun (PAT). PAT ini merupakan suatu tahapan evaluasi untuk semua peserta didik baik kelas 7 maupun kelas 8, sebelum nanti naik ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi. Karena PAT ini merupakan  salah evaluasi yang berhubungan dengan kenaikan kelas, maka para peserta didik harus mempersiapkan sebaik mungkin materi yang akan di ujikan pada PAT tahun ini.



Untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi Kisi-Kisi PAT IPS MTs Kelas 8 Tahun Pelajaran 2018//2019 Tahun pelaksanaan 2019. Semoga dengan adanya kisi-kisi ini dapat meningkatkan prestasi para peserta didik di kelas. Selamat Belajar!

Kompetensi Inti
3. Memahami dan menerapkanpengetahuan (faktual, konseptual,dan prosedural) berdasarkanrasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, danbudaya terkait fenomena dankejadian tampak mata

Kompetensi dasar
  • 3.3Menganalisis keunggulandan keterbatasan ruang dalampermintaan dan penawaran sertateknologi, dan pengaruhnya terhadapinteraksi antarruang bagi kegiatanekonomi, sosial, dan budaya diIndonesia dan negara-negaraASEAN
  • 3.4Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambunganruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahansampai tumbuhnya semangatkebangsaan
Materi
  1. Keunggulan dan keterbatasan antar ruang serta peran pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian
  2. Perdagangan antar daerah atau antar pulau dan perdagangan internasional.
  3. Penguatan ekonomi dan agrikultur di Indonesia
  4. Pendistribusian kembali (redistribusi) pendapatan nasional
  5. Kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia
  6. Kondisi masyarakat Indonesia pada masa penjajahan
  7. Tumbuh dan berkembangnya semangat kebangsaan.
Indikator Soal
  1. Disajikan sebuah tabel, peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai sumber daya alam yang dimiliki Propinsi Jawa Barat.
  2. Peserta didik dapat menjelaskan faktor penyebab terjadinya perdagangan antar wilayah atau daerah.
  3. Disajikan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi pelaku ekonomi yang sedang melakukan aktivitasnya.
  4. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi pendapatan rumah tangga keluarga yang diperoleh dari penggunaan faktor produksi yang dimilikinya. 
  5. Peserta didik dapat menjelaskan istilah faktor produksi yang segala sesuatunya sudah disediakan oleh alam.. 
  6. Disajikan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis faktor produksi tenaga kerja terdidik yang memiliki jenis skill tertentu.
  7. Peserta didik dapat membuat bagan atau skema hubungan pelaku ekonomi dua sektor antara rumah tangga produsen dengan rumah tangga konsumen. (HOTS)
  8. Peserta didik dapat menjelaskan bentuk peran rumah tangga pemerintah dalam mengatur atau sebagai regulator dalam perekonomian. (HOTS)
  9. Peserta didik dapat menjelaskan tujuan dilaksanakannya kegiatan perdagangan antar pulau/ antar daerah. 
  10. Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor yang mendorong terjadinya perdagangan antar daerah/ antar pulau.  
  11. Disajikan pernyataan, Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai manfaat dari dilaksanakannya perdagangan antar pulau/ antar daerah
  12. Peserta didik mengidentifikasi dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan antar negara. 
  13. Disajikan tabel, peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai jenis barang komoditi ekspor yang dihasilkan salah satu propinsi di Indonesia.
  14. Peserta didik dapat menjelaskan salah satu faktor yang mempengaruhi kegiatan perdagangan ekspor yang berasal dari dalam negeri.
  15. Disajikan tabel, peserta didik dapat membedakan jenis aktivitas yang dilakukan di bidang ekonomi kelautan (marine economy) dan ekonomi maritim (maritime economy). (HOTS)
  16. Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai daerah di indonesia yang memiliki keindahan bawah laut yang sudah sangat mendunia.
  17. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi tujuan pembangunan yang dilakukan pemerintah di bidang kelautan.
  18. Peserta didik dapat menyebutkan bentuk efek berganda (multiplier effect) dari pengembangan pariwisata bahari.
  19. Peserta didik dapat menjelaskan peran pembangunan agrikultur/ pertanian di Indonesia.   
  20. Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai hambatan dalam pengembangan agrikultur di Indonesia.
  21. Peserta didik dapat mengidentifikasi strategi pengembangan agrikultur di Indonesia melalui sistem pertanian ramah lingkungan (ecofarming). HOTS 
  22. Peserta didik dapat menjelaskan istilah dari redistribusi pendapatan (redistribution income).
  23. Peserta didik dapat memberikan contoh bentuk redistribusi pendapatan secara horizontal.
  24. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi program redistribusi untuk pemerataan distribusi pendapatan di Indonesia. 
  25. Peserta didik dapat mengidentifikasi alasan mengapa diperlukan program pengembangan usaha atau industri kecil.
  26. Peserta didik dapat memberikan contoh subsidi sebagai alternatif praktik redistribusi pendapatan di Indonesia.
  27. Disajikan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai jenis komoditi rempah yang menjadi daya tarik bangsa barat kek Indonesia.
  28. Peserta didik dapat menyebutkan semboyan kedatangan bangsa-bangsa barat dalam melakukan penjelajahan samudera. 
  29. Peserta didik dapat menjelaskan istilah dari perubahan besar dan mendasar terhadap kehidupan sosial dan budaya masyarakat eropa yang terjadi sekitar tahun 1750 s.d. 1850 M. 
  30. Peserta didik dapat menjelaskan bagaimana proses kedatangan bangsa portugis sampai di kepulauan Maluku. (HOTS)
  31. Peserta didik dapat menjelaskan istilah persekutuan dagang Belanda yang dibentuk untuk mencegah persaingan antar pengusaha Belanda.  
  32. Disajikan peta, peserta didik dapat menunjukan daerah pengahasil rempah-rempah utama di wilayah Nusantara. 
  33. Peserta didik dapat menjelaskan bentuk penguasaan pasar/ perdagangan secara sepihak oleh Belanda yang memberi dampak buruk terhadap perdagangan di wilayah Nusantara. 
  34. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi hak istimewa yang dimiliki VOC di daerah jajahan. 
  35. Peserta didik dapat menjelaskan istilah politik adu domba di daerah jajahan untuk memperkuat posisi kekuasaan di daerah jajahan.
  36. Peserta didik dapat menjelaskan pembangunan jalan yang dibangun Gubernur Jenderal Daendels untuk kepentingan militer Belanda dan penghubung kota-kota penting di pulau Jawa. 
  37. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi praktik-praktik penekanan dan pemaksaan Belanda terhadap rakyat Indonesia dalam kebijakan tanam paksa. (HOTS)
  38. Peserta didik dapat menjelaskan istilah siasat perang Belanda dengan mendirikan benteng-benteng pertahanan untuk mempersempit ruang gerak para pejuang.
  39. Peserta didik dapat menyebutkan tokoh Belanda yang berhasil memecah belah persatuan rakyat Aceh dengan mengadu domba antara ulama dengan bangsawan Aceh. 
  40. Peserta didik dapat menjelaskan sebab khusus perlawanan Pangeran Diponogoro terhadap pendudukan pemerintah Belanda. 
  41. Peserta didik dapat menuliskan kembali teks sumpah pemuda yang diikrarkan para pemuda dalam menggelorakan pergerakan nasional.
  42. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi latar belakang munculnya nasionalisme di Indonesia. 
  43. Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk penyelewengan kebijakan politik balas budi yang dilakukan pemerintah Belanda 
  44. Disajikan tabel, peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai organisasi pergerakan nasional Indonesia.
  45. Peserta didik dapat menjelaskan istilah sistem kerja paksa di masa penjajahan Jepang.

Untuk mendapatkan file Kisi-Kisi PAT IPS MTs Kelas 8 T.P. 2018/2019 Tahun 2019, Silahkan bisa mengunduhnya melalui tampilan preview di bawah atau bisa juga klik DISINI.



Demikian ulasan tentang Kisi-kisi PAT IPS MTs Kelas 8 Tahun 2019. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

BACA JUGA:
Download Kisi-Kisi PAT/UKK IPS MTs Kelas 8 T.P. 2018/2019 Tahun 2019 Download Kisi-Kisi PAT/UKK IPS MTs Kelas 8 T.P. 2018/2019 Tahun 2019 Reviewed by My Profile on 7:08 PM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.