Download Kisi-Kisi PAT/UKK PKN MTs Kelas 8 T.P. 2018/2019 Tahun 2019

Bismillah....

Sahabat baiq yang berbahagia. Dalam waktu yang tidak lama lagi, kelas 7 dan 8 akan mengikuti ujian akhir di tingkat masing-masing yang dikenal dengan sebutan Penilaian Akhir Tahun (PAT). PAT ini merupakan suatu tahapan evaluasi untuk semua peserta didik baik kelas 7 maupun kelas 8, sebelum nanti naik ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi. Karena PAT ini merupakan  salah evaluasi yang berhubungan dengan kenaikan kelas, maka para peserta didik harus mempersiapkan sebaik mungkin materi yang akan di ujikan pada PAT tahun ini.



Untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi Kisi-Kisi PAT PKN MTs Kelas 8 Tahun Pelajaran 2018//2019 Tahun pelaksanaan 2019. Semoga dengan adanya kisi-kisi ini dapat meningkatkan prestasi para peserta didik di kelas. Selamat Belajar!

Kompetensi Inti 
  • Memahami dan menerap kan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehno logi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampa mata 
  • Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkrit (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (me nulis, membaca, menggam bar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipela jari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. 
Kompetensi Dasar
  • 3.4 Menganlisamakna dan arti KebangkitanNasiional 1908 dalam perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia
  • 4.4 Menyaji hasil penalaran tentang tokoh kebangkitan nasional dalam pejuangan Kemerdekaan Republik Indonesia.
  • 3.5 Memproyeksikan nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika
  • 4.5 Mengaitkan hasil proyeksi nilai-nilai dan semangat sumpah pemuda tahun 1928  dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan kehidupan sehari-hari
  • 3.6 Menginterpretasikan semangat dan komitmen kebangsaan kolektif untuk mempekuat Negara Kesatuan republic Indonesia dalam konteks kehidupan siswa
  • 4.6 Mengorganisasikan kegiatan lingkugan yang mencerminkan semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat negara kesatuan republic Indonesia
Materi
Kebangkitan Nasional Tahun 1908 dalam perjuangan kemerdekaan 
  1. Makna Kebangkitan Nasional Dalam perjuangan kemerdekaan
  2. Arti penting Kemerdekaan Nasional dalam Perjuangan Kemerdekaan
  3. Peran tokoh Kebangkitan Nasional Dalam Pejuangan kemerdekaan Indonesia
Sumpah  Pemuda dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika
  1. Makna Sumpah Pemuda
  2. Arti Penting sumpah Pemuda Bagi perjuangan Indonesia
  3. Semangat dan komitmen sumpah pemuda bagi bangsa dan negara Indonesia
Semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
  • Makna dan semangat komitmen kebangsaan
  • Arti pentingsemangat dan komitmen
  • Kebangsaan untuk memperkuat NKRI
  • Peran tokoh masyarak akan pentingnya semangat dan  komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
IndikatorSoal
  1. Peserta didik dapat menyebutkan organisasi pertama di Indonesia yang bersifat modern
  2. Peserta didik dapat menyebutkan bidang kajian dari Budi Utomo
  3. Peserta didik dapat menyebutkan tahap-tahap pembinaan persatuan
  4. Peserta didik dapat men jelaskan pengertian Pemudamenurut UU No 40 tahun 2009
  5. Peserta didik dapat menyebutkan waktupelaksanaan kongres Pemuda II
  6. Peserta didik dapat menyebutkan penulis steks sumpah pemuda
  7. Peserta didik dapat me nyebutkan urutan teks Sumpah Pemuda
  8. Peserta didik dapat menyebutkan manfaat gotong-royong
  9. Peserta didik dapat menyebutkan isi UU no 24/2009
  10. Peserta didik dapat menyebutkan pasal dalam UUD 1945 yang mengatur mengenai Bahasa Indonesia
  11. Peserta didik dapat menguraikan waktu dan peristiwa pemasangan bendera merah putih
  12. Peserta didik mengiden tifikasi  perwujudan nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari
  13. Peserta didik dapat me ngidentifikasi perwujudan sikap perlaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila di masyarakat
  14. Peserta didik dapat menjelaskan manfaat dari nilai persatuan dan kesatuan
  15. Peserta didik dapat memberikan tanggapan terhadap cerita yang tidak mencerminkan rasa persatuan
  16. Peserta didik dapat meyebutkan cikal bakal negara Indonesia 
  17. Peserta didik dapat menyebutkan organisasi sebelum Budi Utomo
  18. Peserta didik dapat menyebutkan latarbelakang Kongres pemuda I
  19. Peserta didik Siswa dapat menyebutkan waktu diperdengarkanl agu Indonesia Raya
  20. Peserta didik dapat menyebutkan perilaku yang bertentangan dengan sila tiga
  21. Peserta didik dapat menununjukkan perilaku yang tidak sesuai dengan nasionalisme
  22. Peserta didik dapat menyebutkan faktor  penyebab keberagaman
  23. Peserta didik dapat menyebutkan alasan kita bangga menjadi bangsa Indonesia
  24. Peserta didik dapat menyebutkan batas laut teritorial
  25. Peserta didik dapat menyebutkan batas laut teritorial menurut deklarasi Djuanda
  26. Peserta didik dapat menyebutkan ciri bentuk negara Kesatuan
  27. Peserta didik dapat menyebutkan nama lain ancaman fisik
  28. Peserta didik dapat menyebutkan Penyebab suatu bangsa mengalami perpecahan
  29. Peserta didik dapat menyebutkan sikap yang sesuai dengan cinta
  30. Peserta didik dapat menyebutkan sebab kekalahan perjuangan
  31. Peserta didik dapat menyebutkan masa  perjuangan yang dilakukanoleh Sultan Hasanudin (1633-1636)
  32. Pesertadidikdapat dapat menyebutkan ciri kesultanan
  33. Pesertadidik dapat me mengidentifikasi pengertian Indonesia sebagai satu kesatuan hankam
  34.  Peserta didik dapat menguraikan  dasar hukum bela negara
  35. Peserta didik dapat menyebutkan pengertianc hauvinisme
  36. Peserta didik dapat menyebutkan contoh perilaku yang mencerminkan persatuan
  37. Peserta didik dapat menyebutkan lambang tali rantai pada lambangburunggaruda
  38. Peserta didik menyebutkan isi pasal 30 ayat 2 
  39. Peserta didik menyebutkan tujuan negara
  40. Peserta didik dapat menyebutkan pelaksanaan sila ketiga di sekolah
  41. Peserta  didik menyebutkan sikap perilaku yang bertujuan menjaga keutuhan NKRI
  42. Pesertadidik dapat menyebutkan fungsi bangsa Indonesia 
  43. Pesert didik menyebutkan isi pasal 31 ayat 1 UUD 1945
  44. Peserta didik dapat menyebutkan perilaku sila ke 3 dilingkungan masyarakat
  45. Peserta didik dapat menguraikan perilaku yang mencerminkan sila ketiga di lingkungan sekolah
Untuk mendapatkan file Kisi-Kisi PAT PKN MTs Kelas 8 T.P. 2018/2019 Tahun 2019, Silahkan bisa mengunduhnya melalui tampilan preview di bawah atau bisa juga klik DISINI.



Demikian ulasan tentang Kisi-kisi PAT PKN MTs Kelas 8 Tahun 2019. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

BACA JUGA:


Download Kisi-Kisi PAT/UKK PKN MTs Kelas 8 T.P. 2018/2019 Tahun 2019 Download Kisi-Kisi PAT/UKK PKN MTs Kelas 8 T.P. 2018/2019 Tahun 2019 Reviewed by My Profile on 12:26 AM Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.