Bismillah....
Sahabat baiq yang berbahagia. Dalam waktu yang tidak lama lagi, kelas 7 dan 8 akan mengikuti ujian akhir di tingkat masing-masing yang dikenal dengan sebutan Penilaian Akhir Tahun (PAT). PAT ini merupakan suatu tahapan evaluasi untuk semua peserta didik baik kelas 7 maupun kelas 8, sebelum nanti naik ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi. Karena PAT ini merupakan salah evaluasi yang berhubungan dengan kenaikan kelas, maka para peserta didik harus mempersiapkan sebaik mungkin materi yang akan di ujikan pada PAT tahun ini.
BACA JUGA:
Untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi Kisi-Kisi PAT MTs IPA Kelas 7 Tahun Pelajaran 2018//2019 Tahun pelaksanaan 2019. Semoga dengan adanya kisi-kisi ini dapat meningkatkan prestasi para peserta didik di kelas. Selamat Belajar!
KOMPETENSI DASAR
- 3.6 Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat selsampai organisme dan komposisiutama penyusun sel
- 4.6 Membuat model struktur seltumbuhan/hewan
- 3.7 Menganalisis interaksi antaramakhluk hidup dan lingkungannyaserta dinamika populasi akibatinteraksi tersebut
- 4.7 Menyajikan hasil pengamatanterhadap interaksi makhluk hidupdengan lingkungan sekitarnya
- 3.8 Menganalisis terjadinya pencemaranlingkungan dan dampaknya bagiekosistem
- 4.8 Membuat tulisan tentang gagasanpenyelesaian masalahpencemaran di lingkungannyaberdasarkan hasil pengamatan
- 3.9 Menganalisis perubahan iklim dandampaknya bagi ekosistem
- 4.9 Membuat tulisan tentang gagasanadaptasi/penanggulanganmasalah perubahan iklim
- 3.10 Menjelaskan lapisan bumi, gunungapi, gempa bumi, dan tindakanpengurangan resiko sebelum, padasaat, dan pasca bencana sesuaiancaman bencana di daerahnya
- 4.10 Mengomunikasikan upayapengurangan resiko dan dampakbencana alam serta tindakanpenyelamatan diri pada saatterjadi bencana sesuai denganjenis ancaman bencana didaerahnya
- 3.11 Menganalisis sistem tata surya, rotasidan revolusi bumi, rotasi dan revolusibulan, serta dampaknya bagikehidupan di bumi
- 4.11 Menyajikan karya tentang dampakrotasi dan revolusi bumi danbulan bagi kehidupan di bumi,berdasarkan hasil pengamatanatau penelusuran berbagaisumber informasi
- Sel
- Jaringan
- Organ
- Sistem Organ
- Komponen biotik dan abiotik
- Interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup yang lain
- Interaksi dalam ekosistem
- Pola Interaksi manusia mempengaruhi lingkungan
- Pencemaran Air
- Pencemaran Tanah
- Penanggulangan Pencemaran
- Efek rumah kaca
- Penyebab pemanasan global
- Dampak pemanasan global
- Usaha menanggulangi pemanasan global
- Atmosfer
- Litosfer
- Hidrosfer
- Gempa Bumi
- Gunung Berapi
- Tindakan Pengurangan Resiko Bencana
- Sistem Tata Surya
- Rotasi dan Revolusi Bumi
- Rotasi dan Revolusi Bulan
- Gerhana
- Disajikan komponen organisme, peserta didik dapat menunjukkan komponen organisme dari tingkat terkecil sampai organisme secara berurutan.
- Disajikan gambar bagian-bagian sel tumbuhan, peserta didik dapat menunjukkan bagian sel yang berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan.
- Disajikan jenis-jenis jaringan, peserta didik dapat membedakan jaringan yang dimiliki oleh hewan dan tumbuhan dengan benar.
- Disajikan tabel tentang jenis dan fungsi jaringan pada tumbuhan, peserta didik dapat menentukan pasangan jenis jaringan serta fungsinya dengan benar.
- Disajikan kelompok organ, peserta didik dapat menentukan organ-organ yang berperan dalam sistem pernapasan.
- Disajikan gambar sistem organ, peserta didik dapat menunjukkan jenis sistem organ dengan benar.
- Disajikan gambar ekosistem akuarium, peserta didik dapat menunjukkan kelompok komponen biotik dalam ekosistem tersebut.
- Disajikan beberapa interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan, peserta didik dapat menentukan interaksi yang merupakan ketergantungan komponen biotik terhadap komponen abiotik.
- Disajikan bagan jaring-jaring makanan, peserta didik dapat menganalisis akibat yang terjadi jika salah satu makhluk hidup pada rangkaian tersebut mengalami penurunan populasi.
- Disajikan beberapa jenis makhluk hidup, peserta didik dapat membuat diagram jaring-jaring makanan dari interaksi antara makhluk hidup tersebut.
- Disajikan gambar ekosistem laut, peserta didik dapat menentukan komponen ekosistem yang merupakan populasi.
- Disajikan gambar piramida makanan, peserta didik dapat menentukan komponen yang memiliki jumlah energi terbesar pada piramida makanan tersebut.
- Disajikan beberapa contoh kehidupan bersama organisme, peserta didik dapat menunjukkan contoh simbiosis parasitisme.
- Disajikan informasi singkat tentang flagellata, peserta didik dapat menjelaskan pola interaksi antara hewan rayap dan flagellata.
- Disajikan beberapa aktivitas manusia, peserta didik dapat menentukan upaya manusia melestarikan keanekaragaman makhluk hidup dengan benar.
- Disajikan fakta penyebab pencemaran air, peserta didik dapat menjelaskan upaya mengatasi pencemaran air tersebut.
- Disajikan fakta pencemaran air oleh bakteri, peserta didik dapat menjelaskan dampak dari tercemarnya air sungai oleh bakteri E. Coli.
- Disajikan informasi tentang pencemaran udara, peserta didik dapat menunjukkan aktivitas alam yang dapat mengakibatkan pencemaran udara.
- Disajikan pernyataan dampak pencemaran lingkungan, peserta didik dapat menjelaskan dampak dari pencemaran tanah.
- Disajikan fenomena pencemaran tanah oleh minyak bumi, peserta didik dapat menentukan cara penanggulangannya.
- Peserta didik memberikan contoh penanggulangan limbah rumah tangga melalui 4R, Reuse, Recycle, Reduce, dan Repair.
- Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan keuntungan yang ditimbulkan oleh efek rumah kaca dengan benar.
- Disajikan beberapa jenis gas, peserta didik dapat menunjukkan kelompok gas rumah kaca dengan benar.
- Disajikan beberapa aktivitas yang dapat menyebabkan pemanasan global, peserta didik dapat menentukan aktivitas yang dapat meningkatkan kadar CO2di udara.
- Peserta didik dapat menuliskan4 dampak pemanasan global dengan benar.
- Peserta didik dapat menunjukkan upaya menanggulangi pemanasan global dengan benar.
- Disajikan beberapa jenis gas, peserta didik dapat menunjukkan gas terbesar penyusun atmosfer bumi dengan benar
- Disajikan beberapa lapisan atmosfer, peserta didik dapat menunjukkan lapisan atmosfer yang melindungi bumi dari meteor.
- Disajikan lapisan-lapisan litosfer, peserta didik dapat mengurutkan lapisan litorsfer dari dalam hingga permukaan bumi
- Disajikan beberapa jenis awan, peserta didik dapat menunjukkan jenis awan yang memungkinkan terjadinya hujan.
- Disajikan informasi tentang gempa bumi, peserta didik dapat menentukan gempa bumi yang berakibat pada terjadinya Tsunami.
- Disajikan informasi tentang peristiwa bencana Tsunami Selat Sunda, peserta didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya Tsunami pada peristiwa tersebut.
- Disajikan beberapa tindakan pengurangan resiko terhadap bencana, peserta didik dapat menentukan tindakan pengurangan resiko sebelum bencana terjadi.
- Disajikan nama planet-planet. Peserta didik dapat mengurutkan planet yang jaraknya terdekat dengan matahari.
- Disajikan ciri-ciri benda langit. Peserta didik dapat menganalisa ciri-ciri yang sesuai dengan karakteristi asteroid.
- Disajikan beberapa pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan pengertian Rotasi Bumi.
- Peserta didik dapat menuliskan 4 dampak revolusi bumi dengan benar.
- Disajikan beberapa jenis naiknya permukaan laut, peserta didik dapat menentukan jenis pasang surut.
- Disajikan gambar bulan terhadap matahari. Peserta didik dapat menganalisis posisi bulan saat terjadi gerhana bulan sebagian.
- Peserta didik dapat membuat skema gerhana matahari dan gerhana bulan;
- a. mengurutkan posisi matahari, bumi, dan bulan sesuai jenis gerhana.
- b. menggambarkan jalannya sinar matahari.
- c. menggambarkan terbentuknya bayangan bulan di bumi dan bayangan bumi di bulan.
Untuk Uji Coba Online Soal PAT IPA SMP/MTs bisa klik DISINI.
BACA JUGA:
Download Kisi-Kisi PAT/UKK IPA MTs Kelas 7 T.P. 2018/2019 Tahun 2019
Reviewed by My Profile
on
12:47 AM
Rating:
No comments:
Note: Only a member of this blog may post a comment.